Ini Waktu yang Tepat Ganti Oli Kalau Mobil Jarang Dipakai

01/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Ini Waktu yang Tepat Ganti Oli Kalau Mobil Jarang Dipakai
Mobil jarang dipakai apakah tetap harus ganti oli? Itu Pasti. Dan inilah caranya menentukan waktu yang tepat ganti oli kalau mobil jarang dipakai.

Siapa bilang mobil jarang dipakai tidak butuh perhatian. Bahkan jika mobil tidak pernah digunakan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan secara rutin. Ini untuk menjaga mesin tetap bekerja seperti seharusnya.

>>> Tips Merawat Mobil Koleksi yang Jarang Dipakai

Meskipun jarang atau mungkin tidak pernah digunakan, mobil yang disimpan di garasi juga butuh perhatian. Termasuk masalah ganti oli. Tentunya ada alat ukur tersendiri saat akan menentukan waktu yang tepat ganti oli jika mobil tersebut jarang dipakai.

1. Bukan dari Jarak Tempuh

oli mesin mobil

Lakukan ganti oli secara berkala walau mobil tidak pernah dipakai

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Interval penggantian oli mesin tentunya berpatokan pada jarak tempuh mobil tersebut. Misalnya 5.000 kilometer sampai 10.000 kilometer. Lalu bagaimana jika mobil jarang dipakai. Pastinya jarak tempuhnya amat sedikit.

Untuk menetukan kapan waktu yang tepat ganti oli pada mobil yang jarang dijalankan adalah dengan memperhatikan waktu. Tentukan berapa lama mobil tersebut disimpan di garasi saat pertama kali ganti oli. Tetapkan setiap 6-12 bulan, oli tersebut diganti lagi walau mobil hanya dijalankan beberapa kali direntang waktu tersebut.

2. Cara Merawat Mesin Mobil yang Jarang Digunakan

kunci kontak mobil

Selalu panaskan mesin mobil setiap hari

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Selain ganti oli secara berkala, jika mobil jarang dipakai juga perlu mendapat perawatan. Paling mudah adalah selalu panaskan mesin mobil setiap hari. Jangka waktunya cukup 10-15 menit, dan jangan lupa nyalakan juga AC mobilnya.

Selain memperhatikan waktu yang tepat ganti oli, kalau mobil yang tidak digunakan lebih dari sepekan, sebaiknya dilepas kabel akinya. Ini guna menghindari aki soak akibat mesin mobil tidak pernah dipanaskan.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Bahaya yang Mengintai jika Tidak Mengganti Oli Mesin Secara Berkala

Mesin sebagai nyawa mobil dibantu oleh oli agar mesin bisa bekerja dengan efektif dan sehat. Pentingnya mengganti oli mesin secara berkala menjadi salah satu pendongkrak kinerja mesin. Oli yang tidak ditukar akan memperburuk mesin dan meninggalkan kerusakan jangka panjang.

Lihat juga

Cara Mudah Proses Mengganti Oli yang Bisa Dilakukan di Rumah

Perawatan mobil tidak harus selalu dilakukan di bengkel dengan bantuan montir, tapi beberapa tugas perawatan mobil bisa dilakukan sendirian di rumah. Ditemani dengan kopi atau teh, salah satu proses perawatan mobil, yaitu proses mengganti oli contohnya, bisa dilakukan sendirian dengan cara yang mudah. Proses mengganti oli sebenarnya tidak terlalu susah. Mengganti oli bisa dilakukan di rumah dengan melihat beberapa tips yang akan dibagikan oleh Cintamobil berikut ini.

Lihat juga

Beli Mobil Jarang Dipakai, Perhatikan Bagian-Bagian Ini

16/10/2019

Jual beli

5 menit

Saat membeli mobil berkilometer rendah atau jarang dipakai, tidak sedikit yang beranggapan kondisi mobilnya prima dan siap pakai. Tunggu dulu, masih ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada mobil tersebut, apa saja?

Lihat juga

Review Maserati Ghibli 2019: Metamorfosa Sempurna Grand Tourer Bertubuh Sedan Dari Tanah Italia

28/08/2019

Editor rate:

Terlahir dari Grand Tourer berformat Coupe, Maserati Ghibli kini menjelma menjadi mid-size luxury sedan yang menjanjikan pengalaman berkendara memikat. Seperti apa rasanya saat Cintamobil.com saat Test Drive Maserati Ghibli 2019? Simak penjelasannya berikut ini.

Lihat juga

Toyota Kijang Innova 2020: Harga mobil Kijang Innova & Promo Oktober

01/10/2020

Toyota

Gelar mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) primadona keluarga Indonesia, tentu akan selalu merujuk kepada Toyota Kijang Innova. Bahkan produk legendaris besutan Toyota ini, sering kali disebut “Mobil sejuta umat”. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena nama Toyota Kijang sendiri sudah menemani masyarakat Indonesia hampir 40 tahun. Apa saja fitur unggulan pada versi terbarunya kini? Berapa harga Toyota Kijang Innova terbaru 2020?

Lihat juga