Tindakan Sepele yang Bisa Bikin Celaka Ketika Berkendara Saat Hujan

04/01/2020

Pengemudian

5 menit

Tindakan Sepele yang Bisa Bikin Celaka Ketika Berkendara Saat Hujan
Berkendara saat hujan memang butuh konsentrasi lebih tinggi. Selain itu, Anda juga wajib memastikan beberapa perangkat pada mobil bekerja normal. Karena jika tidak, ada potensi kecelakaan di jalan yang bisa menimpa Anda.

Beberapa hari belakangan ini intensitas hujan disejumlah daerah di Indonesia cukup besar. Bahkan tak jarang hujan menimbulkan genangan air dan banjir. Kalau sudah seperti ini apakah artinya Anda stop untuk beraktifitas? Tentu saja tidak.

>>> Mobil Terobos Banjir? Hati-hati 2 Komponen Penting Ini Rusak

Meskipun musim hujan sudah tiba, tetapi aktifitas wajib berjalan seperti bisa. Namun untuk Anda yang menggunakan mobil pribadi saat beraktifitas di musim penghujan, sebaiknya lebih waspada ya. Karena ternyata ada hal-hal sepele yang bisa menimbulkan kecelakaan jika Anda lakukan ketika berkendara saat hujan.

1. Tidak Periksa Kondisi Wiper

wiper mobil

Pastikan wiper berfungsi normal saat berkendara di tengah hujan

Nyetir mobil ditengah guyuran hujan lebat, tentunya membutuhkan fungsi wiper kaca. Jika sebelum berkendara Anda tidak memperhatikan kondisi wiper mobil, maka sudah dipastikan Anda bakal kerepotan di jalan. Bayangkan apa jadinya saat Anda berkendara ketika hujan namun wiper tidak berfungsi?

>>> Promo mobil baru terbaik awal tahun, ada disini

2. Tidak Periksa Kondisi AC

embun di kaca mobil

AC mobil tidak dingin akan menimbulkan embun di kaca

AC mobil bukan hanya bermanfaat saat cuaca panas, namun juga ketika hujan lebat. Jika AC ternyata tidak mampu mengeluarkan hawa dingin, namun hanya berupa hembusan angin, maka akan merepotkan ketika berkendara saat hujan. Karena pada saat semua jendela tertutup, AC yang tidak dingin malah akan membuat kaca jadi berembun. Pandangan ke arah depan ketika nyetir pun jadi terhalang.

3. Tidak Periksa Kondisi Ban

ban mobil gundul

Tapak ban yang gundul akan kehilangan traksi di jalan basah

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

Ban merupakan komponen terpenting ketika mobil melaju, terlebih lagi dalam kondisi ditengah guyuran hujan. Karena melalui ban Anda akan memiliki kendali guna mengemudi dengan aman. Ban yang kurang angin, bocor, atau tapaknya telah menipis, maka akan mempengaruhi daya cengkram terhadap permukaan jalan yang basah.

4. Melibas Genangan Air

mobil melibas genangan air

Waspada saat berkendara ketika hujan dan ada genangan air di jalan

Saat hujan turun begitu lebat, permukaan jalan akan tertutup dengan genangan air. Jika tidak hati-hati atau mengurangi kecepatan mobil, Anda tidak tahu apakah di balik genangan air itu terdapat lubang atau saluran air yang bisa membuat mobil Anda terperosok.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top