Cara Merawat Bodi Mobil saat PSBB

17/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Cara Merawat Bodi Mobil saat PSBB
Momen PSBB yang kembali diperketat oleh Pemerintah DKI Jakarta bisa menjadi momen untuk Anda merawat bodi mobil agar tetap bersih dan terhindar dari karat.

Pemerintah DKI Jakarta kembali menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan risiko penularan virus COVID-19. Pembatasan tersebut membuat aktivitas AutoFamily berkurang dan lebih banyak bekerja di rumah atau work from home (WFH).

Momen PSBB memberikan AutoFamily waktu luang untuk merawat bodi mobil agar tetap bersih, anti kusam, dan terhindar dari karat. Berikut pekerjaan perawatan bodi mobil yang bisa dilakukan sendiri #DiRumahAja saat PSBB berlaku kembali.

>>> 4 Masalah yang Mengintai Mobil karena Terlalu Lama Parkir di Rumah

Gambar menunjukan Mencuci mobil

Cuci mobil Anda secara berkala

1. Mencuci Mobil

Meski saat ini hujan masih jarang turun, bukan berarti mobil bebas dari kotoran. Musim panas yang kering membuat debu bertebaran dimana-mana. Oleh sebab itu, AutoFamily harus mencuci mobil untuk membersihkannya dari kotoran. Merawat bodi mobil cukup siram dulu permukaan bodi mobil agar debu luruh dan pastikan kering sempurna supaya tidak timbul jamur bodi bahkan karat.

2. Pakai Cover Mobil

Saat PSBB, mobil lebih banyak parkir di rumah. Jika tempat parkir tidak memiliki pelindung, AutoFamily bisa memanfaatkan cover mobil. Cara ini juga cocok untuk AutoFamily yang tinggal di apartemen dan tidak kebagian parkir di basement. Selubung ini dapat dipakai untuk menahan terpaan langsung sinar matahari dan potensi oksidasi di malam hari. Termasuk mencegah binatang liar masuk ke dalam mobil.

Urusan Toyota lebih mudah, AutoFamily bisa membeli peralatan mencuci dan cover mobil di Auto2000 Digiroom The First Toyota Showroom in Your Pocket.

3. Poles Bodi Mobil

Poles bodi mobil merupakan cara merawat bodi mobil agar dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya berkilau kembali. Selain itu, di tahap akhir pemolesan bisa dilakukan waxing untuk memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung sehingga dapat menahan paparan sinar matahari yang membuat cat kusam atau proses oksidasi penyebab karat.

>>> Pasar Mobil di China Mulai Lirik Penjualan Mobil Hidrogen

Gambar menunjukan fasilitas BP Auto2000

Manfaatkan fasilitas BP dari Auto2000

4. Cek Karat

Karat merupakan bahaya laten yang sangat mengganggu karena begitu karat menyerang, akan membuat struktur sasis dan bodi mobil menjadi rapuh. Bila terlanjur menjalar akan membutuhkan perbaikan yang tidak ringan. Meski sudah ada lapisan anti karat, sebaiknya dilakukan pelapisan ulang anti karat setiap 1 tahun sekali untuk mengantisipasi timbulnya karat.

Selagi #DiRumahAja karena PSBB, AutoFamily bisa melakukan pelapisan ulang anti karat di bengkel Auto2000. Mudah tanpa perlu keluar rumah, silakan order lewat menu Aksesoris di Auto2000.co.id

5. Body Repair

Karat bisa tumbuh pada bodi atau sasis mobil yang luka seperti baret atau penyok. Berhubung sedang menunda aktivitas rutin, AutoFamily bisa melakukan perbaikan bodi mobil di workshop BP Auto2000 terdekat. Manfaatkan layanan booking service paling lambat satu hari sebelum kedatangan untuk mempermudah proses perbaikan. Kian mudah karena AutoFamily cukup datang ke bengkel Auto2000 terdekat dan service advisor Auto2000 yang akan mengurus hingga mobil selesai diperbaiki.

6. Manfaatkan Layanan Express Body & Paint

Sebenarnya Express Body & Paint (EBP) masih merupakan bagian dari fasilitas BP Auto2000. Bedanya, EBP hanya butuh waktu 8 jam sejak mobil masuk ke dalam workshop untuk membuat bodinya kembali mulus seperti sediakala. Meski begitu, ada syaratnya yakni layanan cepat ini hanya berlaku untuk area kerusakan maksimum 3 panel, baret, dan penyok ringan hingga spot repair. Lebih dari itu akan masuk ke perbaikan bodi mobil biasa.

 “Aturan PSBB membuat AutoFamily memiliki waktu luang untuk merawat bodi mobil di rumah. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu perawatan bodi mobil melalui fasilitas Bodi & Cat, seperti melakukan pelapisan anti karat dan memperbaiki bodi mobil yang rusak agar kembali mulus. Silakan booking service di website Auto2000.co.id,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Rabu (16/9/2020).

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lokasi SIM Keliling Bekasi Kota Bulan September

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Warga Bekasi Kota bisa memperpanjang SIM A dan SIM C secara mobile di layanan SIM Keliling. Berikut lokasi SIM Keliling Bekasi Kota bulan ini, September 2020

Lihat juga

7 Pilihan Mobil 7 Penumpang Paling Nyaman di Indonesia

15/09/2020

Jual beli

8 menit

Mengklasifikasikan mobil 7 penumpang paling nyaman yang ada di Indonesia tentu tidak bisa semuanya. Oleh karena itu, berikut ini adalah rekomendasi kami jika Anda sednag mencari mobil keluarga berkapasitas 7 penumpang dan nyaman.

Lihat juga

Pilihan Mobil Jeep Bekas Harga Rp 50 Jutaan

14/09/2020

Jual beli

8 menit

Mencari mobil Jeep bekas harga Rp 50 jutaan memang cukup sulit, apalagi kalau menginginkan yang kondisinya istimewa. Karena biasanya pemilik Jeep yang merawat kendaraannya dengan baik, maka tak rela melepas mobil kesayangannya itu kepada orang lain.

Lihat juga

Volvo Klaim Punya Fitur Canggih Pertama di Dunia, Apa Itu?

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pabrikan asal Swedia Volvo mengklaim punya fitur canggih yang pertama di dunia. Fitur tersebut memungkinkan pengendara bisa menghirup udara lebih sehat.

Lihat juga

Ini Suzuki Swace, Wagon Terbaru Berbasis Toyota Corolla Hatchback

16/09/2020

Mobil baru

3 menit

Suzuki baru saja mengungkap model terbarunya buah kerjasama dengan Toyota. Suzuki Swace lahir mengusung basis yang sama dengan Toyota Corolla Hatchback.

Lihat juga