Ingin Cat Ulang Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bengkel Cat?

05/07/2019

Perawatan dan service

6 menit

Agar hasil pengecatan ulang mobil sesuai dengan harapan, kita tak bisa asal dalam memilih bengkel cat mobil. Faktor apa saja yang harus diperhatikan sebelum mempercayakan proses repaint mobil di bengkel cat?

Saat ini, bengkel cat mobil menjamur dimana-mana. Tiap bengkel memiliki inovasi atau daya tarik tersendiri untuk menarik pelanggan, mulai dari kualitas pengerjaan dan cat kelas atas, pengerjaan yang cepat dengan hasil bagus, atau mengandalkan value for money terbaik.

>>> Apa saja kelebihan dan kelemahan cat duco untuk mobil Anda?

Agar tidak keliru, dan mendapatkan hasil repaint yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Tentu kita harus memperhatikan beberapa hal saat memilih bengkel cat mobil, apa saja?

Fasilitas

Nissan Serena sedang dicat di fasilitas cat oven

Salah satu fasilitas yang menunjang proses pengecatan mobil adalah ruang oven

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memilih bengkel cat mobil adalah teliti dan berhati-hati dalam memilih. Coba bandingkan fasilitas dari tiap-tiap bengkel, apakah bengkel tersebut memiliki alat pengecatan yang modern atau tidak, lalu perhatikan juga ketersediaan ruang oven serta alat pengelasan.

Riwayat kerja bengkel juga bisa dijadikan pertimbangan, karena semakin lama berdirinya suatu bengkel, biasanya berbanding lurus dengan pengalaman serta teknik yang dimiliki, yang akhirnya berdampak pada hasil akhir pengecatan.

Perhatikan Proses-Hasil

Seorang montir sedang melakukan proses pengecatan mobil

Bukan hanya fasilitas, kualitas SDM juga mempengaruhi hasil akhir cat mobil

Fasilitas lengkap tidak berarti hasilnya akan bagus, karena ada proses kerja yang tak kalah krusialnya dalam hasil akhir pengecatan. Jika mobil Anda mengalami kecelakaan parah, proses yang pertama kali dilakukan adalah pengembalian kondisi mobil seperti semula sebelum proses pengecatan.

>>> Temukan daftar lengkap mobil dengan harga menarik di sini

Anda juga harus memperhatikan secara seksama mobil-mobil yang telah selesai dicat oleh bengkel, lihat secara detail kesamaan warna cat pada seluruh panel mobil yang telah selesai direparasi. Bengkel yang baik tak akan membiarkan ada warna belang pada bagian yang dicat.

Review atau testimoni pelanggan

Toyota Fortuner setelah dicat ulang

Kualitas serta reputasi bengkel cat mobil juga bisa dijadikan acuan

Anda juga dapat memanfaatkan review atau testimoni pelanggan untuk memilih bengkel cat mobil pilihan Anda. Bengkel yang baik biasanya akan menampilkan penilaian pelanggan mereka secara terbuka, baik itu di situs ataupun lokasi google maps.

>>> Jangan lewatkan tips perawatan mobil lainnya di sini

Semakin banyak pelanggan yang berkomentar positif atas pelayanan bengkel tersebut, maka bengkel tersebut pantas dicoba untuk proses repaint mobil kesayangan Anda.

Perhatikan Biaya

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, penting juga untuk memilih bengkel cat mobil dan beberapa faktor lainnya dengan kemampuan kantong Anda.

Mulai dari cat yang digunakan, besaran permukaan yang harus dicat, serta ada tidaknya panel body yang harus diperbaiki. Biasanya, tarif pengecetan per panel body berkisar antara Rp 400.000,- sampai Rp 800.000,-. Sedangkan untuk cat full body, harganya dimulai dari Rp 6.000.000,-.

Jika Anda menggunakan cat dengan spesifikasi khusus seperti chamaleon, multitone, candytone, ataupun xyralic, harganya bisa melonjak hingga di atas 20 juta. Itupun hanya pengecatan siram tanpa mengerok atau memodifikasi bagian mobil.

Berikut tips memilih bengkel cat mobil yang dapat Anda terapkan, untuk tips & trik seputar mobil lainnya, anda bisa lihat di Cintamobil.com.

>>> Baca tips & trik menarik lainnya disini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top