Ini Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Radiator Mobil

25/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Ini Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Radiator Mobil
Merawat radiator mobil memang sebaiknya dilakukan di bengkel pada periode waktu tertentu. Namun sehari-hari sebelum beraktifitas, Anda juga perlu memperhatikan komponen-komponen pada bagian radiator.

Radiator memiliki peranan penting pada mekanisme komponen mobil. Karena fungsi radiator adalah untuk sistem pendinginan mesin sehingga mesin terus bekerja optimal. Bila radiator bermasalah, maka sistem pendinginan mesin juga ikut bermasalah. Akibatnya mesin jadi terlalu panas dan tidak sanggup lagi bekerja.

>>> Mobil Overheat di Jalan, Ini yang Harus Dilakukan

Untuk itulah merawat radiator mobil sangat diperlukan. Minimal setiap 30.000 km sekali agar kondisi radiator tetap terjaga. Selain itu setiap sebelum beraktifitas, ada baiknya Anda juga memperhatikan kondisi komponen-komponen pada radiator.

1. Tabung Reservoir

tabung air radiator

Tambahkan air radiator jika kurang dari batas maksimum

>>> Promo mobil baru menarik tiap bulan ada disini

Sebelum berkendara, cara merawat radiator mobil paling mudah adalah dengan melakukan pengecekan tabung reservoir atau tabung air cadangan radiator. Jangan sampai air pada tabung kurang dari batas maksimum. Namun ketika mengisi air radiator pada tabung reservoir, jangan sampai air terisi penuh hingga ke bibir tabung. Karena kondisi ini akan berakibat air tidak bisa bersirkulasi pada saat panas.

2. Selang Radiator

selang radiator mobil

Ganti selang radiator jika sudah retak

Komponen pada radiator lainnya yang perlu mendapat pengecekan adalah bagian selang radiator. Jika selang sudah keras atau tidak lagi lentur dan muncul retak-retak, sebaiknya langsung segera ganti. Karena dikhawatirkan suatu saat selang akan pecah dan air radiator yang sedang panas tumpah serta mengenai komponen mobil lainnya.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

3. Tutup Radiator

tutup radiator terbuka

Perhatikan karet-karet pada tutup radiator

Merawat radiator mobil sehari-hari juga bisa dengan memperhatikan kondisi tutup radiator. Selalu cek kondisi bagian penutup ini saat radiator masih dalam keadaan dingin, yaitu ketika mobil belum di hidupkan. Perhatikan kondisi karet-karet pada bagian tutup radiator. Jika karet sudah mulai pecah atau getas, sebaiknya ganti bagian ini.

>>> Tips dan trik lainnya cek disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Cegah Overheat Dengan Kuras Radiator

Air radiator dan radiator coolant perlu diganti secara berkala agar kondisinya tetap tejaga. Salah satu caranya dengan melakukan kuras radiator sekaligus membersihkan bagian luar radiatornya

Lihat juga

Kenali Kode Pada Tutup Radiator Agar Terhindar Dari Overheat

Meski sepele, pada setiap tutup radiator tertera kode angka yang menjelaskan spesifikasi dan kemampuan kerja tutup radiator. Penggunaan tutup radiator yang tak tepat, maka akan membuat kerja pendinginan mesin terganggu, bahkan overheat.

Lihat juga

Cegah Bocor, Cek Selalu Kondisi Selang Radiator

21/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Sosoknya selalu terlupakan, padahal fungsinya sangat penting dalam sirkulasi pendinginan radiator. Sebelum bocor dan mengakibatkan overheat, yuk cek kondisi selang radiator

Lihat juga

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Futuristik untuk Lingkungan yang Lebih Baik

11/08/2019

Editor rate:

Bulan lalu, nisan memberikan gambaran tentang facelift pada Nissan Serena C27. Dan kali ini, MPV generasi kelima Nissan Serena 2019 Hybrid mulai dijual di pasar Jepang. Perubahan sebagian besar bersifat kosmetik, tetapi ada beberapa revisi mencakup peningkatan dalam hal sistem keselamatan di dalam mobil.

Lihat juga

Toyota Fortuner - Harga terbaru Januari 2021

01/01/2021

Toyota

Toyota selaku produsen mobil dari Jepang, selalu menghadirkan produk-produk inovatifnya di segala segmen. Pada segmen Sport Utility Vehicle (SUV) misalnya, Toyota merilis produk terbarunya yakni Toyota Fortuner. Mobil yang satu ini memang sengaja dikonsep sebagai mobil yang bukan hanya mampu melibas segala medan tapi desain eksteriornya juga mampu menarik perhatian dari banyak mata. Berapa daftar harga Toyota Fortuner terbaru? Penasaran? Yuk kita simak informasi selengkapnya.

Lihat juga
 
back to top