Jangan Terkecoh, Anda Wajib Mengenali Sparepart Aftermarket dan Palsu

28/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Jangan Terkecoh, Anda Wajib Mengenali Sparepart Aftermarket dan Palsu
Membeli suku cadang yang asli sangat penting bagi mobil Anda. Bukan hanya karena kualitas ketahanan produk, tapi menjaga performa mobil Anda.

Setiap mobil pastinya membutuhkan perawatan secara berkala untuk menjaga performa mobil agar selalu dalam kondisi baik. Biasanya dalam perawatan akan selalu ada komponen yang diganti. Dalam penggantian suku cadang bisanya ada dua tipe pemilik mobil. Pertama orang yang membeli di bengkel resmi dan kedua di luar bengkel resmi. 

Bila Anda tipe pemilik mobil yang sering membeli suku cadang di uar bengkel resmi, hati-hati tertipu. Pastikan Anda bisa membedakan suku cadang asli atau palsu. Berikut cara mengetahui suku cadang palsu seperti dilansir laman Hyundai Indonesia.

>>> Baca juga 5 langkah perawatan mobil yang tidak bisa diabaikan

beberapa Parts car

Ada banyak komponen mobil, jangan terkecoh dengan suku cadang palsu

Pertama, sparepart aftermarket. Komponen ini, berbeda dengan produk genuine atau original equipment manufacturer (OEM). Biasanya, untuk aftermarket sendiri merupakan suku cadang atau produk yang dijual di pasaran dengan memiliki merek tersendiri, atau menggunakan nama produsennya.

Kedua pastikan juga kemasan dalam keadaan baik, tidak sobek, dan kemasan belum terbuka untuk menjamin keasliannya. Selain kemasan, konsumen sebaiknya membeli suku cadang di tempat yang terpercaya atau yang bekerjasama dengan Agen Pemegang Merk (APM).

Ketiga perhatikan juga stiker barcode yang tertera pada kemasan dalam kondisi baik dan tidak rusak, sobek maupun dalam kondisi tulisan jelas. Untuk barcode sparepart yang asli biasanya saat proses scan barcode sesuai dengan produk suku cadang yang diinginkan.

>>> Temukan mobil bekas idaman Anda disini, banyak pilihan dan harganya menarik

Parts Hyundai Indonesia

Pastikanlah Anda selalu membeli Sparepart Aftermarket 

Keempat saat membeli sparepart, perhatikan kondisi kemasan dan fisik part yang akan dibeli. Anda bisa meminta kepada pihak toko memperlihatkan parts apabila terbungkus rapat dalam karton, misalnya. Pada sparepart asli ada label stiker hologram menempel pada kemasan. Nah, stiker untuk produk asli tidak terlepas dan logo tercetak dengan jelas.

Terakhir, dengan harga produk aftermarket asli yang mahal atau tinggi, produk palsu ini dibuat dengan harga jual yang jauh lebih murah tapi kualitas juga sangat jauh di bawah produk asli. Jadi jangan sampai keliru dalam membeli.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top