Mengenal 5 Bahan Cutting Stiker Mobil yang Sering Dipakai

20/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Mengenal 5 Bahan Cutting Stiker Mobil yang Sering Dipakai
Berikut ini adalah lima bahan cutting stiker mobil yang sering digunakan oleh para penyedia jasa cutting stiker. Masing-masing bahan berbeda harga dan kualitas.

Memasang cutting stiker pada bodi mobil memang akan mempercantik penampilan kendaraan tersebut. Tak heran, beberapa pabrikan mobil juga membuat decal sendiri untuk tipe tertentu dari kendaraan yang diproduksinya.

Biasanya cutting stiker dari pabrikan mobil ini mencirikan identitas varian atau rumah modifikasi khusus mobil tersebut untuk membedakan dengan tipe lainnya di model yang sama. Misalnya TRD Sportivo untuk Toyota, Mugen untuk Honda, Alpina untuk BMW, atau AMG untuk Mercedes-Benz.

>>> Ingin Pasang Stiker Lampu Mobil? Pahami Dulu Jenis-jenisnya

Walau demikian sebagian pemilik mobil juga kerap menambahkan cutting stiker pada kendaraannya. Modelnya bisa simple atau bahkan dengan karakter gambar animasi tertentu. Semuanya dilakukan sesuai selera dari si pemilik mobil.

Jika Anda juga tengah berniat untk memasang cutting stiker, kali ini Cintamobil.com akan memberikan tips pengetahuan tentang bahan cutting stiker mobil yang biasanya dipakai. Mana yang akan Anda gunakan tinggal disesuaikan saja dengan tujuan pemakaiannya ya.

1. Scotchlite

Stiker scotchlite

Bisa memantulkan cahaya namun cenderung tipis

Dilansir dari laman Daihatsu Indonesia, bahan cutting stiker mobil ini adalah yang paling sering ditemukan. Para penyedia jasa pembuatan dan pemasangan cutting stiker juga sering meggunakan model stiker berbahan scotchlite. Ciri khasnya bahan ini sedikit memantulkan cahaya ketika tersorot sinar. Karenanya sering kali bahan stiker ini dipasang pada kendaraan-kendaraan komersial seperti mobil pickup atau truk.

>>> Tips Mencopot Stiker di Bodi Mobil Biar Cat Tidak Rusak

Harganya juga amat murah, namun kekurangannya bahan stiker cukup tipis, sehingga aplikasinya perlu lebih berhati-hati agar stiker tak robek.

2. Vinyl

Bomb stiker mobil

Bahan yang paling sering dipakai untuk membuat stiker mobil

Merupakan bahan stiker yang juga amat banyak ditemukan di pasaran. Namun pilihan warnanya cukup banyak, ada yang glossy dan ada yang dof. Selain dipakai untuk cutting stiker mobil atau motor, bahan stiker ini juga sering dipakai untuk stiker iklan atau kebutuhan papan reklame.

Berbeda dengan scotchlite, bahan stiker dari Vinyl lebih lentur sehingga tidak mudah sobek. Walau demikian harga stiker berbahan ini juga relatif masih terjangkau dibanding yang menggunakan material lainnya.

>>> Cek harga mobil baru lengkap dengan promo dan diskon menariknya disini

3. Oracal

Stiker oracal

Diklaim warnanya bisa tahan hingga 5 tahun

Kalau bahan cutting stiker mobil yang satu ini boleh dibilang amat berkualitas dan paling tepat dipakai untuk bagian eksterior mobil. Karena stiker berteknologi dari Jerman tersebut diklaim tidak akan berubah warna walau terkena sinar matahari atau air hujan dalam waktu lama.

Pilihan warnanya juga amat bervariatif, baik yang glossy atau yang matte. Namun warna pada stiker berbahan Oracal cenderung tidak memantulkan cahaya. Selain itu, kelebihan lainnya adalah bahan stiker cukup lentur dan saat dicabut tak akan membuat cat mobil terkelupas.

4. Glitter

Stiker glitter

Jika memakai stiker ini dijamin bisa membuat mobil Anda jadi pusat perhatian

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas yang paling lengkap cuma ada disini

Kalau Anda tipe orang yang suka akan sesuatu yang berkilauan, maka pemasangan cutting stiker mobil berbahan glitter akan membuat mobil Anda juga tampil blink-blink. Karena material glitter pada stiker akan membuat warna stiker terlihat amat bercahaya dalam setiap kondisi.

Untuk Anda yang ingin tampil beda dan jadi pusat perhatian, maka pemakaian stiker ini adalah pilihan tepat. Dan sebaiknya gunakan stiker pada permukaan yang cukup luas sehingga efek bercahaya bisa lebih jelas terlihat.

5. Carbon

Stiker karbon

Kalau bahan cutting stiker mobil motif carbon biasanya digemari oleh mereka yang ingin kendarananya tampil lebih sporty. Karena umumnya beberapa komponen berbahan serat karbon digunakan pada kendaraan berperforma tinggi demi membuat bobot mobil tersebut lebih ringan.

Keunggulan dari stiker berbahan ini adalah Anda bisa mendapatkan efek komponen berbahan serat karbon tanpa harus mengganti komponen tersebut. Harganya yang relatif murah dan punya karakteristik cukup tebal juga membuat stiker ini punya daya tahan lama.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top