Lebih Aman, Kenali Konsep Kursi Whiplash Injury Lessening

27/10/2018

Pengemudian
Inovasi terus dihadirkan dalam dunia otomotif termasuk dalam hal keaanan. Salah satunya adalah hadirnya konsep kursi Whiplash Injury Lessening. Apakah itu?
Fitur keselamatan menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh konsumen sebelum membeli mobil. Semakin lengkapnya fitur keselamatan, diharapkan mampu menghindari cedera yang fatal bila terjadi kecelakaan. Salah satu cara pabrikan untuk meningkatkan keselamatan penumpang dan pengemudi adalah menciptakan desain khusus kursi sesuai struktur tubuh manusia atau biasa disebut Whiplash Injury Lessening. 
 
 
Ketika terjadi kecelakaan, salah satu  yang bisa tertimpa pada penumpang dan pengemudi adalah cedera leher dan tulang belakang. Umumnya cedera tersebut terkena karena kondisi kepala dan badan yang bergerak secara berlawanan. Pabrikan pun terus berinovasi dan melakukan pengembangan pada bagian kursi.

Pengemudi dan penumpang lebih aman melalui konsep WIL

Konsep WIL (Whiplash Injury Lessening) ini sudah diaplikasikan pada Toyota Vios dan Yaris

Adapun fitur Whiplash Injury Leasing (WIL) ini dikembangkan oleh Toyota dengan mendesain posisi sandaran frame dan memadatkan jok. Desain WIL ini pun sudah diaplikasikan pada banyak lini produk Toyota saat ini.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

Salah satu keunggulan dari desain kursi WIL ini adalah memiliki struktur yang mengikuti lekuk tubuh penumpang dan pengemudi di baris depan. Toyota mendesainnya dengan menimbulkan efek tenggelam ke dalam kursi. Tidak hanya desain tapi juga kekakuan sandaran kursi serta frame yang membuat gerak pinggang dan kepala dibatasi.

Melindungi tubuh bagian belakang

Dari penjelasan ini, konsep WIL tidak hanya melindungi leher tapi juga tulang belakang

Saat melakukan pengembangan, Toyota mengujinya dengan THUMS (Toyota Human Model for Safety). Diklaim bahwa kursi WIL mampu menjaga kepala dan dada dari cedera. Tidak hanya itu, kursi WIL juga membuat tampilannya terlihat sporty  juga meningkatkan kenyamanan berkendara khususnya saat Anda menempuh jarak jauh.

>>> Tips dan trik otomotif terpercaya bisa Anda dapatkan di sini

 
back to top