3 Cara Merawat Ban Mobil Yang Tidak Terpakai, Dijamin Jadi Lebih Awet

18/10/2019
Punya ban mobil yang tidak terpakai di rumah? Hati-hati, jangan asal simpan ya sobat. Pasalnya, ban punya elastisitas tersendiri sehingga perlu diberikan perawatan khusus. Berikut cara merawat ban mobil yang tidak terpakai.

Memang tak dipungkiri, mungkin di setiap kita punya ban yang tidak terpakai. Salah satu contohnya adalah ban cadangan. Meski hanya dipakai di keadaan darurat saja, itu tak berarti ban serep mobil tidak membutuhkan perawatan. Di sisi yang lain, nyatanya ban mobil tidak memiliki tanggal kadaluarsa, entah itu ban yang sedang dipakai sekarang atau ban mobil yang tidak terpakai.

1. Ban Mobil Tidak Memiliki Tanggal Kadaluarsa

Melansir dari DetikOto, tiap jenis ban mobil memang punya kode produksi pada kulit luarnya. Tapi perlu diketahui bahwa kode produksi tersebut tidak menentukan kadaluarsa ban.

Gambar menunjukkan sebuah ban yang sudah kadaluarsa

Ban tidak memiliki kadaluarsa namun pengguna harus tahu bagaimana cara merawatnya

"Lantas, apakah ban mobil tidak punya tanggal kadaluarsa?" Menanggapi hal ini, Zulpata Zaenal, selaku Manager Proving Ground Bridgestone Tire Indonesia, menyatakan ban mobil tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Asalkan ada beberapa syarat yang dilakukan.

>>> Setiap Orang Harus Punya Ini, Simak Tips Memilih Pompa Ban Elektrik Mobil Terbaik

2. Cara Merawat Ban Mobil Yang Tidak Terpakai

Dalam prosesnya, ban mobil juga butuh perawatan ekstra. Begitu juga soal ban mobil yang tak terpakai atau ban cadangan. Apa saja tipsnya? Berikut kita simak cara merawat ban mobil yang tidak terpakai.

  • Simpan Ban Di Tempat Aman

Kata aman di sini bukan mengartikan aman dari maling ya sobat. Melainkan, Anda harus menyimpan ban di tempat aman dari sinar matahari secara langsung, hujan dan cuaca ekstrim lainnya.

Ban mobil tidak terpakai, lebih baik taruh di mana ya?

Ban yang ditaruh di bawah kolong juga harus selalu dicek kondisinya, minimal satu bulan sekali

Yang paling baik adalah simpan ban di tempat aman yang punya suhu kamar. Sebagai contoh, garasi atau gudang. Jauhkan dari sinar matahari, oli hingga hujan secara langsung.

>>> Musuh Utama Ini Membuat Usia Ban Pendek

  • Cara Memposisikan Ban

Cara merawat ban mobil yang tidak terpakai berikutnya adalah soal memposisikan ban. Zulpata menjelaskan bahwa ban harus disimpan dengan posisi berdiri.

Gambar menunjukkan seorang yang sedang Cara Memposisikan Ban mobil

Paling disarankan adalah memposisikan ban secara vertikal atau berdiri

Bagaimana jika ditumpuk? "Kalau mau ditumpuk, maksimal harus 10," tambahnya. Yang jelas, jumlah tumpukan ban tidak terlalu banyak agar tidak membebani dan dapat mempengaruhi kualitas ban.

>>> Bagaimana Mencirikan Ban Mobil Yang Belum Pernah Dipakai?

  • Tekanan Angin Ban Mobil

Ban yang tidak terpakai dalam jangka waktu lama tentu akan menyusut. Parahnya lagi, jika selama ini Anda tidak pernah mengisi tekanan angin pada ban cadangan. Khawatir menyusut terlalu banyak sehingga tidak bisa digunakan pada kondisi darurat.
Menurut Zulpata Tekanan angin ban mobil untuk segmen mobil penumpang, bisa diisi maksimal 44 Psi atau 3 Kg di setiap ban. Intinya, isi ban mobil tak terpakai dengan tekanan lebih tinggi daripada ban yang dipakai saat ini. "Yang penting ditinggikan saja tekanan anginnya," tuturnya.

Itulah 3 cara merawat ban mobil yang tidak terpakai, jika Anda ingin tahu bagimana cara merawat ban mobil,  simaklah 3 cara merawat ban mobil di sini.

>>> Jangan lupa simak tips dan trik otomotif lainnya di sini

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3

berita lain