Mobil Terobos Banjir? Hati-hati 2 Komponen Penting Ini Rusak

02/01/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Mobil Terobos Banjir? Hati-hati 2 Komponen Penting Ini Rusak
Saat mobil terobos banjir, sebaiknya Anda perhatikan dua komponen penting ini. Karena jika sampai terkena air, maka komponen ini bisa rusak dan mobil akan langsung mogok.

Musim hujan sudah tiba, namun aktifitas tentu saja tak boleh terganggu. Jika Anda menggunakan mobil sebagai transportasi saat musim hujan, tentunya tetap selalu hati-hati di jalan ya. Karena biasanya ketika musim hujan datang, banjir pun ikutan muncul.

Guna menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tentu saja sebaiknya Anda mengindar jika ada titik-titik lokasi banjir. Namun jika harus terpaksa mobil terobos banjir, maka perlu perhatikan beberapa komponen penting berikut ini.

1. ECU

ECU mobil Toyota

ECU bagai otak bagi mobil

>>> Amankah Mobil Listrik Ketika Menghadang Banjir?

ECU bagi mobil-mobil modern sudah seperti otak pada manusia. Peranan komponen ini begitu penting untuk pusat kerja hampir semua sistem pada kendaraan tersebut. Sayangnya, sama seperti komponen elektronik lainnya, ECU mobil juga tidak tahan terkena air.

Karenanya, saat mobil terobos banjir sebaiknya cek posisi ECU kendaraan Anda. Pastikan ketinggan air tidak akan mengenai ECU. Karena kalau komponen ini sampai rusak, maka mobil tidak akan bisa berfungsi. Dan biaya perbaikan ECU pun tidaklah murah.

>>> Promo mobil baru paling menarik ada disini

2. Sistem Pengapian

busi mobil

Saat proses pengapian di mesin terganggu karena ada air masuk, mobil bisa mogok

>>> Ragam mobil bekas berkualitas ada disini

Sistem pengapian juga sama pentingnya bagi mesin kendaraan. Namun sama seperti ECU, musuh utama komponen dalam sistem pengapian juga air. Jika mobil terobos banjir dan kemudian air mengenai beberapa komponen pengapian seperti busi, koil atau delco, maka proses pengapian pada mesin akan terganggu. Sehingga ini akan membuat mobil mogok. Inilah penyebab yang membuat mobil sering mogok ketika melintasi banjir.

Untuk itulah sebaiknya ketika mau nekat mobil terobos banjir, perhatikan posisi ketinggian air. Apakah lebih tinggi dari posisi delco, koil, atau busi mobil Anda atau tidak. Jika ketinggian air lebih dari itu, maka sebaiknya jangan nekat untuk menerabas banjir tersebut.

>>> Tips dan trik lainnya cek disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Mengantisipasi Aquaplaning Di Musim Hujan

03/06/2017

Pengemudian

Ketika Indonesia memasuki musim penghujan, genangan air banyak menghiasi ruas-ruas jalan saat dan setelah hujan turun. Genangan air di jalanan berpotensi mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Salah satu akibat terjadi kecelakaan adalah gejala aquaplaning. Bagaimana cara mengantisipasinya?

Lihat juga

Cara Menyetir Mobil Saat Hujan

28/04/2017

Pengemudian

Pastikan ketinggian air, segera matikan mesin jika jalan di depan penuh dengan air, tutup ujung knalpot dan ganjal dengan jack stand, jangan langsung menyalakan mesin jika mobil terendam adalah cara membantu Anda selamat menyetir mobil saat hujan.

Lihat juga

Tips Dan Pengetahuan Yang Dibutuhkan Untuk Berkendara Ketika Hujan

27/12/2017

Pengemudian

Dengan akhir tahun dan curah hujan meningkat di setiap kota di Indonesia, berkendara ketika hujan mempunyai tantangan tersendiri. Tentunya, menghindari berkendara ketika hujan deras merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menghindari kecelakaan di jalanan. Namun, bagaimana jika kita harus menempuh perjalanan di dalam rintangan hujan deras?

Lihat juga

Review Mitsubishi Lancer Evolution X 2008

26/12/2018

Editor rate:

Sports sedan asal Jepang ini memang memiliki legenda cukup kuat di industri otomotif dunia. Chapter akhir dari keluarga Lancer Evolution ini memiliki pendekatan teknologi yang impresif di masanya, plus performa yang benar-benar track-ready.

Lihat juga

Harga BMW 5 Series 2020: Daftar Harga mobil BMW 5 Series terbaru September

01/09/2020

BMW

BMW 5 Series kini hadir dalam tiga tipe menarik dan dalam dua versi bodi, touring dan sedan. Kira-kira bagaimana tampilan keseluruhan varian BMW 5 Series? Berapa harga BMW 5 Series Desember 2019 ini?

Lihat juga