Mengganti Wiper Mobil, Kapan Waktu Tepat?

Share this post:
Mengganti Wiper Mobil, Kapan Waktu Tepat?
Kapan wiper mobil harus diganti adalah sebuah pertanyaan yang mungkin hadir di benak Anda saat ini. Wiper mobil adalah bagian kecil yang sangat penting dari sebuah mobil terutama di musim hujan. Jika wiper tidak dapat bekerja dengan sempurna, tentu saja proses berkendara Anda tidak dapat berjalan dengan lancar dan cukup berbahaya bagi keselamatan.

Wiper adalah komponen yang digunakan untuk menyingkirkan tetesan air di kaca mobil supaya pengemudi bisa melihat jalan dengan baik. Meskipun mempunyai fungsi yang sangat penting, komponen ini sering dilupakan oleh para pengemudi saat merawat mobil. Pengemudi hanya ingat wiper saat hujan deras mengguyurkan air pada  kaca dan pandangannya terhalang air saja Penggantian wiper mobil menjadi hal yang harus dilakukan.  Berikut ini, cintamobil.com akan diskusi tentang waktu mengganti wiper mobil.
 

Pria sedang mengganti wiper mobil
Kapan adalah waktu untuk mengganti wiper mobil?

1. Wiper Bunyi Berdecit

Saat menghidupkan  wiper  dengarkanlah  ada bunyi bercedit atau tidak. Jika ada itu mungkin disebabkan oleh karetnya sudah getas sehingga wiper tidak bisa bekerja dengan bagus. Bisa juga kaca mobil sudah kotor atau berjamur. Menurut Pak Dhaniar Nursetyo Harmono- Coordinator Technical Area Auto 200 Permata Hijau, Jakarta Barat, wiper yang bagus maka posisinya lurus dan jika melihat wiper yang melengkung berarti tidak bisa dipakai lagi maka harus diganti.
 

gambar sebuah wiper mobil
Ganti karet atau bilah?

2. Lebih Baik Ganti Karet Atau Bilah?

Jika wiper harus diganti, ganti karet saja atau ganti bilah juga? Hal ini tergantung pada kebutuhan ganti apa. Penggantian karet saja lebih menghemat uang namun sulit membuat  lanjutannya  yaitu  bagaimana memotongnya  supaya sesuai dengan bilahnya. Kalau memotong tidak pas akan terkendala saat dipakai.
 

wiper diangkat setelah mobil dicuci
Lebih baik angkat wiper atau tidak?

3. Apa Pengaruhnya Setelah Mobil Dicuci, Wiper Diangkat?

Setelah Anda  mencuci mobil, harus mengangkat wiper agar saat pengeringan karet wiper tidak menempel di kaca. Menurut Pak Dhaniar Nursetyo Harmono setelah mobil dicuci  terus Anda mengangkat wiper itu tidak berpengaruh apapun. Anda boleh mengangkat wiper ketika mobil parkir di bawah terik matahari. Tujuan dari aksi ini adalah untuk menghindari debu yang akan menempel di bagian wiper.
 

>>> Baca juga: Kapan waktunya ganti minyak rem?
 

mencuci wiper mobil
Kenapa wiper berminyak?
 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman merawat mobil 
 

4. Saat Dipakai Justru Berminyak, Kenapa?

Efek berminyak saat wiper mobil berkerja dikeluhkan cukup mengganggu. Kenapa bisa muncul efek berminyak? Kaca mobil yang kusam atau mungkin karena obat salon mobil yang tidak cocok bisa menimbulkan efek berminyak pada wiper mobil. Selain itu, masalah itu timbul karena pemilik  jarang mencuci mobil dengan sabun.
 

gambar dua wiper mobil
Berapa umur wiper?

5. Berapa Lama Usia Pakai Karet Wiper?

Semua barang mempunyai umurnya sendiri dan karet wiper juga mempunyai umurnya. Secara regular, tidak ada batasan untuk usia  pakai karet wiper. Namun sebaiknya memeriksa kondisi karet wiper setiap 10.000 Km. Jika karet  berindikasi  getas berarti  harus diganti dengan yang baru.

Dengan mengetahui kapan waktu tepat mengganti wiper mobil,  Anda bisa merawat bagian ini dengan baik.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil
Untuk lebih jelas, silahkan menonton video di bawah ini

 

Share this post:
 
back to top