Penelitian: Interval Lampu Kuning yang Lebih Lama bisa Mengurangi Kecelakaan

03/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Penelitian: Interval Lampu Kuning yang Lebih Lama bisa Mengurangi Kecelakaan
Studi jangka panjang yang dilakukan di persimpangan tertentu di Texas, Amerika, menunjukan bahwa interval lampu kuning yang lebih lama dapat mengurangi jumlah kecelakaan di lampu merah.

Pada tanggal 11 April 2018, Dewan Kota Denton, Texas, memulai percobaan di salah satu dari 12 persimpangan yang dilengkapi dengan kamera lampu merah. Penelitian tersebut dilakukan dengan memperpanjang interval lampu kuning selama satu detik: dari 3.5 detik menjadi 4.5 detik. Sebelumnya, persimpangan ini telah mencatat 91 insiden dalam satu bulan pada April 2017.

lampu lalu lintas dengan lampu kuning menyala

Kota Denton di Texas menerapkan lampu kuning yang lebih lama pada beberapa persimpangan

Pada satu bulan pertama setelah penerapan interval lampu kuning yang lebih panjang di persimpangan ini, yaitu pada Mei 2018, mereka yang menerobos lampu merah berjumlah 19 kendaraan; jumlah terendah selama lebih dari satu tahun sebelum penerapan tersebut dilakukan. Pada Mei 2017, penerobos lampu merah tercatat 40 kendaraan dalam satu bulan.

>>> Melintasi Di Jalan sepi, Ini yang Perlu Diwaspadai dan Dipersiapkan

Penurunan tersebut dipertahankan selama sisa tahun 2018 dengan jumlah tertinggi penerobos lampu merah satu bulan mencapai 25 kendaraan pada September 2018. Namun berarti lebih sedikit dibandingkan pelanggaran terendah sejak Juli 2017. Belum ada data untuk Januari 2019, tetapi tingkat insiden diperkirakan lebih rendah pada Januari 2018.

Meskipun membatasi penerobos lampu merah, persimpangan tersebut melaporkan tingkat kecelakaan yang meningkat untuk tahun 2018. Meskipun tiga kecelakaan yang terjadi sebelum implementasi program, angka tahun lalu memperkirakan satu kecelakaan lebih tinggi dibandingkan dari lima tahun sebelumnya.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

persimpangan yang sepi dari mobil dan motor

Penurunan kecelakaan juga terdeteksi ketika penerapan interval lampu kuning lebih lama

Namun demikian, staf kota Denton senang dengan hasil program dan mengusulkan penerapan interval lampu kuning yang lebih lama di dua persimpangan tambahan. "Departemen Kepolisian Denton mendukung inisiatif, strategi, atau modifikasi yang terbukti akan meningkatkan keselamatan lalu lintas dan mengurangi kecelakaan di dalam kota," kata seorang juru bicara ketika dilansir The Drive.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top