Mengenal Pentingnya 4 Fungsi Dashcam di Mobil

27/12/2019

Pengemudian

3 menit

Mengenal Pentingnya 4 Fungsi Dashcam di Mobil
Dashcam memiliki fungsi yang menarik yang bisa Anda manfaatkan sebagai pemilik mobil. Fungsi apa saja? Simak baik-baik tips di bawah ini yang harus diketahui.

Dashcam atau dashboard camera menjadi sebuah aksesoris yang saat ini mulai ramai digunakan oleh pemilik mobil. Terlepas dari tren karena mengikuti perkembangan zaman, dashcam tetap memiliki fungsi vital. Utamanya untuk merekam segala aktivitas atau kejadian yang berlangsung di dalam maupun luar (depan) kendaraan.

>>> Yuk Pasang Kamera Belakang Biar Mudah Saat Parkir atau Mundur

Gambar menunjukan Dashcam di kabin mobil

Dashboard camera memiliki fungsi-fungsi yang sangat bermanfaat untuk Anda

Dashboard camera sendiri terdapat beberapa tipe yang bisa digunakan sebagai alat untuk membantu pengawasan atas mobil Anda dan sebagai bukti rekaman seperti yang menghadap ke depan, interior, tipe outdoor dan juga dua channel yakni depan dan belakang.

Untuk diketahui cara kerja dashboard camera mirip seperti kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) yang didesain khusus untuk mobil, yaitu untuk merekam kondisi jalan selama mengemudi. Cara kerjanya didesain dengan otomatis ketika mobil mulai dinyalakan. Fungsinya pun berbeda-beda, berikut fungsi lain dari dashcam  atau dashboard camera yang harus Anda ketahui.

Fungsi dashcam yang pertama bisa menjadi bukti untuk menentukan siapa yang benar dan salah dalam sebuah insiden saat digunakan sebagai alat bukti oleh pihak kepolisian.

Fungsi kedua bisa membantu pihak asuransi menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan dan memudahkan pihak asuransi dan memutuskan apakah Anda berhak mendapatkan pertanggungan cover asuransi atau tidak.

>>> Promo mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

Gambar menunjukan negosiasi asuransi

Salah satu fungsi Dashcam bisa mempermudah perusahaan Asuransi menyelediki penyebab kecelakaan

Fungsi ketiga bisa menjadi menjadi kamera pemantau kondisi di dalam mobil. Manfaat ini biasanya digunakan oleh pemilik rental kendaraan atau taksi online. Termasuk untuk melihat perilaku sopir pribadi dalam berkendara. Alhasil, jika terjadi sesuatu seperti tindak kriminal, rekaman dashcam bisa dijadikan sebagai alat bukti.

>>> Temukan mobil impian Anda di sini

Fungsi keempat dapat memantau kondisi belakang mobil. Dashcam yang menghadap ke dalam juga bisa dipakai untuk memantau kondisi di belakang mobil. Saat mobil ditabrak dari belakang, dapat terlihat apakah penabrak sedang fokus menyetir atau terdistraksi lalai seperti main ponsel.

Menilik dari fungsi kamera dasbor atau dashcam, bisa dikatakan bahwa perangkat ini memiliki banyak manfaat untuk Anda. Selain sebagai bukti saat terjadi kecelakaan, Anda juga bisa memantau kondisi di dalam kabin mobil. Setelah membaca tips ini apakah Anda jadi tertarik menggunakan dashboard camera di mobil Anda?

>>> Tips dan trik lainnya baca disini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top