Tips Berkendara Aman Menghadapi Truk di Jalan

11/09/2019
Berkendara aman menghadapi truk bisa dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. Karena banyak sekali kasus kecelakaan fatal di jalan raya melibatkan truk.

Jalan raya dipenuhi oleh berbagai macam kendaraan. Ada mobil penumpang, sepeda motor, bus, dan juga truk. Tentunya semua pengguna jalan ini memiliki hak yang sama.

Tetapi sering kali para pengemudi tidak mengerti caranya berbagi jalan dengan pengguna jalan yang lain. Untuk itulah, disini peranan Anda untuk bisa lebih hati-hati ketika harus menghadapi pengguna jalan yang lain tersebut.

>>> Mau Nyalip Truk, Hindari Titik Buta Dan Lakukan Dengan Cepat

Kali ini, tim Cintamobil.com akan berbagi tips berkendara aman menghadapi truk yang ada di jalan raya. Tentunya tips ini menjadi penting, mengingat beberapa kasus kecelakaan fatal di jalan raya disebabkan pula oleh truk.

1. Tetap Tenang

truk di lajur kanan

Jangan panik saat menghadapi truk di jalan

Saat berpapasan atau menghadapi truk ketika tengah berkendara, tetaplah tenang. Banyak pengemudi yang panik saat ada truk dihadapannya. Ukuran yang besar dan laju kendaraan yang cenderung lebih lambat, rasa panik itu membuat ia ingin sesegera mungkin mendahului truk tersebut. Padahal kalau tidak hati-hati, kecelakaan bisa mengintai.

>>> Promo mobil baru yang menarik buat Anda ada disini

2. Cari Momentum Mendahului

mendahului truk

Hati-hati saat mendahului truk

Ketika akan mendahului truk, Anda harus cari momentum paling tepat. Dahului ketika jalan lurus dan lengang. Patokannya, saat spion truk tidak terlihat, maka jangan mendahului truk. Ini karena posisi Anda tidak akan terlihat sopir truk, dan Anda tidak memiliki pandangan jelas terhadap objek di depan truk.

Bunyikan klakson atau lampu beam sesaat sebelum mendahului truk, sebagai isyarat jika Anda ingin mendahuluinya. Jika truk ada di jalur cepat, Anda boleh mendahului dari sebelah kiri. Namun lakukan secepat mungkin dan segera kembali ke lajur Anda setelah truk terlewat.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

3. Jaga Jarak

mobil akan menyalip truk

Jangan terlalu dekat dengan truk

Jaga jarak antara kendaraan Anda dengan truk. Jangan terlalu menempel pada bagian belakang truk, karena truk bisa saja mengerem mendadak. Sebaliknya, jangan mengerem mendadak ketika posisi mobil Anda ada di depan truk. Itu karena truk tidak bisa langsung berhenti saat Anda mengerem. Ini terkait dengan bobot kendaraan tersebut.

4. Perhatikan Muatan

truk kelebihan muatan

Hindari truk yang kelebihan muatan

Jangan lupa untuk memperhatikan muatan pada truk. Jika truk membawa muatan pasir atau sampah yang tidak tertutup, sering kali muatannya tercecer sedikit ke jalan. Dan bukan tidak mungkin, serpihan muatan yang jatuh itu mengenai mobil Anda. Berkendara aman menghadapi truk dengan muatan khusus yang cenderung membahayakan juga perlu Anda perhatikan. Misalnya truk bermuatan gulungan kabel, karena berpotensi lepas dari pengaitnya.

>>> Tips trik lainnya bisa dibaca disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
9

berita lain