Hati-Hati, Ini Bahaya Menyimpan Hand Sanitizer di Dalam Mobil

23/05/2020

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Hand sanitizer seringkali disimpan di dalam mobil ketika bepergian. Ternyata ada bahaya yang tericipta ketika menyimpan hand sanitizer di dalam mobil untuk waktu lama.

Pada masa pandemik Covic-19, hand sanitizer dan masker menjadi komoditas paling dicari. Bahkan beberapa waktu lalu terjadi kelangkaan dua barang ini. Selain masker, banyak pengemudi yang menyimpan hand sanitizer di dalam mobil untuk mencegah terpapar virus. Tapi ternyata penyimpanan di dalam mobil bisa berakibat fatal.

Mengurangi efektivitas hand sanitizer

Hand sanitizer memiliki senyawa alkohol yang membuatnya ampuh sebagai alat untuk menghilangkan virus yang menempel pada tangan atau kulit. Jika botol hand sanitizer disimpang di dalam mobil yang diparkir di lingkungan dengan suhu yang terus meningkat, kandungan di dalam hand sanitizer akan kehilangan efektivitasnya.

“Jika Anda ingin menyimpannya di dalam mobil, itu tidak masalah. Tetapi Anda tidak disarankan meninggalkannya (hand sanitizer) di dalam mobil seterusnya,” jelas Dr Greg Boyce dari Asosiasi Professor di Universitas Gold Coast Florida kepada ABS News. “Ini menjadi masalah jika Anda meninggalkan pembersih tangan di mobil selama berhari-hari atau berminggu-minggu.”

hand sanitizer berwarna putih disimpan di dalam mobil
Menyimpan hand sanitizer terlalu lama bisa merusak senyawa

Dr Boyce menyebutkan bahwa naiknya suhu menyebabkan bahan aktif dalam pembersih, yaitu alkohol, menguap. Jika hal ini terjadi, maka senyawa di dalamnya tidak mampu memberikan perlindungan yang seharusnya. Oleh karena itu, disarankan untuk menyimpan hand sanitizer di dalam tempat yang sejuk.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga bersaing di sini

Bisa merusak interior

Bukan hanya kehilangan efektivitasnya, namun menyimpan hand sanitizer bisa mengakibatkan masalah lain. Lebih lanjut, peneliti dari Ford menguji mobil pada suhu ekstrim. Mereka menemukan tingkat keausan tinggi pada mobil yang diuji karena senyawa etanol, senyawa alkohol yang digunakan pada sebagian besar hand sanitizer.

 “Ada kasus keausan (komponen interior) yang sangat tinggi di Turki,” jelas Mark Montgomery, peneliti material senior dari Ford di Material Technology Center. “Kami berhasil melacak dan menemukan etanol sebagai faktor penyebabnya.”

>>> Waduh, Ternyata Hand Sanitizer dan Sunscreen Merusak Kabin Mobil

konsol tengah pada kabin mobil yang telah meledak
Hand sanitizer bisa menyebabkan ledakan ketika berada dalam suhu panas

Pada April lalu, sebotol sanitizer meldak ketika ditinggalkan dalam sebuah mobil yang terpapar suhu tinggi. Ledakan tersebut ditenggarai merusak mata seorang anak, Olivia-Layla (11 tahun) yang sedang berada di dalam mobil. Sang ibu diketahui sedang mengambil resep dari apotek ketika meninggalkan putrinya di dalam mobil.

Daiily Mail menyebutkan bahwa suhu kabin dari mobil yang dipakir di bawah sinar matahari langsung bisa mencapai 45 Celsius ketika suhu di luar hanya 21 Celcius. Bayangkan jika suhu lingkungan meningkat menjadi 30 Celcius sebagaimana suhu rata-rata kota di Indonesia?

>>> Tips dan trik lain tentang mobil ada di Cintamobil.com

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top