Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur di Musim Hujan

25/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur di Musim Hujan
Sejumlah wilayah di Indonesia mulai memasuki musim hujan. Untuk itu, ada baiknya untuk mempersiapkan segala hal termasuk mencegah kaca mobil berjamur.

Sejumlah wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Bagi para pemilik mobil pun ada baiknya untuk melakukan sejumlah persiapan agar mobilnya bisa tetap prima dan juga kinclong. 

Salah satu permasalahan yang kerap datang kala musim hujan adalah kaca mobil berjamur. Tak bisa dipungkiri memang terkadang pemilik mobil merasa malas membersihkan tunggangannya setelah terguyur hujan. 

Padahal, kaca mobil berjamur bisa ditimbulkan dari bekas air hujan yang menempel di kaca mobil Anda.  Kalau sudah berjamur, visibilitas sopir akan terganggu karena terhalang oleh bintik-bintik noda di kaca.

Berikut ini ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mencegah kaca mobil berjamur seperti Cintamobil.com kutip dari beragam sumber. 

Mencegah kaca mobil berjamur

Kaca mobil harus rajin dibersihkan untuk mencega kaca mobil berjamur

>>> Tips Merawat Kaca Mobil Biar Tetap Kinclong

1. Segera Bersihkan Mobil Setelah Terkena Hujan

Siramkan air bersih ke seluruh permukaan mobil yang terkena hujan. Setelah itu, jangan lupa untuk mengelapnya hingga kering. Apabila merasa malas, Anda bisa mendatangi salon mobil untuk mencuci sekaligus memoles mobil. Dengan demikian kaca mobil berjamur bisa dihindari. 

Selain itu, cara perawatan lain bisa dilaukan, yakni dengan mempercepat waktu atau interval mencuci mobil. Misal, biasanya satu pekan satu kali, karena musim hujan ditambah menjadi setiap pekan mobil dicuci menjadi dua hingga tiga kali.

Anda juga bisa memanfaatkan air soda untuk membersihkan kaca mobil. Caranya, tuangkan sedikit air soda ke lap kering untuk menyeka area kaca yang berjamur dengan lembut. Lakukanlah langkah ini secara terus menerus sehingga jamur terlihat berkurang atau hilang. 

Jangan lupa akhiri dengan pengeringan. Gunakan kain yang bersih lalu lalu lap kaca sampai benar-benar kering. Kegiatan ini bisa selalu dilakukan setiap beberapa waktu secara rutin supaya jamur tidak tumbuh di kaca mobil.

Mencegah kaca mobil berjamur

Air soda bisa dimanfaatkan untuk membersihkan jamur di kaca mobil

>>> Mobil Jamuran? Ini 5 Pembersih Jamur Kaca Mobil dari Bahan Sehari-Hari

2. Parkir Mobil di Tempat Teduh

Jamur bisa tumbuh di kaca mobil yang sering terpapar sinar matahari. Apalagi jika paparan hadir sesudah mobil terkena air dan tidak segera dibersihkan. Jamur akan hadir di sana dengan subur. 

Mencegah kaca mobil berjamur

Bila tak segera dikeringkan jamur mudah timbul

Untuk mencegah kaca mobil berjamur tidak ada salahnya untuk memarkir mobil di area yang teduh. Carilah tempat untuk memarkir mobil yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Hal ini berguna untuk mencegah pertumbuhan jamur. Sebab, jamur akan cepat hadir di kaca mobil yang sering terkena panas matahari.

3. Menggunakan Cairan Pembersih Kaca

Pilihlah cairan khusus pembersih kaca dibanding air biasa. Cairan ini biasanya mengandung senyawa nitrogen dan hydrogen yang ampuh untuk menghapus jamur dan bercak di kaca.

Gunakanlah cairan tersebut ketika kaca mobil kotor. Cukup aktifkan wiper maka cairan akan menyemprot dengan sendirinya. Namun, cairan serupa bisa pula digunakan untuk membersihkan area kaca yang lain supaya jamur tidak tumbuh.

>>> Pernah Tau Gak Sih Sejarah Wiper Mobil?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Anak Terkunci di Dalam Mobil? Ini Cara Memecahkan Kaca Biar Tetap Aman

11/05/2020

Pengemudian

3 menit

Jika sudah tak ada cara lain yang lebih halus, memecahkan kaca sangat direkomendasikan saat anak terkunci di dalam mobil mengantisipasi terjadinya hal-hal buruk

Lihat juga

Kaca Depan Pecah Atau Retak, Bisakah Di Perbaiki?

03/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jika kaca depan pecah atau terjadi keretakan bisakah diperbaiki? Lalu keruskan seperti apa yang dapat diperbaiki dan mana yang tidak?

Lihat juga

Kaca Mobil Pecah Dibobol Maling Akankah Ditanggung Asuransi?

04/08/2020

Pengemudian

3 menit

Modus pecah kaca mobil kerap menjadi cara untuk pelaku kejahatan mengambil barang berharga di dalam mobil. Lalu apakah kerusakan ini diganti pihak asuransi?

Lihat juga

Perhatikan, Ini Tanda Kaca Film Mobil Harus Diganti

27/04/2020

Perawatan dan service

5 menit

Mari kenali beberapa tanda kaca film mobil harus diganti. Karena jika dibiarkan, kaca film yang rusak akan mengganggu visibilitas Anda selama berkendara.

Lihat juga

Waspada! Kaca Film Gelap Justru Bisa Mengundang Pelaku Kejahatan

08/05/2020

Pengemudian

4 menit

Kaca film gelap rupanya tak menjamin para pengendara aman di jalan. Rupanya dari sisi keamanan, mobil dengan kaca film gelap juga mengundang tindak kejahatan.

Lihat juga
 
back to top