Beragam Warna, Bagaimana Perawatan Cat Mobil dan Pemeliharaannya?

Setelah beberapa waktu lalu kita membahas warna-warna populer yang seringkali dipilih oleh pengguna mobil, sekarang kita lihat bagaimana perawatan cat mobil dengan warna yang lebih beragam.

Cintamobil beberapa waktu lalu menjelaskan tentang bagaimana memilih warna mobil dengan tiga perbandingan warna populer yang sering digunakan oleh pengendara; putih, hitam, dan abu-abu. Kali ini kita akan mengetahui bagaimana perawatan cat mobil untuk warna-warna bodi lainnya.

1. Biru Tua Metalik

Banyak yang menyukai warna ini karena kedekatannya dengan warna hitam. Namun karena itulah warna ini memiliki masalah yang sama dengan warna hitam. Warna ini terlihat sama elegannya dengan warna hitam, tetapi dengan sedikit gaya. Perawatan untuk warna biru tua memang tidak sesusah warna hitam, tetapi hampir mendekati.

Gambar yang menunjukan mobil dengan warna biru tua

Biru tua memiliki penanganan yang mirip dengan warna hitam

Warna biru tua sama dengan warna hitam dan warna gelap lainnya; mereka dengan mudah menyerap panas jika dibiarkan berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama. Meskipun tidak semudah warna hitam, tetapi lebih cepat dibandingkan warna terang.

>>> Jangan Malas Membersihkan, Ini 3 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

2. Merah

Merah identic dengan mobil sport dan pengendaraan yang kencang. Mungkin karena merah erat kaitannya dengan Ferrari. Pasalnya, warna merah menurut legenda lebih sering mendapatkan tilang karena ngebut dibandingkan warna lain. Alasannya tidak lain adalah warna merah adalah warna yang paling mudah terlihat.

Gambar yang menunjukan mobil dengan warna merah

Kenapa warna merah selalu identik dengan mobil sport?

Untuk perawatan, warna merah jauh lebih mudah dibandingkan warna hitam, tetapi masih sulit ketika berurusan dengan debu. Merah akan jauh lebih ramah terhadap panas berkenaan dengan sinar UV. Tapi untungnya, warna merah merupakan salah satu warna yang terlihat paling menarik jika mendapatkan polesan yang tepat.

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya hanya disini

3. Burgundy

Bagi yang belum tahu, burgundy adalah warna merah tua, namun lebih erat kaitannya dengan coklat. Warna ini erat kaitannya dengan emosi dan warna gelap yang menciptakan bayangan yang lebih dalam serta kedalaman cat yang berbeda dibandingkan warna yang lebih terang.

Gambar yang menunjukan mobil dengan warna burgundy

Burgundy menghadirkan kemewahan yang unik

Untuk perawatan, sama dengan warna sedikit gelap lainnya, burgundy menyerupai warna hitam. Warna ini juga merupakan penghantar panas yang baik. Meskipun rawat untuk memperlihatkan kecacatan dan ketidaksempurnaan cat, burgundy merupakan salah satu warna yang menawan jika dipoles dengan sempurna.

4. Biru Muda

Biru muda bisa dilihat sebagai warna terang dalam pilihan warna yang seringkali dipakai oleh anak muda. Biru muda bisa dibilang sebagai warna yang cukup aman jika digunakan di udara panas. Karena kecerahan yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, warna biru mudah lebih mudah beradaptasi terhadap panas matahari.

Gambar yang menunjukan mobil dengan warna biru muda

Tidak ada yang salah dengan menggunakan warna biru muda

Masih banyak pro dan kontra tentang warna biru muda yang sering diidentikkan dengan warna milik wanita. Tapi dilansir dari Best Auto Detailing Tips, warna biru muda merupakan salah satu warna yang mudah dalam perawatan dan pemeliharaan.

>>> Dapatkan beragam pilihan mobil bekas terbaik hanya di Cintamobil

5. Abu-Abu Muda Metalik

Meskipun beberapa pengemudi menyebutkan bahwa abu-abu muda merupakan salah satu warna yang elegan dan bersahaja, tapi menggunakan warna ini akan membantu Anda dalam perawatan dan pemeliharaan. Sebagaimana warna abu-abu pada umumnya, warna ini lebih tenang ketika menghadapi sinar matahari yang panas.

Gambar yang menunjukan mobil dengan warna abu-abu metalik

Abu-abu menjadi salah satu warna paling mudah dibersihkan

Dibandingkan dengan tiga warna dasar mobil (putih, hitam, abu-abu), masih banyak warna lainnya yang menarik untuk dibahas. Tapi pada akhirnya, perawatan cat mobil memang membutuhkan penanganan yang teratur dan berkala untuk membuatnya selalu berada dalam kondisi maksimal kemanapun bepergian.

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top