Meski Praktis, Ada Bahaya Meletakkan Barang Di Atas Dashboard

16/10/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Meski Praktis, Ada Bahaya Meletakkan Barang Di Atas Dashboard
Area dashboard yang kosong dan lapang sering merangsang pengendara memasang aksesoris maupun berbagai hiasan. Sebagian lagi menjadikannya tempat yang praktis untuk meletakkan barang-barang kecil. Meski demikian harus diketahui, ada bahaya meletakkan barang di atas dashboard terutama di atas area airbag.

Keselamatan menjadi prioritas bagi para produsen mobil saat memutuskan meluncurkan model baru. Berbagai fitur pun disematkan sebagai penunjang seperti seat belt, pengereman ABS, auto door lock, lampu kabut hingga airbag atau kantung udara. Untuk yang terakhir, fitur ini berguna untuk menghindarkan pengendara maupun penumpang dari benturan keras saat terjadi pengereman mendadak atau kecelakaan. Dengan begitu risiko fatal bisa diminimalkan.

Foto menggambarkan Airbag Mitsubishi Xpander Ultimate AT 2019 dalam kondisi mengembang

Airbag jadi standar keselamatan global pada kendaraan roda empat atau lebih

Umumnya airbag di pasang di dua titik (dashboard depan penumpang dan setir) dengan kode tulisan SRS Airbag atau Airbag, meski pada mobil kelas menengah ke atas airbag terkadang dipasang di seluruh bagian kabin. Dalam beberapa kondisi seperti mobil mengalami benturan keras dengan objek lain dalam kecepatan tertentu, airbag bakal mengembang. Tujuannya agar tubuh serta wajah pengendara tidak berbenturan dengan kemudi atau dashboard.

Kecepatan mengembangnya sekitar 320 km/jam sehingga apapun yang berada dan menghalangi bakal ikut terhempas seketika. Bisa dibayangkan jika pengendara meletakkan barang di atas dashboard lalu terhempas dengan kecepatan tinggi dan menghantam kepala atau tubuh, akibatnya bisa sangat fatal. Fungsi airbag yang awalnya menjadi 'penyelamat' jadi tidak berguna.

>>> Bukan di Atas Dashboard, Ini 3 Lokasi Paling Ideal dan Aman Meletakkan Tempat Tisu di Mobil

Foto menunjukkan boneka dipasang di atas dashboard mobil

Sebaiknya tidak meletakkan benda apapun di atas dashboard

Karenanya sangat dianjurkan kepada pengendara untuk tidak meletakkan barang di atas dashboard yang menjadi area airbag meski hanya barang-barang kecil. Begitu pula buat penumpang jangan pernah menyelonjorkan kaki di atas dashboard meski hal tersebut sangat nyaman. Potensi bahayanya sangat besar manakala airbag mengembang, kaki juga bakal terhempas dengan kecepatan tinggi. Kemungkinan besar bakal terjadi patah tulang kaki, atau kaki menghantam wajah dengan sangat keras.

>>> Sangat Bahaya Jika Belum Paham Arti Simbol Pada Dashboard Mobil

Foto penumpang wanita Meletakkan kaki di dashboard mobil

Nyaman sih, tapi meletakkan kaki di dashboard bisa sangat berbahaya

>>> Temukan tips lainnya seputar teknis kendaraan hanya di sini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Bukan di Atas Dashboard, Ini 3 Lokasi Paling Ideal dan Aman Meletakkan Tempat Tisu di Mobil

Meletakkan wadah tisu tidak boleh sembarangan, selain alasan estetika peletakan tempat tisu di mobil yang tepat juga mencegah dari timbulnya hal-hal buruk dan tidak diinginkan.

Lihat juga

Sangat Bahaya Jika Belum Paham Arti Simbol Pada Dashboard Mobil

22/01/2019

Perawatan dan service

2 menit

Pernahkah Anda mengamati indikator pada dashboard mobil? Apakah lampu indikator yang tertera banyak menyala? Jika iya, maka dipastikan ada beberapa kesalahan pada komponen mobil Anda baik dalam hal pengereman, kurangnya aki atau hal lainnya. Untuk memastikan lebih jauh komponen apa yang tidak berfungsi baik, maka menjadi hal penting bagi Anda untuk mengetahui arti simbol pada dashboard mobil.

Lihat juga

Inilah Alasan Anda Tidak Boleh Meletakkan Kaki di Atas Dashboard

07/11/2017

Pasar mobil

Perjalanan dengan mobil seharusnya dilakukan senyaman mungkin. Untuk mencari kenyamanan, sebagian besar penumpang yang duduk disebelah sopir pasti tergoda untuk meletakkan kaki ke atas dashboard. Jika anda pernah meletakkan kaki ke atas dashboard, setelah membaca artikel di bawah ini mungkin anda akan berfikir dua kali untuk melakukannya. Kenapa?

Lihat juga

3 Hal Membingunkan Tentang Airbag, Ini Jawabannya

05/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Airbag dikenal sebagai fitur keselamatan wajib untuk mobil-mobil saat ini. Dengan fungsi menghindarkan pengendara dari benturan saat terjadi kecelakaan, fitur ini telah berjasa menyelamatkan banyak orang.

Lihat juga

Ada Kemungkinan Sebabkan Cedera, Perlukah Airbag Lutut?

10/08/2019

Pengemudian

2 menit

Airbag diciptakan untuk membantu membuat mobil dan pengemudi lebih aman dengan meminimalisir akibat benturan yang diserap tubuh manusia jika terjadi tabrakan. Tapi ternyata tidak semua airbag bermanfaat seperti kelihatannya, seperti airbag lutut.

Lihat juga