Ingin Selamat, Jangan Abaikan Kondisi Kaki-kaki Mobil

17/08/2018

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ingin Selamat, Jangan Abaikan Kondisi Kaki-kaki Mobil
Kondisi kaki-kaki mobil memiliki peranan penting dalam menunjang keselamatan berkendara menggunakan mobil.

gambar bagian kaki-kaki mobil

Kaki-kaki mobil punya peranan penting terhadap keselamatan penumpang

Keselamatan berkendara di jalan raya tak hanya dipengaruhi kondisi pengemudi yang bugar, cara mengemudi yang beretika dan taat aturan lalu lintas, tapi juga kondisi kendaraan yang prima.

Salah satu yang memegang peranan sangat penting terhadap keselamatan adalah kondisi kaki-kaki mobil. Berdasarkan data Jasa Marga 23 persen kasus kecelakaan yang terjadi di jalan tol dalam dua tahun belakangan disebabkan oleh pecah ban saat sedang melaju kecepatan tinggi.

"Mengabaikan kondisi kaki-kaki mobil dapat menyebabkan ban cepat haus dan memperbesar kemungkinan pecah ban saat berkendara pada kecepatan tinggi dalan waktu lama, sehingga memperbesar risiko kecelakaan," tutur Prayitno Himawan selaku Founder PT Himawan Putra yang bergerak di automotive service equipment belum lama ini.

"Memperhatikan kondisi kaki-kaki kendaraan ini paling krusial sebelum melakukan perjalan panjang, karena selain jarak tempuh biasanya kendaraan diisi dengan beban muatan yang maksimal dan ada dorongan ingin cepat sampai tujuan, akibatnya rentan kecelakaan," tambahnya.

>>> Ukuran Ban Serep Mobil Lebih Kecil Tak Masalah, Asal Kamu Perhatikan 3 Hal Ini

Gambar Mobil dengan ban pecah

Ban pecah jadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya

Sebenarnya kondisi tidak beres pada kaki-kaki mobil bisa dirasakan lewat performanya yang tidak maksimal. Kadang terjadi gejala kemudi menarik ke kanan atau ke kiri.

Bila keadaan itu terjadi saat di jalan raya, jangan paksakan terus melaju. Pelankan mobil dan berhenti di tempat aman untuk melakukan pemeriksaan atau diagnosis.

Segera dongkrak kendaraan dan mulai menggoyang-goyangkan ban dalam keadaan terpasang. Jika tidak terlalu longgar, bisa dilanjut berkendara sampai menemukan bengkel terdekat. Tapi kalau ban bergoyang cukup parah, jangan paksakan terus berjalan karena itu sangat berbahaya.

Biarkan mobil tetap terdongkrak, lalu hubungi bengkel terdekat untuk minta service di tempat.

Alangkah lebih baik bila pemeriksaan kondisi kaki-kaki mobil dilakukan sebelum berkendara dan secara berkala lakukan Spooring dan Balancing agar ban tetap selaras dan tidak berpotensi kecelakaan di jalan raya.

>>> Mobil Keluar Dari Badan Jalan, Dua Bahaya Mengancam Saat Banting Setir Ke Kanan Tiba-Tiba

Gambar proses Spooring Balancing di sebuah bengkel

Spooring Balancing perlu dilakukan secara berkala untuk mendeteksi masalah pada kondisi kaki-kaki mobil

>>> Ingin berkendara aman, baca tips dan triknya di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ini Cara Mudah Untuk Mendeteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil Bekas

16/01/2019

Jual beli

3 menit

Kaki-kaki sebenarnya adalah part yang tidak perlu biaya mahal untuk memperbaikinya, karena dengan budget sekitar Rp 4 juta sampai Rp 6 juta kaki-kaki mobil sudah bisa baik kembali. Berikut ini cara mudah untuk mendeteksi kondisi kaki-kaki mobil bekas

Lihat juga

Terdengar Suara pada Kaki-Kaki Mobil? Coba Cek 6 Komponen Ini

16/10/2020

Perawatan dan service

2 menit

Kaki-kaki mobil tak jarang menimbulkan masalah yang cukup berat. Ketika menemukan ada suara pada kaki-kaki mobil, Anda bisa mengecek 6 komponen di bawah ini.

Lihat juga

Cara Mengecek Kaki-Kaki Mobil Eks Taksi

12/10/2020

Perawatan dan service

5 menit

Sebelum Anda tertarik meminang mobil bekas taksi, sebaiknya Anda cek kaki-kaki mobil terlebih dahulu, sebab perbaikannya membutuhkan biaya yang cukup besar

Lihat juga

4 Cara Tak Biasa Merawat Mobil Agar Bisa Panjang Umur

23/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Melakukan servis berkala mungkin sudah lumrah didengar oleh para pengendara dalam merawat mobil. Namun ada juga cara merawat mobil agar panjang umur.

Lihat juga
 
back to top