Ketahui 4 Fungsi Oli Mesin Pada Mobil

22/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ketahui 4 Fungsi Oli Mesin Pada Mobil
Semua orang tahu kalau oli mesin sangat penting, namun masih banyak yang belum mengetahui apa saja fungsi oli mesin pada mobil selain sebagai pelumas.

Oli mobil bukan barang asing bagi pemilik kendaraan bermotor. Part yang satu ini punya peran paling penting terhadap kelancaran kinerja mesin dan menghindari kerusakan. Secara berkala pergantian perlu dilakukan dengan mengeluarkan oli lama lalu menggantinya dengan oli baru yang lebih berkualitas.

Fungsi oli mesin pada mobil

Selama ini yang paling banyak diketahui dari fungsi oli adalah untuk pelumasan seperti di atas. Ternyata bukan itu saja, ada fungsi lain dari oli mesin selain sebagai pelumas. Dilansir dari laman Autochem Industry, produsen oli Prestone asal Amerika, ada 4 fungsi oli mesin pada kendaraan bermotor seperti mobil.

1. Sebagai pelumas

Foto menggambarkan Kinerja oli mesin

Oli mencegah kerusakan dini pada mesin

Oli mesin membuat kinerja mesin berjalan mulus dan lancar, serta menghindarkan dari gesekan yang akan menyebabkan kerusakan mesin. Dengan mesin yang bekerja mulus, performa yang dihasilkan kendaraan menjadi maksimal dengan suara yang lebih halus.

>>> Ingat, Walau di Rumah Aja Mobil Tetap Harus Ganti Oli!

2. Melindungi dari karat dan pembersih mesin

Yang kedua yaitu baik untuk mencegah mesin mobil berkarat. Selain itu juga mampu melarutkan segala bentuk kotoran berupa debu-debu halus di dalam mesin yang masuk dari saluran seal. Perlu diketahui debu-debu tersebut karena bisa menyebabkan gesekan logam halus yang bisa memicu kerusakan-kerusakan yang lain. Misalnya overheat, lecet komponen hingga lock engine.

3. Mendinginkan mesin yang panas

Foto menunjukkan toko oli mobil

Ada banyak produk pelumas dijual di pasaran, pilih yang terbaik

Gesekan-gesekan yang terjadi saat mesin berjalan bisa menyebabkan panas bahkan overheat. Keberadaan oli mesin suhu panas ini bisa diredam melalui dinding mesin. Dengan demikian mesin tetap dingin dan terhindar dari overheat.

>>> Evalube Tawarkan Layanan Ganti Oli Mobil #DiRumahAja

4. Meningkatkan performa mesin

Menggunakan oli mesin yang tepat mampu meningkatkan performa dan kinerja mesin untuk mendapatkan tenaga dan torsi maksimal sesuai standarnya. Selaras dengan tarikan mesin yang enteng, konsumsi bahan bakar (BBM) menjadi lebih hemat.

Jadi tahu bukan, ternyata fungsi oli mesin pada mobil sangat vital. Jadi, jangan pernah lupa untuk menggantinya secara berkala sesuai jadwal yang direkomendasikan pabrik. Bisa menggunakan patokan jarak, bisa memakai patokan waktu. Mana yang dicapai lebih dulu.

Gambar ilustrasi Performa mobil

Pelumas meningkatkan performa dan kinerja mesin

Untuk mendapatkan oli mesin mobil berkualitas, Anda bisa mencarinya melalui link di bawah ini:

>>> Temukan tips dan trik menarik lainnya seputar mobil disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top