Waduh, Ternyata Hand Sanitizer dan Sunscreen Merusak Kabin Mobil

16/06/2019

Perawatan dan service

2 menit

Waduh, Ternyata Hand Sanitizer dan Sunscreen Merusak Kabin Mobil
Produk pelindung kulit ternyata tidak selamanya bertugas melindungi. Penelitian yang dilakukan oleh Ford menyebutkan bahwa beberapa komponen dalam hand sanitizer maupun sunscreen bisa merusak kabin mobil. Bagaimana bisa?

Dijelaskan oleh Ford, bahan kimia yang ditemukan dalam produk kesehatan, salah satunya sunscreen dan hand sanitizer tampaknya dapat bereaksi dengan permukaan tertentu dalam interior mobil dan bisa merusak kabin mobil. Sentuhan bahan tersebut bisa membuat komponen kabin mengelupas sebelum waktunya, kecuali jika Anda menggunakan jenis lapisan pelindung khusus.

wanita yang sedang menggunakan hand sanitizer di tangan 
Penggunaan sunscreen serta hand sanitizer bisa berefek buruk pada interior

"Dari pembersih tangan ke lotion berjemur ke penolak serangga, tren konsumen terus berubah, dan produk-produk baru terus muncul di pasar," kata Teknisi Material Senior Ford dari Eropa, Mark Montgomery. "Bahkan produk yang kelihatannya paling tidak berbahaya pun dapat menyebabkan masalah ketika mereka bersentuhan dengan permukaan (interior) ratusan bahkan ribuan kali setahun."

>>> Ini Pentingnya Penumpang Belakang Wajib Pakai Sabuk Pengaman Mobil!

Penelitian yang dilakukan oleh Ford menyebutkan terjadi peningkatan untuk penggunaan hand sanitizer, termasuk gel atau foam (banyak yang mengandung etanol) di pasar Eropa. diperkirakan akan naik 60%. Peningkatan tercatat dari $371,92 juta pada tahun lalu menjadi $592,62 juta untuk lima tahun mendatang.

 kulit setir berwarna hitam yang mengelupas
Komponen dalam hand sanitizer bisa mempercepat pengelupasan pada material kulit

Sunscreen mengandung titanium oksida dalam jumlah besar yang bisa bereaksi dengan plastik dan minyak alami dalam kulit, terutama ketika suhu panas. Peneliti Ford melakukan pengetesan ada suhu 74 ° C. Mereka juga mensimulasikan paparan sinar matahari dan menyinari kabin dengan sinar ultra violet. Komponen plastik juga diuji dalam suhu terendah -30 ° C.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga bersaing di sini

Richard Kyle, Teknisi Material menyatakan. "Ada beberapa kasus pengelupasan (interior mobil) yang sangat tinggi di Turki dan kami berhasil melacaknya. (Penemuan menyebutkan) etanol yang berpotensi menjadi faktor penyumbang (masalah yang terjadi).”

Lihat penelitian Ford tentang bahaya produk kulit terhadap kabin

Penelitian ini menyimpulkan bahan komponen kimia dari produk untuk kulit bisa diformulasikan ulang sehingga menanggulangi bahan-bahan yang bisa merusak kabin mobil. Tapi jika Anda ingin menggunakan hand sanitizer maupun sunscreen, perhatian bagian-bagian yang bersentuhan langsung dengan komponen mobil untuk menjaga interior mobil tahan lama.

>>> Tips dan trik lain tentang mobil ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top