Melintasi Di Jalan sepi, Ini yang Perlu Diwaspadai dan Dipersiapkan

27/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Melintasi Di Jalan sepi, Ini yang Perlu Diwaspadai dan Dipersiapkan
Bepergian ke suatu tempat tidak selamanya melewati jalanan perkotaan yang ramai. Terkadang juga harus melewati jalan sepi dengan sedikit kendaraan berlalu lalang seperti jalan alternatif antar kota non arteri. Yang perlu diwaspadai bagi Anda pengendara mobil dan motor saat melintasi di jalan sepi macam ini banyak hal bisa terjadi, termasuk tindak kriminal para penjahat seperti begal dan perampok. Anda perlu mempersiapkan diri secara matang bila harus melintas di jalur macam ini saat bepergian.

Penting untuk diketahui bagi Anda pengguna kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor, tidak selalu jalan yang Anda lewati ramai oleh lalu lalang kendaraan. Dalam beberapa kondisi jalan yang Anda lewati terkadang sepi dan sangat sunyi disebabkan karena berada jauh dari kawasan perkotaan, jauh dari perkampungan warga, jalanan lama yang sudah tidak digunakan karena ada jalan baru yang lebih ramai, jalan alternatif non arteri atau yang lain.

Foto jalanan sepi di tengah hutan

Jalur lalu lintas tidak selamanya ramai, terkadang juga sepi dari lalu lalang kendaraan

Ketika melintasi di jalan sepi ada beberapa kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi apabila Anda tidak berhati-hati dan waspada terhadap lingkungan sekitar ketika mengendarai mobil. Misalnya saja mengalami gangguan dari makhluk halus, dihadang oleh sekumpulan begal, tersesat, kehabisan bensin, tidak tercukupinya penerangan di sepanjang jalan, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda selalu memberikan perawatan terbaik untuk mobil Anda dengan memaksimalkan kebutuhan-kebutuhannya seperti bensin, lampu, dan lain-lain. Anda juga harus lebih menjaga diri dan lebih waspada terhadap lingkungan sekitar.

>>> Hati-hati, Tas Dan Botol Minum Bisa Jadi Sumber Bahaya di Jalan

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Melintas di Jalan sepi?

Sama halnya seperti berkendara di jalan yang ramai, berkendara dengan menggunakan mobil di jalan yang sepi pun harus tetap menerapkan perilaku yang mencerminkan etika dalam berkendara. Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan Anda ketika berkendara melintasi di jalan sepi tersebut.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan ketika melintas di jalan yang sepi :

1. Berkendaralah dengan tertib dan tidak ugal-ugalan

Perilaku berkendara dengan menggunakan mobil ataupun kendaraan bermotor lainnya ini tidak hanya diterapkan pada jalanan ramai saja, akan tetapi harus juga diterapkan ketika berkendara melintasi di jalan sepi. Jangan sampai Anda berkendara dengan melanggar aturan di jalan seperti kebut-kebutan, melawan arus, ataupun mengendarai mobil dengan ugal-ugalan. Ketertiban dalam berkendara harus selalu diterapkan dimanapun agar mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

2. Jangan lengah saat berkendara

Tidak lengah saat berkendara juga perlu diterapkan ketika Anda melintas di jalan yang sepi. Ketika Anda lengah, bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan ataupun kerampokan. Oleh sebab itu, Anda haruslah konsentrasi dan juga memperhatikan lingkungan sekitar untuk memberikan jaminan keamanan yang prima. Sebaiknya, Anda juga membawa beberapa alat yang bisa bersifat sebagai pelindung diri dan alat komunikasi untuk tetap terhubung dengan keluarga atau kerabat Anda dengan sesekali memberikan kabar.

