Mengenal Jenis Bahan Filter Udara Mobil dan Cara Membersihkannya

22/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Mengenal Jenis Bahan Filter Udara Mobil dan Cara Membersihkannya
Ada beberapa jenis bahan filter udara mobil yang sering dipakai. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan serta cara berbeda untuk membersihkannya.

Satu dari beberapa komponen pada mobil yang wajib untuk rutin dibersihkan adalah filter udara. Dan perawatan komponen ini juga cukup mudah sehingga dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Walau begitu, Anda wajib lebih dulu mengetahui jenis filter udara yang seperti apa yang dipakai pada mobil tersebut.

Sesuai namanya, filter udara mobil memiliki fungsi filtrasi alias menyaring. Yang disaring adalah debu dan kotoran yang bersumber dari udara luar mobil yang masuk untuk diteruskan ke mesin dalam membantu proses kerja mesin mobil tersebut. Karena jika udara dari luar tidak disaring lebih dulu, maka partikel debu atau kotoran yang bergerak bebas dari udara tersebut akan masuk ke ruang mesin lalu mengendap. Jika endapan ini dibiarkan terus menerus maka lama kelamaan akan muncul kerak pada mesin serta menyumbat pergerakan komponen pada mesin, diantaranya sistem intake manifold.

>>> Filter Udara Kotor, Apa Akibatnya Buat Mesin Mobil?

Walau fungsinya sama, namun ternyata ada beberapa jenis bahan filter udara mobil yang tersedia dipasaran. Masing-masing bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut penjelasannya berdasarkan hasil rangkuman tim Cintamobil.com.

1. Filter Udara Berbahan Kertas

Filter udara kertas

Filter udara ini sering disebut dry paper base filter karena menggunakan bahan kertas sebagai elemen penyaringnya. Jenis bahan filter udara mobil ini adalah yang paling umum dipakai oleh pabrikan otomotif. Hal tersebut lantaran daya saring kertas untuk menangkal debu dan kotoran jangan sampai masuk ke ruang mesin amat ampuh. Partikel dengan ukuran amat kecil bisa disubat oleh filter berbahan kertas.

>>> Pahami Fungsi dan Jenis Open Filter Buat Penambah Tenaga Mesin Mobil

Sayangnya, kemampuan kertas yang dijadikan bahan filter udara mobil juga memiliki efek negatif. Filter seperti ini tidak boleh dibersihkan menggunakan air, air sabun, atau bahkan sampai disikat. Karena jika hal tersebut dilakukan maka akan membuat sobek elemen filter. Oleh karenanya, membersihkan filter udara mobil berbahan kertas cukup disemprot dengan angin bertekanan tinggi menggunakan bantuan kompresor.

2. Filter Udara Berbahan Busa

Filter udara busa

Justru lebih sering dipakai pada sepeda motor

Jenis bahan filter udara yang lainnya berbentuk foam atau busa. Jenis filter udara ini juga sering disebut wet foam filter, karena pada lapisan busa tersebut diberi oli. Hal ini mengingat busa memiliki pori-pori yang lebih besar dari kertas. Sehingga agar debu dan kotoran berukuran sangat kecil tidak ikut masuk ke ruang mesin, dilapislah busa tersebut dengan oli. Diharapkan debu dan kotoran ini akan tertangkap oleh oli tersebut.

>>> Cek harga mobil terbaru lengkap dengan promo dan diskonnya disini

Kekurangan dari filter jenis ini adalah kemampuan untuk digunakan berulang-ulang. Karena jika sudah dipenuhi oleh debu, lapisan oli pada busa filter akan amat suit dibersihkan. Karena itulah, seringkali filter seperti ini digunakan dalam sekali pakai.

3. Filter Udara Berbahan Kain

Filter udara kain

Banyak dipilih karena mudah untuk dibersihkan

>>> Pilihan paling lengkap jika Anda mencari mobil bekas berkualitas cukup klik disini

Terakhir adalah bahan filter udara mobil menggunakan kain. Penggunaan bahan ini dianggap cukup fleksibel dalam hal kemampuan menahan kotoran dan juga cara membersihkannya. Selain itu, bahan kain juga bisa digunakan dalam jangka waktu cukup lama dibanding kertas atau busa.

Cara membersihkan filter udara berbahan dasar kain bisa dengan menggunakan angin bertekanan tinggi. Selain itu bisa juga memakai cairan cleaner atau degreaser khusus filter udara agar debu dan kotoran yang menempel pada permukaan elemen filter dapat dilepaskan.

Untuk mencari filter udara mobil yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda, silahkan klik link di bawah ini:

>>> Tips dan trik menarik lainnya tentang perawatan mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top