Pengidap Fatigue Dilarang Nyetir!

20/07/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Pengidap Fatigue Dilarang Nyetir!
Ketika seseorang merasakan kelelahan alias fatigue, maka kondisi fisik dan mental dari orang tersebut akan menurun drastis. Sehingga sangat dianjurkan untuk tidak diperbolehkan orang tersebut mengemudikan kendaraaan.

Kelelahan bukan sekedar letih pasca melakukan suatu aktifitas yang cukup berat. Namun kelelahan adalah penyakit yang biasanya dipicu akibat bekerja terlalu keras dalam jangka waktu yang lama.

>>> 5 Langkah Untuk Menghindari Mata Lelah Saat Mengemudi

Penyakit ini juga dikenal sebagai fatigue, yaitu ketika seseorang merasa letih dan lemah akibat beban kerjanya yang terus menerus. Kondisi ini dikarenakan kurangnya kuantitas dan kualitas tidur akibat jam kerja yang tidak normal.

Selain bisa merusak kesehatan tubuh, orang yang kelelahan juga dilarang untuk mengemudikan kendaraan bermotor termasuk nyetir mobil.

1. Penyebab Fatigue

kelelahan kerja

Jam kerja terlalu berat pemicu munculnya penyakit ini

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Kelelahan merupakan penyakit yang harus diobati. Kondisi ini tidak seperti orang yang letih dan capek kemudian disarankan tertidur, maka sehabis bangun kondisi tubuhnya akan kembali bugar. Fatigue butuh obat resmi dari dokter dan penanganan khusus.

Penyakit ini banyak melanda warga metropolitan yang memiliki rutinitas sangat padat. Jam kerja yang melebihi jam biologis, atau lebih dari 20 jam per hari, beban kerja yang begitu tinggi, bahkan pekerjaan yang terlalu monoton, menjadi penyebab timbulnya penyakit ini.

2. Akibat Fatigue

pengemudi mobil mengantuk

Jangan biarkan pengidap fatigue mengemudikan kendaraan

>>> Cari mobil bekas berkualitas ada disini

Jika seseorang terkena penyakit kelelahan, maka banyak efek buruk yang bisa timbul. Antara lain sulit untuk mengambil keputusan, sulit diajak berkomunikasi karena selalu merasa mengantuk, dan tingkat konsentrasinya menurun. Kemudian semangat untuk beraktifitasnya juga drop karena selalu merasa lemah dan letih.

Dengan demikian pada akhirnya produktifitasnya ikut menurun dan prestasi kerjanya juga jadi jeblok. Bayangkan jika seseorang yang selalu merasa mengantuk, tidak bisa berkonsentrasi, bahkan sulit diajak berkomuikasi melakukan aktifitas berkendara misalnya nyetir mobil, sangat bahaya bukan...

Untuk itulah para pengidap penyakit fatigue dilarang untuk berkendara!

>>> Tips & trik menarik lain cek disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Hati-hati, Lagu Favorit Bisa Jadi Masalah Saat Mengemudi

20/03/2019

Pengemudian

Mendengarkan musik dan lagu favorit jadi solusi yang paling banyak dipilih pengemudi untuk menghibur diri, mengusir kesepian dan melawan ngantuk. Tahu tidak, ternyata lagu favorit bisa jadi masalah saat mengemudi.

Lihat juga

Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Berkendara

12/07/2017

Pengemudian

Selalu ada air mineral dalam mobil, membuka kaca jendela sedikit, perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, mengemudi maksimal 2.5 jam adalah beberapa cara alamai untuk menghapus rasa ngantuk saat setir.

Lihat juga

Tips Mengemudi Aman Dalam Perjalanan Jauh Pada Malam Hari

05/05/2017

Pengemudian

Mengendarai mobil di malam hari pada dasarnya tentu sama saja dengan saat mengemudi saat siang hari. Kita membutuhkan konsentrasi, waspada dan tentu saja berhati-hati. Namun kondisi malam hari yang gelap, apalagi dalam kondisi jalan yang kurang cahaya tentu juga meningkatkan resiko hal yang tidak diinginkan. Baik itu resiko kecelakaan maupun adanya ancaman tindakan kejahatan. Kunci untuk mengemudi aman dalam perjalanan jauh pada malam hari itu apa?

Lihat juga

Review Toyota Alphard 2018 Facelift, Varian Teranyar Dari Alphard

30/04/2018

Editor rate:

Sebagai salah satu produk unggulan Toyota, Alphard merupakan mobil MPV mewah yang menguasai pasar inisejak pertama kali diluncurkan. Untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi penggunanya, Toyota meluncurkan versi facelift Toyota Alphard 2018 dengan beberapa peningkatan di bagian eksteriornya. Tampilannya yang mewah dengan dimensi besar membuat mobil ini semakin terlihat gagah utuk seri terbarunya ini. Berikut ini adalah review Toyota Alphard 2018 yang baru saja diluncurkan di awal tahun 2018.

Lihat juga

Hyundai Santa Fe 2021: Harga mobil Santa Fe & Promo Januari

01/01/2021

Hyundai

Ajang GAIKINDO Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018, menjadi wadah strategis bagi PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) untuk merilis generasi keempat Hyundai Santa Fe. Bertaraf “All-New”, terdapat banyak perubahan yang disematkan pada model teranyarnya ini. Apa saja fitur terbarunya? Berapa harga Hyundai Santa Fe 2020?

Lihat juga
 
back to top