3. Perhatikan kondisi jalan

Ketika Anda melintasi di jalan sepi mengendari mobil Anda juga perlu memperhatikan kondisi jalan dengan seksama. Hal ini disebabkan jalan yang sepi bisa saja ada tikungan, turunan, ataupun tanjakan tajam dan bisa juga kurangnya penerangan di sana. Oleh sebab itu, Anda harus lebih berhati-hati dan memperhatikan kondisi jalan sepi yang akan Anda lewati tersebut.

>>> Tips Mengendarai Mobil di Jalan Tanjakan

Foto jalan menikung tanpa marka

Hati-hati dengan tikungan tajam di jalanan sepi yang kurang penerangan

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Melintas di Jalan sepi?

Terkadang di awal merencanakan perjalanan Anda tidak mengetahui kondisi jalan yang bakal Anda lewati, Anda tidak tahu kalau Anda juga harus melintasi di jalan sepi yang belum pernah Anda lalui sebelumnya. Mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, Anda perlu mempersiapkan diri secara matang perjalanan Anda sejak awal.

  • Berpikir positif. Yakinlah dengan berbagai persiapan yang Anda lakukan perjalanan Anda akan lancar dan selamat
  • Membaca doa sebelum berkendara dan berdoa selamat perjalanan
  • Mempersiapkan kondisi mobil sebaik mungkin (mesin, bensin, dan lampu penerangan harus dalam keadaan baik dan terisi)
  • Bawa alat perlindungan diri
  • Kabari keluarga dan kerabat mengenai lokasi Anda
  • Lindungi barang berharga agar tidak terlihat mencolok
  • Cari tahu kondisi dan situasi dari jalan sepi yang akan Anda lewati dengan bertanya-tanya kepada teman, saudara atau orang lain yang pernah melintas.
  • Selalu perhatikan keadaan sekitar dan selalu waspada.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Sedang mengecek mobil

Cek kondisi mobil sebelum mulai bepergian

>>> Ikuti terus tips-tips menarik seputar otomotif hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Fitur Keselamatan Ini Berikan Rasa Berkendara Aman Untuk Si Buah Hati

04/01/2019

Pengemudian

Mengajak si buah hati yang masih balita berkendara naik mobil diperlukan perhatian khusus. Orang tua harus benar-benar memperhatikan sisi keselamatannya selama di perjalanan. Fitur keselamatan berikut membantu berkendara aman untuk si buah hati.

Lihat juga

Terjerembab di Jalan Amblas, Lakukan Hal Ini dan Jangan Panik

23/12/2018

Pengemudian

Tak ada yang berharap tertimpa kejadian nahas saat berkendara di jalan raya. Tapi, yang namanya nasib tak ada yang tahu. Apa yang mesti dilakukan jika kebetulan kita terjebak di jalanan yang amblas, tentu harus dipersiapkan agar kejadian lebih buruk tidak terjadi.

Lihat juga

Pahami dan Jangan Ngeles, Mereka Ini Orang-Orang Yang Berhak Didahulukan Di Jalan Raya

26/09/2018

Pengemudian

Tidak semua pengguna jalan raya memiliki hak sama dengan yang lain. Ada beberapa yang mendapatkan prioritas didahulukan dan tidak boleh dihalangi. Mereka lewat yang lain harus mengalah dan memberi jalan. Siapa saja mereka?

Lihat juga

Penelitian: Masih Banyak yang Ingin Mengemudi Sambil Menggunakan Smartphone

11/02/2019

Pengemudian

Meskipun sudah banyak yang menjelaskan bagaimana berkendara sambil menggunakan telepon genggam berbahaya, tetapi penelitian terbaru mengungkapkan sebagian besar pengemudi masih percaya bahwa mengemudi sambil menggunakan smartphone tidak masalah.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Lain Lubuk Lain Ilalang, Ini Dia Peraturan Mengemudi Unik di Beberapa Negara

19/01/2019

Pasar mobil

Jika Anda berkesempatan mengunjungi beberapa negara, terkadang ada banyak peraturan mengemudi unik yang bisa Anda rasakan. Berikut Cintamobil.com tampilkan beberapa di antaranya.

Lihat juga