8 Komponen Kendaraan yang Cepat Ganti

Share this post:
8 Komponen Kendaraan yang Cepat Ganti
Oli mesin, busi, aki, lampu, kanvas rem dan bagian kaki kendaraan, kanvas kopling, filter dan ban adalah komponen mempunyai usia pendek dan wajib diganti secara berkala.

Perawatan mobil harus dilakukan berkala. Tujuannya adalah menjaga mobil  selalu prima dan tidak bermasalah saat digunakan. Berikut ini  adalah 8 suku cadang yang memiliki usia pakai relatif cepat dan wajib diganti secara berkala.
 

montir Toyota sedang mengecek mesin mobil
Mengganti suku cadang berdasarkan jadwal setiap pabrikan

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin dan menjaga bagian dalam mesin bekerja dengan baik. Oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Karena harus bekerja keras jadi oli  harus diganti pada 1.000 km pertama pemakaian. Pengganti oli berkala perlu dilakukan.
>>> Baca juga: Mengganti oli di 1000 Km pertama, perlu atau tidak?

 

2. Busi

Alat ini berfungsi untuk memantik api agar pembakaran dalam mesin dapat berjalan. Jika busi sudah kotor dan perlu diganti sebaiknya melakukan  segera. Penggantian busi biasanya dilakukan pada jarak pemakaian 20.000 km dan 50.000 km.
 

pria ini sedang mengecek aki mobil
Kapan harus ganti aki baru?

3. Aki

Aki merupakan bagian penting dalam mobil. Pasokan listrik dari aki mampu membuat seluruh fungsi mobil bekerja secara normal. Saat aki sudah lama dipakai, biasanya 2 atau 3 tahun akan menimbulkan masalah kelistrikan dan sebaiknya segera ganti aki.

4.Lampu

 

gambar jenis-jenis lampu untuk sebuah mobil
Lampu adalah komponen yang cepat ganti
 

Bagian lampu merupakan salah satu komponen yang harus sering diganti. Usia pakainya dipengaruhi oleh masalah kelistrikan atau pemasangannya yang tidak benar dan kerusakan dari luar. Umur pakai lampu saat ini rata-rata 1,5 tahun maksimal penggunaan.

>>> Baca juga: Mengganti wiper mobil, kapan waktu tepat?
 

5. Kanvas Rem dan bagian kaki kendaraan

Fungsi pengereman tidak bisa dipandang enteng. Penggunaan mobil sehari-hari ditambah kondisi berkendara di kota yang didominasi stop and go membuat kanvas rem bekerja keras. Penggantian komponen ini biasanya disesuaikan dengan waktu pemeriksaan rutin kendaraan atau setiap 20.000 km sekali pemeriksaan.

Bagian kaki kendaran memiliki usia pakai pendek. Bagian seperti tie rod, suspensi dan bushing rentan rusak karena jalanan yang dilalui. Justru karena itu harus memeriksa bagian kaki kendaraan. Komponen ini wajib diganti saat terjadi masalah.
 

gambar kanvas kopling mobil
Kanvas kopling mobil

6. Kanvas kopling

Fungsi kanvas kopling adalah membantu mentransfer tenaga mesin ke roda. Kanvas kopling cepat habis karena kondisi jalanan. Penggantian kanvas kopling disarankan saat memasuki 10.000, 50.000 Km atau pemeriksaan saat perawatan rutin kendaraan.
 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman merawat dan servis mobil 
 

7. Filter

Setiap  filter di mobil memiliki usia pakai yang relatif rendah. Fungsinya untuk menjaga kualitas bahan yang digunakan kendaraan sesuai standar dan berjalan sebagaimana fungsinya. Filter ini juga kerja setiap saat sehingga wajib diganti secara berkala. Filter yang kerap diganti adalah filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter pendingin kabin kendaraan. Rata-rata filter tersebut diganti saat 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km dan 50.000 km.

gambar sebuah filter oli mobil
Gambar filter oli mobil

8. Ban

Ban pada kendaraan adalah komponen yang sering diganti karena faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal adalah kondisi jalan atau hobi pengemudi menghantam jalan rusak, serta kerusakan yang disebabkan oleh  benda-benda di jalan seperti paku dan sekrup yang tidak dapat diperbaiki. Kondisi internal adalah kekurangan tekanan atau kelebihan tekanan udara yang tidak disadari oleh pengemudi. Ban biasanya diganti sesudah 40.000 km atau tiga tahun pemakaian.

Inilah 8 komponen mobil yang harus diganti secara berkala supaya mobil tetap bekerja dengan lancar.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top