Mengenal 3 Jenis Wiper Mobil dan Kelemahannya

03/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Mengenal jenis wiper mobil penting untuk mengatahui tipe wiper mana yang ada di mobil Anda. Karena beda jenis, maka beda pula kelebihan, kekurangan, dan perlakuan perawatan dari wiper tersebut.

Sebagai pemilik mobil, mungkin Anda sudah mengetahui apa itu fungsi wiper mobil. Ya, wiper memang bertugas untuk menyapu buih-buih air yang mendarat di kaca mobil misalnya ketika hujan. Wiper biasanya diletakkan dibagian kaca depan atau kaca belakang mobil.

>>> Mengganti Wiper Mobil, Kapan Waktu Tepat?

Namun sudah tahukah Anda ada beberapa jenis wiper mobil yang umumnya dipakai oleh para produsen otomotif. Berikut akan kami jelaskan tiga jenis wiper mobil yang sering digunakan.

1. Wiper Blade Standard

wiper blade standart

Ini merupakan wiper yang paling banyak dipakai oleh para produsen mobil

Wiper ini terdiri dari rangka yang biasanya terbuat dari bahan besi, serta blade alias pisaunya terbuat dari karet. Kelemahan wiper jenis ini adalah rangka atau bagian frame mudah mengalami korosi. Saat korosi sudah melanda, maka ini akan berpengaruh pada tingkat kelenturan karetnya.

>>> Ada banyak promo mobil baru disini

2. Frameless Wiper Blade

frameless wiper blade

Beberapa mobil produksi Eropa menggunakan wiper tipe ini

Sesuai namanya, ini merupakan jenis wiper mobil tanpa rangka atau frame. Walau terlihat lebih modern, namun wiper jenis ini memiliki kelemahan daya bersihnya untuk menyapu air pada kaca yang kurang sempurna.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas selalu ada disini

3. Graphite Coating Wiper Blade

Graphite wiper

Dipakai untuk kaca dengan teknologi khusus

Jenis wiper mobil ini biasanya dipakai pada kaca mobil yang telah menggunakan teknologi water repellant. Dengan menggunakan wiper mobil tipe ini, maka diharapkan lapisan water repellant pada kaca tidak akan rusak.

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top