Ukuran Ban Serep Mobil Lebih Kecil Tak Masalah, Asal Kamu Perhatikan 3 Hal Ini

24/05/2018
​Salah satu komponen wajib bagi produsen kendaraan roda empat adalah menyertakan ban serep pada setiap produk baru. Namun, ban serep terkadang tidak mesti sesuai dengan ukuran ban aslinya karena ukuran terkendala tempat penyimpanan yang terlalu sempit. Sebagai konsekuensi, ban serep yang disediakan oleh produsen ukurannya diperkecil menyesuiakn tempat penyimpanan yang ada.

Mengganti ban asli dengan ban serep karena kempes

Tidak sedikit ban serep mobil yang ukurannya lebih kecil dari ukuran ban asli

Kalau ternyata mobil kamu demikian, tak usah cemas dan khawatir, ban serep dengan ukuran lebih kecil tetap bisa digunakan. Itu sudah diperhitungkan oleh pabrikan dan bukan hal baru lagi. Hanya saja, kamu mesti memperhatikan beberapa hal jika terpaksa memasang ban serep tersebut karena darurat dan membawanya jalan sampai ke tempat dimana kamu bisa memperbaiki ban asli yang kempes atau bocor.

>>> Michelin Memberikan Penjelasan tentang Pengantian Ban Sebelum Waktunya

Situs informasi global doityourself.com menuliskan ada tiga hal yang harus diperhatikan jika terpaksa menggunakan ban serep berukuran lebih kecil.

1. Batasi jarak dan kecepatan

Ban serep berkuran lebih kecil bakal menanggung beban lebih berat dari ban berukuran asli. Semakin jauh jarak dan semakin cepat mobil berjalan, ban serep bakal makin tertekan. Efek paling buruk adalah ban bisa meletus tiba-tiba dan itu sangat berbahaya bagi pengendara.

Disarankan untuk tidak menggunakan ban serep lebih dari 50 mil atau 80 km dan tidak melebihi kecepatan 50 mil atau 80 km per jam. Paling baik adalah segera membawa ke bengkel terdekat untuk meminta pergantian ban.

Gambar ban mobil gembes

Terlalu dipaksakan menempuh jarak terlalu jauh bisa bikin ban serep ukuran kecil meletus karena kelebihan tekanan

2. Menurunnya fungsi kontrol kendaraan

Sebagai contoh enggunaan ban ukuran kecil bakal menonaktifkan fitur pengeraman ABS dan kontrol traksi. Karenanya, jangan melakukan manuver secara mendadak seperti berhenti mengerem mendadak atau menikung tiba-tiba. Mengemudi mobil dengan satu ban serep ukuran kecil harus ekstra hati-hati. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan, lebih waspada terhadap pergerakan objek dari arah samping atau depan dan sebagainya.

>>> Punya mobil jangan coba-coba, baca dulu tips dan triknya di cintamobil.com

3. Perhatikan tekanan ban

Tak kalah penting adalah memperhatikan tekanan angin ban yang tepat. Pastikan tekanan angin ban serep tepat diangka 60 Psi. Makanya, jangan hanya ban serepnya yang dibawa, tapi juga pompa dan alat ukur tekanan ban agar ukuran tekanan ban selalu bisa dipantau.

seseorang sedang mengukur tekanan angin ban mobil miliknya

Satu lagi yang harus kamu ketahui, yaitu usia ban

Selain tiga hal diatas, satu lagi yang harus kamu ketahui, yaitu usia ban. Baik ban asli maupun ban serep, usia ban yang baik adalah tak lebih dari enam tahun. So, kalau memang sudah mencapai umur segitu, ban harus diganti agar keamanan lebih terjaga.

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Fat

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0