Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Jauh Mobil di Malam Hari

28/07/2020

Pengemudian
Share this post:
Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Jauh Mobil di Malam Hari
Lampu jauh berfungsi meningkatkan visibilitas pengendara di malam hari. Menyalakan lampu jauh tak bisa asal-asalan agar tak menggangu pengendara lain.

Menyetir di malam hari menjadi salah satu masalah tersendiri bagi para pengendara. Suasana jalan yang gelap membuat visibilitas pengendara berkurang. Apalagi jika mobil harus dipacu dengan kecepatan tertentu seperti saat melintas di jalan tol. 

Salah satu cara untuk menambah visibilitas di malam hari adalah menggunakan lampu jauh. Memang tak menjamin Anda bakal selamat di jalan tapi setidaknya dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan.

Selain menambah visibilitas, penggunaan lampu jauh juga dapat mempertajam hal lain di sekitar jalan. Di samping itu, pengendara juga dapat menyadari warna-warna mobil di sekitarnya. Lantas kapan menggunakan waktu yang tepat menyalakan lampu jauh?

menyalakan lampu jauh

Menggunakan lampu jauh tak bisa sembarangan

>>> Silaunya Berbahaya, Bijaklah Menggunakan Lampu Jauh

Digunakan di Tempat Gelap

Mengutip Cars From Japan, Selasa (28/7/2020), penggunaan lampu jauh memang paling pas di jalanan yang sangat gelap. Seperti diketahui, tak semua jalan memiliki penerangan yang baik dan berimbas terhadap minimnya visibilitas pengendara. 

Jika Anda mengemudi di malam hari di jalanan yang minim cahaya penerangan, ada baiknya untuk menggunakan lampu jauh guna memberikan penglihatan ekstra. 

Janganlah memacu mobil dengan kecepatan tinggi bila jalanan yang dilalui tak familiar karena jarang Anda lintasi. Dengan begitu, Anda juga bisa meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan seperti menabrak orang atau pengguna jalan lainnya. 

>>> Awal Tahun 2020 Autovison Luncurkan Empat Produk Lampu LED Terbaru

Ini juga berlaku saat Anda melewati jalanan yang padat penduduk. Dengan mengaktifkan lampu jauh, Anda bisa terhindar dari menabrak binatan yang seringkali melintas secara tiba-tiba. 

menyalakan lampu jauh

Hindari menggunakan lampu jauh saat cuaca buruk

Jalan Tol tapi Minim Penerangan

Sebagian besar jalan tol memang telah dibekali lampu penerangan. Tapi ada beberapa ruas jalan tol yang justru masih gelap ketika malam hari. Bahkan penerangan hanya berasal dari lampu mobil yang ada. 

Anda bisa menyalakan lampu jauh tapi dengan catatan kendaraan di depan memiliki jarak yang jauh supaya tak mengganggu penglihatan pengendara tersebut. 

Bilamana Anda menggunakan lampu jauh namun jarak dengan pengendara di depan sangat dekat ini tentu akan menyilaukan dan membahayakan pengendara lain. 

Tidak juga disarankan untuk menggunakan lampu jauh ketika berkendara saat cuaca buruk seperti hujan ataupun berkabut. Pancaran sinar lampu justru membuat visibilitas memburuk. Cahaya yang terpancar dari lampu jauh dan bertemu dengan partikel air akan terefleksi sehingga mengganggu penglihatan pengendara. 

>>> Baca Tips & Trik Otomotif lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Tips dan Trik Mengganti Lampu Depan Mobil di Rumah

06/01/2018

Perawatan dan service

3 menit

Mempunyai mobil yang mewah tidak berarti apa-apa jika lampu depan mobil anda rusak. Jika lampu depan rusak, tidak butuh usaha lebih untuk mengganti lampu depan mobil. Mengganti lampu depan bisa dilakukan di rumah dengan peralatan yang tidak begitu susah.

Lihat juga

Beberapa Penyebab Lampu Indikator Kantong Udara Menyala

12/12/2017

Perawatan dan service

3 menit

Meskipun ada banyak keadaan lampu indikator pada dashboard menyala, jarang sekali lampu indikator kantong udara menyala. Menurut para ahli, jangan panik jika teman menemukan lampu indikator kantong udara/airbag menyala pada dashboard. Panik akan hal ini bisa mempengaruhi ketenangan teman dalam berkendara.

Lihat juga

Lampu Indikator Menyala Terus Artinya Ada yang Tak Beres dengan Mobil

10/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Lampu indikator mobil seharusnya segera mati saat kunci diputar ke posisi ON. Jika menyala terus hampir bisa dipastikan ada sesuatu yang tidak beres dan perlu pengecekan.

Lihat juga

Awas Konsleting, Jangan Lupa Bersihkan Lampu Mobil Setelah Banjir

09/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Selain mesin, suspensi, dan interior, bersihkan lampu mobil setelah banjir adalah hal yang jangan sampai terlewat. Karena ada bahaya konsleting pada lampu jika bagian ini masih terdapat air atau lumpur sisa banjir.

Lihat juga

Perhatikan Guys, Pasang Lampu Rem Kelap-Kelip Bisa Kena Denda Setengah Juta Rupiah

01/01/2020

Pengemudian

3 menit

Lampu rem kelap-kelip bikin penampilan jadi menarik. Sayang, hal tersebut melanggar aturan, dan Anda bisa kena sanksi denda hingga setengah juta rupiah.

Lihat juga