Mobil Terobos Banjir? Hati-hati 2 Komponen Penting Ini Rusak

02/01/2020
Saat mobil terobos banjir, sebaiknya Anda perhatikan dua komponen penting ini. Karena jika sampai terkena air, maka komponen ini bisa rusak dan mobil akan langsung mogok.

Musim hujan sudah tiba, namun aktifitas tentu saja tak boleh terganggu. Jika Anda menggunakan mobil sebagai transportasi saat musim hujan, tentunya tetap selalu hati-hati di jalan ya. Karena biasanya ketika musim hujan datang, banjir pun ikutan muncul.

Guna menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tentu saja sebaiknya Anda mengindar jika ada titik-titik lokasi banjir. Namun jika harus terpaksa mobil terobos banjir, maka perlu perhatikan beberapa komponen penting berikut ini.

1. ECU

ECU mobil Toyota

ECU bagai otak bagi mobil

>>> Amankah Mobil Listrik Ketika Menghadang Banjir?

ECU bagi mobil-mobil modern sudah seperti otak pada manusia. Peranan komponen ini begitu penting untuk pusat kerja hampir semua sistem pada kendaraan tersebut. Sayangnya, sama seperti komponen elektronik lainnya, ECU mobil juga tidak tahan terkena air.

Karenanya, saat mobil terobos banjir sebaiknya cek posisi ECU kendaraan Anda. Pastikan ketinggan air tidak akan mengenai ECU. Karena kalau komponen ini sampai rusak, maka mobil tidak akan bisa berfungsi. Dan biaya perbaikan ECU pun tidaklah murah.

>>> Promo mobil baru paling menarik ada disini

2. Sistem Pengapian

busi mobil

Saat proses pengapian di mesin terganggu karena ada air masuk, mobil bisa mogok

>>> Ragam mobil bekas berkualitas ada disini

Sistem pengapian juga sama pentingnya bagi mesin kendaraan. Namun sama seperti ECU, musuh utama komponen dalam sistem pengapian juga air. Jika mobil terobos banjir dan kemudian air mengenai beberapa komponen pengapian seperti busi, koil atau delco, maka proses pengapian pada mesin akan terganggu. Sehingga ini akan membuat mobil mogok. Inilah penyebab yang membuat mobil sering mogok ketika melintasi banjir.

Untuk itulah sebaiknya ketika mau nekat mobil terobos banjir, perhatikan posisi ketinggian air. Apakah lebih tinggi dari posisi delco, koil, atau busi mobil Anda atau tidak. Jika ketinggian air lebih dari itu, maka sebaiknya jangan nekat untuk menerabas banjir tersebut.

>>> Tips dan trik lainnya cek disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
26

berita lain