Mengenal Perbedaan Bahan Bakar Pertamax dan Pertalite

10/08/2020

Pengemudian

4 menit

Mengenal Perbedaan Bahan Bakar Pertamax dan Pertalite
Pertamax dan Pertalite merupakan salah satu dari jenis BBM yang dijual oleh Pertamina. Tapi apakah Anda sudah mengetahui perbedaan Pertamax dan Pertalite?

Sejak enam tahun silam tepatnya di tahun 2014 Pemerintah Indonesia telah mencanangkan membatasi penjualan bahan bakar jenis Premium untuk berlahan menghimbau masyarakat menggantinya menggunakan bahan bakar jenis Pertalite.

>>> Cara Mudah Cek Plat Nomor Jakarta Lewat Ponsel

Gambar menunjukan Warna BBM

Setiap BBM memiliki warna yang berbeda-beda

Jika dilihat dari posisinya, Pertalite memiliki nilai oktan 88 berada di antara Premium dan Pertamax dengan oktan 90 dan 92. Nah, bagi Anda yang belum tahu perbedaan Pertamax dan Pertalite lainnya, dilansir dari laman Garda Oto silahkan simak perbedaan lainnya dari keduanya berikut ini.

1. Nilai Oktan

Apabila dilihat dari nilai oktannya, Pertalite memiliki RON (Research Octane Number) 90 sedangkan Pertamax berada diatasnya dengan nilai RON 92. Untuk diketahui, semakin tinggi nilai oktan suatu jenis bahan bakar maka Bahan Bakar Minyak (BBM) akan lebih lama untuk terbakar. Selain itu, kendaraan yang memiliki kompresi tinggi lebih cocok menggunakan bahan bakar beroktan tinggi.

>>> Tak Sampai Rp 500 Juta, Corolla Cross Jadi Mobil Hybrid Termurah Toyota

Gambar menunjukan Polutan yang keluar dari mobil

Tak hanya warna saja, setiap BBM mengeluarkan polutan berbeda juga

2. Warna Cairan

Selain oktan yang berbeda, perbedaan lainnya Pertamax dan Pertalite lainnya bisa dilihat dari warnanya. Untuk diketahui juga bahwa warna cairan dari masing-masing bahan bakar dapat mempengaruhi kinerja mesin. BBM yang tidak memiliki zat warna tambahan bisa memberikan dampak pembakaran sempurna pada mesin. Premium umumnya berwarna kuning cerah (zat warna tambahan), Pertamax berwarna biru kehijauan, Pertamax Plus berwarna merah dan Pertalite hijau terang.

3. Polusi dan Harga

Apapun jenis bahan bakarnya sudah pasti mengeluarkan polusi. Tapi, setiap bahan bakar memiliki tingkat polusi yang berbeda berdasar kualitas dari bahan bakar tersebut. Bisa dibilang bahwa Premium mengeluarkan polusi lebih besar dari jenis BBM lainnya. Maka dari itu Premium sudah tidak direkomendasikan oleh Pemerintah. Sedangkan Pertamax Plus mengeluarkan polusi paling sedikit dibandingkan Pertamax dan Pertalite. Dan jika dilihat harganya saat ini Premium dijual Rp 6.450, Pertalite Rp 7.650, Pertamax Rp 9.000 dan Pertamax Turbo Rp 9.850.

>>> Baca Tips & Trik Otomotif terbaru lainnya hanya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top