Catatan Penting dalam Merawat dan Mengendarai Mobil Tua

Catatan Penting dalam Merawat dan Mengendarai Mobil Tua
Mengendarai mobil tua pada jaman sekarang adalah suatu kebanggaan dan memiliki nilai historis bagi masing-masing pemilik. Namun, mengendarai dan merawat mobil membutuhkan perhatian yang ekstra dan khusus.

Memiliki mobil tua atau antik bisa memberikan tantangan tersendiri. Anda akan unggul dalam hal style dan fashion, tapi Anda harus berhati-hati dalam merawat mobil tua Anda. Cintamobil akan memberikan beberapa tips dalam merawat dan mengendarai mobil tua Anda

1. Hati-hati ketika berbelok

Hal ini sangat rentan dirasakan pada mobil tua, bisa saja ketika berbelok dengan tajam tiba-tiba saja bisa kaki-kaki mobil bisa patah. Karena sudah dimakan usia dan perawatan yang kurang teliti dan berkala. Ketika kaki-kaki mobil tua sudah mulai mengeluarkan bunyi yang tidak normal, hati-hatilah ketika berbelok.

Gambar yang menunjukan persimpangan dengan papan rambu lalu lintas mengatakan stop

Perhatikan persimpangan dan keadaan ketika Anda berbelok

2. Berkendaralah dengan tenang

Menyetir mobil tua itu tidak boleh kencang-kencang (sampai 60, maksimal 80km per jam saja, tidak lebih) Kenapa? Karena kondisi mobil dengan onderdil di dalamnya yang sudah tua bisa rusak karena goncangan yang keras akibat dari kecepatan yang tinggi.

Gambar yang menunjukan bagian belakang dari mobil GTS berwarna emas yang berada di tepi jalan

Jangan terlalu memaksakan mobil tua Anda

Kerusakan yang terjadi saat mobil melaju kencang lebih besar kemungkinan terjadi pada mobil tua dibanding mobil baru yang onderdilnya masih baru-baru, walaupun mobil tua konon punya ketahanan onderdil yang lebih lama dari mobil baru namun jika sudah lebih dari 20 tahun, kondisinya sudah tidak bisa dibilang kuat seperti dulu.

>>> Baca juga 9 tips penting dalam perawatan mobil sehari-hari

3. Lembutlah dalam mengoperasikan mobil

Mengoperasikan mobil, dalam hal ini menggunakan segala fungsi yang ada dimobil, dengan lembut, termasuk dalam mengoper gigi perseneling, menginjak kopling, dan mengerem. Dalam hal mengerem, mungkin sedari jauh sebelum berhenti, sudah mulai kita injak rem secara perlahan, agar minyak rem tersebar merata.

Gambar yang memperlihatkan bagian dashboard mobil dengan desain yang sudah antik

Mobil tua terkadang memiliki spare part yang juga tua

Fungsi mobil lainnya seperti dalam membuka jendela, kita putar perlahan, jika sudah power window, juga kita perhatikan terutama ketepatan kaca bergerak ke atas. Tombol dan panel pada dashboardpun harus kita pencet dengan lembut, karena khawatir copot atau rusak.

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya disini

4. Hati-hati ketika mengelap atau mencuci mobil.

Mobil tua sebaiknya tidak masuk bengkel cuci steam karena akan merusak cat dan juga mesin. Mesin bisa “banjir”, dan badan mobil bisa karatan. Jangan menggunakan sikat ketika mencuci permukaan mobil baik yang di atas maupun yang di bawah. Sebaiknya gunakan polesh yang dapat membuat kinclong cat mobil. Gunakan dengan lembut dalam memolesnya.

Berikut contoh cara membersihkan 1955 Chevy seperti baru

5. Hindari perjalanan jarak jauh

Mobil tua beresiko mogok di jalan, oleh karena itu gunakan di dalam kota saja, dengan jarak yang tidak jauh. Jika dipaksakan bepergian jauh, dikhawatirkan mobil akan mogok sehingga Anda kesulitan memperbaiki karena belum tentu ada bengkel yang bisa memperbaiki mengingat mobil sudah tua dan onderdilnya sudah langka. Jarak jauh juga beresiko merusak mobil karena jalan yang jelek dan getaran atau goncangan hebat yang mungkin terjadi.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang melakukan pengendaran di bawah snar matahari

Berhati-hati dalam mengemudi serta hindari pengendaraan jarak jauh

6. Hindari makan  minum di dalam mobil

Mobil lama biasanya menggunakan jok beludru yang sulit dibersihkan jika kotor, apalagi jika kotorannya berupa cairan dari makanan atau minuman. Karena itu, jika Anda tidak ingin mobil Anda kotor karena remah-remah makanan dan bekas minuman yang mengganggu, cobalah untuk tidak makan dan minum dalam mobil antik Anda

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang membersihkan bagian interior mobil

Bagian interior mobil tua terkesan sukar untuk dibersihkan

7. Jaga isi bahan bakar minimal setengah tangki

Karburator mobil tua itu sensitif dengan kotoran yang ada di bahan bakar. Cara untuk menjaganya adalah jangan sampai bahan bakar dibiarkan menipis bahkan habis sehingga membuat kotoran menumpuk dan mengotori karburator. Jadi bahan bakar selalu isi setengah tangki minimal.

Gambar yang menunjukan bagian penunjukn pengisian bahan bakar pada mobil tua

Pastikan tangki Anda selalu terisi untuk menghidari karat

Merawat mobil tua menurut kami bagaikan orang tua, sensitif dan perlu perlakuan khusus. Mungkin ada yang mobil tuanya sudah dipermak, disiram (dicat) ulang, dan penggantian onderdil, sehingga terlihat muda dan bertenaga. Namun perlu diketahui, pasti ada bagian yang sudah tua yang masih menjadi bagian mekanisme mobil tersebut. Karena itu, perhatikan setiap komponen mobil Anda untuk menghindari perbaikan yang menguras uang Anda.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top