4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

22/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter
Aki soak sering jadi kambing hitam saat mesin mobil susah dinyalakan. Padahal bukan bukan itu saja, sebab ada banyak penyebab mobil tidak bisa distarter.

Ada banyak masalah kendaraan bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Salah satunya mesin mobil tiba-tiba tidak bisa dihidupkan atau distarter. Bagi yang pernah mengalami hal tersebut jelas mengganggu kenyamanan. Terlebih jika mobil sedang urgent digunakan atau akan digunakan.

Berbicara soal mobil susah distarter, yang pertama terlintas di pikiran biasanya aki bermasalah. Itu tidak salah, karena aki bermasalah memang bisa menyebabkan mobil susah dihidupkan. Meski demikian, itu juga tidak sepenuhnya benar karena ada hal-hal lain yang juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

Penyebab mobil tidak bisa distarter

1. Kinerja aki melemah

Foto aki mobil bersiap untuk diganti

Aki memiliki batas usia pakai

Seiring berjalannya waktu dan selalu mensuplai kebutuhan listrik pada komponen elektrik, stok daya aki secara perlahan turut mengalami penurunan dan kinerjanya melemah secara bertahap. Jika sampai mobil tidak mau menyala saat distarter periksa dengan seksama daya aki. Jika lemah sebaiknya diisi ulang atau dicas. Melemahnya kinerja aki juga bisa disebabkan usia pakai yang sudah sampai batas maksimal (lihat buku manual). Untuk alasan yang satu ini aki sebaiknya diganti dengan yang baru.

>>> Rata-Rata Umur Aki Mobil dan 7 Cara Memperpanjang Daya Tahannya

2. Soket Longgar atau kabel terlepas

Foto melakukan pengecekan kabel listrik

Pastikan tidak ada soket yang terlepas

Bisa saja mobil tidak mau hidup karena soket longgar atau kabel sekring terlepas. Secara otomatis jika ini terjadi tidak akan ada penyaluran energi listrik dari aki ke mesin. Solusinya pasang kembali kabel dan soket secara benar. Pastikan tidak longgar dan tidak mudah lepas.

3. Busi bermasalah

Foto menunjukkan busi mobil dalam kondisi kotor

Busi basah atau kotor bisa menghambat pengapian

Masalah pada busi bermacam-macam, misalnya kotor atau basah kena air. Keduanya akan menghambat percikan api yang berguna untuk menyalurkan energi. Mengatasi hal ini bersihkan busi dari kotoran dan keringkan jika basah kena air.

>>> Honda Beri Sinyal Luncurkan All New City di Indonesia

4. Koil Rusak

Foto memeriksa koil mobil

Barangkali koil rusak hingga mobil susah distarter

Karena terlalu lama dipakai, koil menjadi terlalu panas. Koil sendiri berfungsi untuk menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar. Apabila komponen tersebut rusak, maka juga akan mengganggu aliran energi ke aki, sehingga mobil tidak bisa hidup saat distarter.

Mengingat ada banyak hal menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Dan cara paling sederhana untuk mengantisipasi adalah melakukan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang direkomendasikan.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top