Honda Beri Sinyal Luncurkan All New City di Indonesia

19/06/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Honda Beri Sinyal Luncurkan All New City di Indonesia
All New Honda City baru saja meluncur di India dengan mesin 1.500 cc Naturally Aspirated (NA), Honda Indonesia langsung beri sinyal peluncuran semakin dekat?

Honda akhirnya mengungkap wujud All New City keluaran tahun 2020 di India. All New City sendiri sudah ramai diperbincangkan sejak awal tahun 2020. Di India, All New City dibekali dengan mesin 1.500 cc Naturally Aspirated (NA).

All New City sendiri rencananya baru akan diluncurkan secara resmi pada Juli mendatang. Bocoran spesifikasi yang diberikan pun cukup menjawab rasa penasaran banyak orang. Termasuk soal fitur baru yang telah bocor di media sosial sejak bulan April lalu.

Munculnya All New City di India, seolah menjadi sinyal akan model baru City di Indonesia. Apa kata Honda terkait peluncuran All New City di Indonesia. 

Gambar menunjukkan fitur Honda Lane Watch All New City India

Fitur Honda Lane Watch ini hanya ada di City terbaru India

>>> Honda City India fiturnya lebih lengkap lho, kebet infonya di sini

Kebut Studi

Foto tampilan samping All New Honda City 2020

PT HPM sedang serius kebut studi All New City

Hingga berita ini diturunkan, pihak Honda Indonesia dalam hal ini PT Honda Prospect Motor masih kebut soal studi kebutuhan konsumen Indonesia tentang produk sedan yang satu ini, baik itu fitur hingga pilihan mesinnya.

"Untuk semua fitur yang akan dikeluarkan dalam peluncuran produk baru, tentunya kami menggunakan beberapa study," ungkap Yusak Billy selaku Business Innovation & Sales Marketing Director PT HPM kepada tim Cintamobil.com saat dikonfirmasi semalam (18/6/2020).

Gambar menunjukkan Honda City E CVT 2017 

Inilah tampilan Honda City facelift 2017 yang masih dijual saat ini

Ditambahkan oleh Billy sapaan akrab Yusak Bily, saat ini (All New Honda City) sedang dalam tahap survey untuk menentukan apakah fitur-fitur atau teknologi yang akan dipakai itu sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia atau tidak.

"Jadi dapat dipastikan semua produk yang kami luncurkan itu sesuai dengan kebutuhan disini. Jadi kita tunggu saja nanti ya engine yang dipakai apa yah," timpal Billy lagi sembari mengakhiri percakapan. 

Mesin Turbo Atau Naturally Aspirated?

Gambar menunjukkan mesin P10A2 All New Honda City 2020

Mesin kompak berturbo jadi andalan baru Honda City teranyar

Sebagai informasi, di samping punya pilihan mesin 1.000 cc 3 silinder berturbo dengan kode P10A2, Honda City 2020 juga punya tambahan mesin baru yang kodenya serupa dengan Honda Civic, Honda Accord, Honda Civic Hatchback dan Honda CR-V yang ada di Indonesia. Yakni unit 4 silinider 1.500 cc berkode L15B namun tanpa dilengkapi dengan pemampat udara paksa atau turbocharger. Mesin ini disebut dengan L15B N/A (Naturally Aspirated).

Foto mesin L15B7 All New Honda CR-V VTEC Turbo 2019

Mesin L15B N/A ini basisnya serupa Accord, CR-V dan Civic

Mesin L15B N/A ini sudah mengusung Double Overhead Camshaft (DOHC), berbeda dengan City sebelumnya yang masih menggunakan Single Overhead Camshaft (SOHC) pada mesin L15 'biasa'. Karena mesin L15B ini awalnya memang dikembangkan untuk mesin dengan sistem induksi udara paksa. Pada mesin turbo, mekanisme DOHC cenderung lebih menguntungkan dari SOHC, karena kalau DOHC dapat mengatur overlap valve (klep)-nya lebih lebar, sehingga fleksibilitas tuningnya lebih lebar dari SOHC.

Gambar menunjukkan ilustrasi internal mesin Honda turbo dan Honda NA

Honda City anyar kini punya dua opsi mesin

Lantas kira-kira mesin mana yang akan dipakai? Kami memprediksi jika All New Honda City yang akan dijual di Tanah Air akan menggunakan mesin L15B ini, sebab secara matematis lebih menguntungkan dan durabilitasnya telah terbukti di All New Honda CR-V VTEC Turbo. Apalagi mesin ini juga cukup tahan saat diisi oktan rendah, hal ini diucapkan oleh engineer Honda Jepang saat launching Honda Civic Turbo pertama kali di Indonesia tahun 2016 silam.

Foto All New Honda CR-V VTEC Turbo 2019 diisi BBM Premium

Kami sudah buktikan mesin turbo canggih mampu nenggak Premium

Para tim engineer tersebut pernah menyatakan bahwa Civic terbaru dengan mesin turbo telah mengadopsi material mesin dan desain piston khusus agar mampu memenuhi tuntutan BBM beroktan rendah, dan hal ini tim Cintamobil.com sudah pernah membuktikan sendiri. So, jika di mesin turbo saja kuat nenggak BBM oktan rendah apalagi yang tanpa turbo di mana tekanan udara ke mesinnya tidak besar. Mari kita tunggu saja kejutan dari Honda Indonesia.

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top