Mengenal 3 Jenis Wiper Mobil dan Kelemahannya

03/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Mengenal 3 Jenis Wiper Mobil dan Kelemahannya
Mengenal jenis wiper mobil penting untuk mengatahui tipe wiper mana yang ada di mobil Anda. Karena beda jenis, maka beda pula kelebihan, kekurangan, dan perlakuan perawatan dari wiper tersebut.

Sebagai pemilik mobil, mungkin Anda sudah mengetahui apa itu fungsi wiper mobil. Ya, wiper memang bertugas untuk menyapu buih-buih air yang mendarat di kaca mobil misalnya ketika hujan. Wiper biasanya diletakkan dibagian kaca depan atau kaca belakang mobil.

>>> Mengganti Wiper Mobil, Kapan Waktu Tepat?

Namun sudah tahukah Anda ada beberapa jenis wiper mobil yang umumnya dipakai oleh para produsen otomotif. Berikut akan kami jelaskan tiga jenis wiper mobil yang sering digunakan.

1. Wiper Blade Standard

wiper blade standart

Ini merupakan wiper yang paling banyak dipakai oleh para produsen mobil

Wiper ini terdiri dari rangka yang biasanya terbuat dari bahan besi, serta blade alias pisaunya terbuat dari karet. Kelemahan wiper jenis ini adalah rangka atau bagian frame mudah mengalami korosi. Saat korosi sudah melanda, maka ini akan berpengaruh pada tingkat kelenturan karetnya.

>>> Ada banyak promo mobil baru disini

2. Frameless Wiper Blade

frameless wiper blade

Beberapa mobil produksi Eropa menggunakan wiper tipe ini

Sesuai namanya, ini merupakan jenis wiper mobil tanpa rangka atau frame. Walau terlihat lebih modern, namun wiper jenis ini memiliki kelemahan daya bersihnya untuk menyapu air pada kaca yang kurang sempurna.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas selalu ada disini

3. Graphite Coating Wiper Blade

Graphite wiper

Dipakai untuk kaca dengan teknologi khusus

Jenis wiper mobil ini biasanya dipakai pada kaca mobil yang telah menggunakan teknologi water repellant. Dengan menggunakan wiper mobil tipe ini, maka diharapkan lapisan water repellant pada kaca tidak akan rusak.

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Sepele Sih, Tapi Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wiper dan Kaca Mobil Cepat Rusak

29/05/2019

Perawatan dan service

3 menit

Antara wiper dan kaca mobil memang tidak bisa dipisah satu sama lain. Namun kebiasaan buruk ini bisa membuat keduanya cepat rusak, wiper tidak bekerja maksimal dan visibilitas pengemudi jadi terganggu.

Lihat juga

Rangkuman Alasan Sedan Tidak Memiliki Wiper Belakang

Ini sesuatu yang aneh - mengapa hatchback memiliki wiper belakang tetapi sedan tidak? Bahkan, sangat tidak adil bahwa hatchback tipe umum memiliki wiper tetapi sedan yang luar biasa tidak memilikinya. Tapi, ada beberapa faktor yang menyebabkan sedan tidak memiliki wiper belakang.

Lihat juga

Proses Mengganti dan Memasang Bilah Pisau Pada Wiper

Baling-baling atau pisau pada wiper biasanya terbuat dari karet dan melakukan banyak tugas untuk menjaga kaca depan dari kabut, hujan dan bahkan salju. Tapi, karena tugasnya yang banyak dan sering, terkadang kita harus tahu kapan waktunya mengganti wiper blade.

Lihat juga

Spesifikasi BMW 520i Luxury Line 2018: Anggota Termurah BMW Seri-5

29/05/2018

Editor rate:

Peluncuran BMW Seri 5 oleh BMW Grup Indonesia pada awal tahun 2018 mendapat perhatian yang lebih. Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1972 hingga sekarang, mobil ini terus mengalami perkembangan hingga menjadi salah satu mobil terbaik pada kalangan sedan premium. Varian yang diluncurkan adalah BMW 520i Luxury Line yang dibanderol harga senilai sekitar 1 Miliar. Beginilah spesifikasi BMW 520i Luxury Line 2018.

Lihat juga

Daftar Harga Audi A6 & Promo Januari 2021 Di Indonesia

01/01/2021

Audi

Anda pecinta mobil sedan Premium? Artikel kali ini cukup menarik karena Cintamobil.com hendak mengulas lebih dalam mengenai Audi A6. Tentu bodi sedan dengan sentuhan Jerman seperti Audi ini, memberikan kesan prestise sendiri bagi pengendaranya. Siluet bodinya bahkan terasa cukup menarik, mengalur tegas dan atletis. Berapa harga Audi A6 terbaru?

Lihat juga
 
back to top