Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof Dan Panorama Roof Pada Mobil

06/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Ini Perbedaan Sunroof, Moonroof Dan Panorama Roof Pada Mobil
Pernahkah terbesit dalam pikiran Anda mengenai perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof pada mobil? Nyatanya, ketiga hal tersebut memiliki perbedaan yang signifikan loh sobat. Memang tak dipungkiri, fitur ini banyak dimiliki pada mobil kelas menengah ke atas.

Jika Anda pernah mengendarai Toyota Alphard atau mobil sekelasnya, fitur Sunroof hingga Panorama Roof pasti sudah sering Anda temui. Apalagi jika sering menonton konten Youtuber yang mana kabin interior-nya terasa terang terkena sinar matahari. Ya, memang itulah salah satu fungsi dari fitur tersebut. Namun jika melihat dari pengoperasiannya, terdapat beberapa jenis kaca atap mobil.

1. Sunroof

Jenis kaca atap mobil ini menggunakan konsep bukaan yang sama persis dengan kaca ventilasi bus kota. Ketika dibuka, kaca akan naik menuju ke arah atas atap. Kelebihan Sunroof adalah memberi pencahayaan alami pada kabin mobil serta penumpang dapat mengamati pemandangan alam dari atapnya.

Sunroof menggunakan model mirip ventilasi pada bus kota

Sunroof dibuka dengan atap mengarah ke atas

Salah satu mobil yang menggunakan Sunroof model ini adalah Nissan Elgrand. Namun bedanya, Elgrand menggunakan dua panel kaca sehingga terlihat lebih jelas pemandangan langit khususnya pada malam hari.

>>> Simak ulasan dari mobil terbaru yakni All New Nissan Serena 2019 di sini

2. Moonroof

Moonroof sendiri memiliki kinerja bukaan kaca yang berbeda. Pada Moonroof, kaca yang dibuka akan masuk ke dalam atap mobil. Tentu hal ini berbeda dengan kinerja Sunroof yang mana ketika kaca akan mengangkat ke atas ketika dibuka.

Moonroof umumnya digerakan dengan tombol otomatis

Moonroof menerapkan pengoperasian dengan cara mode geser

Kelebihan Moonroof adalah aliran udara dapat masuk ke dalam kabin secara sempurna. Adapun model kaca atap mobil ini umumnya menggunakan tombol otomatis sehingga terkesan lebih praktis.

>>> Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

3. Panorama Roof

Jenis kaca mobil yang terakhir adalah Panorama Roof atau sering juga dikenal dengan sebutan Panoramic Sunroof. Khusus model ini, kacanya memiliki ukuran besar dan bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Umumnya, kaca model ini diaplikasikan pada mobil bertaraf mewah seperti Nissan Serena.

Panorama Roof memiliki visibilitas pandang yang lebih luas

Panorama Roof memiliki ukuran hampir sebesar atap mobil

Pada model ini yang bergerak adalah panel atap di bawahnya sehingga pengendara dapat mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam kabin sesuai keinginan. Pasalnya, kaca ini tidaklah bergerak seperti model lainnya. Hanya sebatas permukaan kaca yang tidak bisa ditutup maupun dibuka.

Kelebihan Panorama Sunroof yang lain adalah visibilitas pemandangan yang lebih luas dibanding kedua model sebelumnya. Adapun model satu ini umumnya sudah dilengkapi tirai serta kaca Anti Ultraviolet. Tentu menjadi hal menarik bagi penumpang untuk dapat melihat taburan bintang di malam hari atau hijaunya pepohonan di siang hari.

>>> Simak informasi menarik lainnya seputar dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top