Kenali 3 Jenis Kain Lap Mobil yang Wajib Anda Miliki

04/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Anda bisa menyimpan setidaknya tiga jenis kain lap mobil berikut ini. Kegunaannya tentu berbeda-beda namun dapat memberikan perawatan maksimal untuk kendaraan Anda.

Menjaga kebersihan mobil memang menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Karena itulah, sejatinya para pemilik mobil juga harus memiliki beberapa alat untuk membersihkan mobil. Satu diantaranya kain lap mobil.

>>> Ini Alasan Tidak Boleh Menggunakan Deterjen Pencuci Piring Untuk Mencuci Mobil

Kain lap ini dapat digunakan untuk menyeka kotoran atau air jika diperlukan. Dan tahukah Anda ada beberapa jenis kain lap mobil yang perlu Anda simpan di dalam mobil. Sehingga jika dibutuhkan sewaktu-waktu maka Anda bisa dengan mudah mengambilnya.

1. Plas Chamois

plas chamois

Punya daya serap air yang tinggi

Mungkin Anda mengenal lap jenis ini dengan sebutan Kanebo. Lap chamois bersifat lentur seperti karet dan sering dipakai untuk mengeringkan air jika selesai mencuci mobil. Ini karena fungsi lap chamois yang memiliki daya serap tinggi. Namun sebaiknya setelah digunakan, Anda langsung mencuci lap ini hingga bersih.

>>> Promo mobil baru selalu ada disini

2. Microfiber

lap microfiber

Sifatnya mengangkat kotoran dan tidak menimbulkan baret

Kain lap mobil ini biasanya dipakai untuk finishing setelah air dikeringkan dengan lap chamois. Bisa juga dipakai untuk membersihkan debu pada kaca. Lap ini mengandung bahan 70 persen poliester dan 30 persen poliamid. Sifatnya mampu mengangkat debu dan kotoran namun tidak meninggalkan baret.

>>> Dapatkan tips perawatan mobil hanya dari Cintamobil.com

3. Mitt Microfiber

mitt microfiber

Bisa untuk mencuci mobil

Bentuknya mirip bulu-bulu namun sejatinya bahan yang dikandungnya sama dengan lap microfiber. Namun bedanya kain lap mobil jenis ini bisa dipakai untuk mencucui mobil. Caranya tuang sabun cuci mobil ke ember dan campur dengan air. Lalu lap mitt microfiber bisa untuk digunakan meratakan sabun ke permukaan bodi mobil

>>> Tips & trik menarik lainnya silahkan baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top