Jangan Salah, Begini Cara Merawat Dashboard Mobil

29/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Jangan Salah, Begini Cara Merawat Dashboard Mobil
Salah dalam perawatan membuat penampilan interior kendaraan kurang menarik. So, begini cara merawat dashboard mobil yang benar, meski hanya sebulan sekali.

Bukan hanya eksteriornya saja yang perlu dirawat dengan benar agar mobil tampil menarik. Bagian interior juga tak kalah penting. Semua bagian dari kursi hingga karpet lantai seluruhnya membutuhkan perhatian. Lebih-lebih lagi bagian dashboard, karena bagian ini berada di depan bagian ini yang selalu nampak dalam pandangan penumpang. Tampilan yang bersih pasti menambah kenyamanan.

Sangat disayangkan jika mobil punya dashboard keren, modern, dan futuristik menjadi tak menarik gara-gara kotor atau kusam. Jadi, perhatikan benar-benar bagian ini dan selalu jaga penampilannya.

Cara merawat dashboard mobil

1. Bersihkan bagian permukaan

Foto menunjukkan Dashboard Wuling Almaz, keren dan modern

Bersihkan permukaan dashboard dari debu dan kotoran

>>> Meski Praktis, Ada Bahaya Meletakkan Barang Di Atas Dashboard

Sebelum langkah-langkah yang lain, singkirkan barang-barang yang bisa mengganggu penampilan seperti buku-buku, kertas nota, bungkus makanan, atau mainan-mainan yang tak terlalu penting. Lalu bersihkan bagian permukaan dashboard dari kotoran dan debu. Gunakan sikat halus untuk membersihkan bagian-bagian bersudut atau gunakan vacuum cleaner kecil untuk menyedot debu di bagian-bagian sulit. Beli vacum cleaner untuk digunakan di mobil Anda melalui link berikut:

2. Mengelap permukaan dashboard

Setelah dipastikan tidak ada kotoran dan debu di bagian permukaan, langkah berikutnya lakukan pengelapan. Anda bisa menggunakan alat bantu berupa cairan pembersih, namun harus disesuaikan dengan material dashboard apakah itu bermaterial plastik, dilapisi kulit atau dilapisi bahan fabrik.

Cairan pembersih dashboard bisa dibeli di supermarket atau toko perlengkapan mobil dengan beragam merek. Bila kurang jelas, silahkan tanya kepada si penjual untuk mendapatkan penjelasan lebih gamblang. Untuk membeli cairan All Purpose Cleaner, Anda bisa mencarinya di link di bawah ini:

3. Gunakan lap microfiber

Foto seseorang sedang Mengelap interior mobil menggunakan kain lap microfiber

Lap microfiber, terbaik untuk pengelapan

Yang ketiga ini berpengaruh besar pada hasil perawatan, yaitu menggunakan lap microfiber. Gunakan pada saat membersihkan permukaan dashboard dan saat mengaplikasikan cairan pembersih dengan dua lap berbeda. Atau jika tidak, gunakan satu lap dengan cara bolak-balik. Satu sisi untuk pembersihan dan sisi lain untuk pengelapan. Sebenarnya beragam jenis lap bisa dipakai, namun lap microfiber adalah yang terbaik. Jika Anda tengah mencari lap microfiber, coba saja mencarinya di link di bawah ini:

>>> Dinilai Paling Aman, Pakai Lap Microfiber Juga Ada Aturannya

>>> Temukan tips lainnya seputar teknis kendaraan hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top