Mana Lebih Berbahaya, Mengemudi Pakai High Heels, Sandal Jepit, Atau Tanpa Alas Kaki

01/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Mana Lebih Berbahaya, Mengemudi Pakai High Heels, Sandal Jepit, Atau Tanpa Alas Kaki
Beberapa kalangan tidak merekomendasikan pemakaian sandal jepit saat mengemudi karena dianggap berbahaya. Yang lain melarang pemakaian high heels dengan alasan yang sama. Namun ada lagi yang menganggap paling berbahaya adalah mengemudi tanpa alas kaki. Lalu mana yang lebih berbahaya mengemudi pakai high heels, sandal jepit atau tanpa alas kaki?

Ada banyak jenis alas kaki bisa dipakai saat beraktifitas sehari-hari seperti sandal jepit, sandal selop, sepatu kasual, pantofel hingga high heels. Selain melindungi dari berbagai kotoran di jalanan, ada beragam alasan lain orang mengenakan alas kaki. By the way apapun alasannya dan jenis alas kaki yang dipilih, bagi pengemudi alas kaki tak boleh hanya sekedar nyaman dipakai di kaki tapi juga harus nyaman dan aman dipakai mengoperasikan kendaraan.

Foto seorang wanita bersiap mengemudi

Mengemudi tak sekedar kepiawaian mengoperasikan kendaraan

Seperti pembukaan di atas beberapa kalangan tidak merekomendasikan pemakaian sandal jepit saat mengemudi karena dianggap berbahaya. Yang lain melarang pemakaian high heels dengan alasan yang sama. Namun ada lagi yang menganggap paling berbahaya adalah mengemudi tanpa alas kaki. Lalu mana yang lebih berbahaya mengemudi pakai high heels, sandal jepit atau tanpa alas kaki?

Mengemudi Pakai Sandal Jepit

Mengemudi pakai sandal jepit bagi sebagian orang adalah hal biasa dan dianggap tidak terlalu berpengaruh pada keselamatan. Namun sebuah survei yang dirilis Advocate Health Care tahun lalu mengungkap kesimpulan sebaliknya,mengemudi menggunakan sandal jepit sangat berbahaya. Selain bagian alas sandal yang tipis, sandal jepit berpotensi tersangkut pada pedal yang membuat pengendalian mobil jadi berantakan. So, meski terasa nyaman dan simpel, sandal jepit bisa mendatangkan ketidakberuntungan saat mengemudi.

>>> Hati-hati, Tas Dan Botol Minum Bisa Jadi Sumber Bahaya di Jalan

Foto mengemudi pakai sandal jepit

Mengemudi pakai sandal jepit berpotensi tersangkut pedal

Mengemudi Tanpa Alas Kaki

Sebagaimana halnya mengemudi dengan memakai sandal jepit, sebagian orang memilih mengemudi tanpa alas kaki karena merasakan kenyamanan lebih dibanding memakai sandal atau sepatu. Menurutnya dengan berinteraksi langsung dengan pedal gas, rem atau kopling, kaki akan lebih mudah merasakan seberapa besar tekanan yang dibutuhkan. Ini juga berbeda dengan penilaian para pakar keselamatan berkendara. Pendiri sekaligus instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Jusri Pulubuhu beranggapan kaki yang menginjak pedal secara langsung akan mudah terlepas atau terpeleset karena permukaan telapak kaki yang tidak kesat, terlebih saat mengemudi dalam waktu lama atau saat perjalanan jauh. Kaki yang berkeringan berpotensi terpeleset dari pedal.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Seorang wanita mengemudi tanpa alas kaki

Tanpa alas kaki saat mengemudi bisa membuat kaki cepat lelah dan bengkak

Mengemudi Pakai High Heels

High heels atau sepatu hak tinggi merupakan salah satu model sepatu yang biasanya dipakai oleh wanita karena memang modelnya yang feminin. Sepatu ini bisa dikatakan juga sepatu yang susah untuk dipakai yang maksudnya adalah bagi orang yang belum terbiasa menggunakan high heels maka akan sedikit kesusahan karena memang sepatu ini modelnya berhak tinggi. Butuh penyesuaian untuk menggunakan sepatu high heels dan apa jadinya jika sepatu model ini dipakai untuk mengemudikan mobil? Tentu sedikit sulit untuk dibayangkan karena ini bukan merupakan suatu hal yang umum terjadi. Namun bagaimana jika memang digunakan untuk mengemudikan mobil? Jawabannya sangat berbahaya. Mengapa demikian?

High heels yang notabene sepatu yang susah untuk digunakan untuk aktifitas sehari-hari jika diterapkan atau digunakan untuk mengemudikan juga lebih susah dibanding yang lain. Kaki yang biasanya mudah untuk menginjak pedal gas, rem bahkan kopling, jika menggunakan high heels akan kesusahan untuk menginjak dengan pas pada pedal-pedal tersebut. Belum lagi hak tinggi dibagian tumit sepatu bisa saja menghalangi perpindahan kaki dari pedal rem ke pedal gas atau sebaliknya.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Foto mengemudi pakai high heels

Hak hinggi sepatu high heels bisa menghalangi perpindahan kaki dari satu pedal ke pedal lain

Kesimpulannya, mana lebih berbahaya mengemudi pakai high heels, sandal jepit atau tanpa alas kaki? Semuanya berbahaya dan tidak direkomendasikan. Yang lebih baik adalah mengemudi dengan mengenakan alas kaki berupa sepatu. Selain desainnya yang kokoh dan cukup melindungi semua sisi-sisi kaki, menggunakan sepatu tidak membuat kaki cepat lelah.

>>> Simak info tips dan trik lainnya tentang mobil hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top