Filter Udara Kotor, Apa Akibatnya Buat Mesin Mobil?

20/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Filter Udara Kotor, Apa Akibatnya Buat Mesin Mobil?
Filter udaran kotor akan membuat kinerja mesin terganggu akibat proses pembakaran yang tidak sempurna. Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan mobil jadi lebih boros bahan bakar.

Pasokan udara bersih sangat dibutuhkan dalam proses pembakaran di ruang mesin kendaraan. Udara bersih ini masuk dari luar mobil, namun terlebih dulu melewati filter udara sebelum akhirnya tersalur ke ruang mesin.

>>> Tanda-Tanda Anda Harus Mengganti Filter Udara Mobil

Karena itulah, mungkin Anda sering mendengar pesan dari para mekanik mobil untuk rutin membersihkan filter udara. Lantas, apa sih efeknya pada mesin mobil jika filter udara kotor? Berikut penjelasan ringkasnya.

1. Kinerja Mesin Menurun

filter udara mobil yang kotor

Filter udara yang kotor mengganggu proses pembakaran di ruang mesin

Saat kondisi filter udara kotor, maka otomatis filter tersebut tidak bisa menyaring udara dari luar untuk menuju ke ruang mesin. Akibat filter tertutup partikel debu dan kotoran, maka asupan udara dari luar menuju ruang mesin juga jadi tersumbat.

>>> Banyak promo mobil baru menarik disini

Hal ini membuat kinerja mesin menurun. Gejalanya seperti mesin tidak mudah berakselerasi, kemudian mesin menjadi cepat panas, dan mesin membutuhkan bahan bakar lebih banyak karena proses pembakaran tidak berlangsung sempurna. Pada akhirnya, kondisi tersebut membuat mobil jadi lebih boros dalam pemakaian bahan bakar.

2. Cara Bersihkan

filter udara yang sudah dibersihkan

Jangan jemur filter di bawah sinar matahari langsung

Ketika filter udara kotor, maka satu-satunya solusi adalah dengan membersihkannya. Membersihkan filter udara pun sangat mudah. Anda tinggal menyemprotkannya dengan kompresor angin sampai kotoran atau debu yang menempel hilang.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

Jika filter udara terlalu kotor, maka sebaiknya komponen ini dicuci bersih. Caranya dengan menggunakan shampo mobil dicampur dengan air yang ditempatkan pada ember. Kemudian rendam filter di ember tersebut tidak usah terlalu lama, maksimal 5 menit. Setelah itu keringkan dengan cara diangin-angin. Jangan jemur filter di bawah sinar matahari langsung karena akan merusak lapisan karton filter.

Sebelum filter udara kotor, sebaiknya lakukan pengecekan komponen ini setiap 10.000 km. Dan ganti filter udara setiap 40.000 km sekali.

>>> Tips trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Kapan Waktu Mengganti Filter AC Yang Tepat?

Filter AC adalah salah satu bagian penting pada mobil, karena bagian ini akan melindungi penumpang dari kontaminasi udara kotor, seperti serbuk sari, bakteri, debu, dan juga asap. bagian ini juga menjaga kualitas udara tetap bersih dan juga segar sehingga meningkatkan kesehatan yang lebih baik untuk para penggunanya. Kapan adalah waktu tepat untuk mengganti filter AC?

Lihat juga

Gak Usah ke Bengkel, Yuk Bersihkan Filter AC Mobil Sendiri

27/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Membersihkan filter AC mobil sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu di rumah untuk perawatan komponen ini. Agar AC mobil Anda kembali sejuk.

Lihat juga

Review Datsun GO Live 2019: Tampil Lebih Memikat Dan Cerdas Dengan Penambahan Fitur Terkini

30/07/2019

Editor rate:

Hadir dengan tampilan lebih atraktif plus penambahan fitur terkini, membuat Datsun GO Live 2019 dinilai pas bagi calon konsumen yang datang dari kalangan anak muda yang ingin tampil beda dan lebih ekspresif.

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Daihatsu Luxio terbaru Januari Di Indonesia

01/01/2021

Daihatsu

Di bulan Juli 2018 ini, pihak Daihatsu kembali menawarkan program Ramadhan khusus pembelian Daihatsu Luxio. Tentu Anda semua tahu akan kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini memiliki estetika elegan baik dari sisi eksterior maupun interior. Berikut Cintamobil.com melampirkan daftar harga Daihatsu Luxio terbaru 2020.

Lihat juga

Tanda-Tanda Anda Harus Mengganti Filter Udara Mobil

Kendaraan yang berjalan dengan baik dapat membantu pengemudi mengurangi biaya operasi secara keseluruhan. Mengganti filter udara merupakan salah satu cara untuk memberikan efisiensi maksimal selama mengemudi.

Lihat juga
 
back to top