Review All New Nissan Serena 2019

16/04/2019
editor rate: 4,9 user rate: 4,5
All New Nissan Serena 2019 yang baru saja diluncurkan Februari 2019 di Indonesia ini hadir dengan segudang teknologi yang mutakhir. Namun apakah segudang teknologi dan kenyamanan yang lebih baik bisa membuat mobil ini cocok untuk kebutuhan keluarga di Indonesia?

PENGANTAR Nissan Serena 2019

Review All New Nissan Serena 2019 - MPV yang memulai debutnya pada tahun 1991 ini konsisten menyajikan kenyamanan bagi penumpang dan pengendaranya. Tidak terkecuali untuk model terbaru All New Nissan Serena 2019, yang meluncur di Indonesia per Februari 2019. Mobil MPV berkode bodi C27 ini menawarkan banyak teknologi baru yang membuat ia lebih bersinar dibandingkan rival di sekelasnya.

Tampak All New Nissan Serena 2019 berwarna merah diluncurkan

All New Nissan Serena 2019 diluncurkan di Indonesia

Nissan Serena hingga hari ini sudah memasuki generasi kelima. Tapi hanya ada 4 model yang hadir di Indonesia. Masing-masing oleh generasi perdana Nissan Serena C23 tahun 1991 ke Serena C24 tahun 1999. Dimana saat itu C23 hadir dengan konsep cab-over (mesin berada di bawah pengemudi dan penumpang) ke C24 dengan penempatan mesin di depan bonnet (hidung) dan adanya varian long wheelbase di Taiwan. Yang kedua adalah dari Serena C26 ke Serena C27 ini. Dari bentuk dominan membulat pada C26 ke mengotak C27.

Gambar menunjukkan Keluarga Nissan Serena dari generasi pertama sampai saat ini

Deretan keluarga Nissan Serena dari C23 ke C24 (atas), C26 ke C27 (bawah)

Namun lebih jauh dari semua 'pergantian' pendekatan Nissan Serena, All New Nissan Serena 2019 yang baru saja meluncur ini memiliki banyak potensi penampilan dan daya tarik, yang membuat mobil ini sebagai MPV keluarga medium high idaman keluarga Indonesia. Untuk itulah kami masih mengulik lebih lengkap seputar mobil ini dalam ulasan review All New Nissan Serena 2019 berikut ini.

EKSTERIOR Nissan Serena 2019

Review All New Nissan Serena 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampak tampilan depan All New Nissan Serena 2019 berwarna putih

Beginilah tampilan depan All New Nissan Serena 2019 jika dilihat dari sisi depan secara frontal

Kami dari Cintamobil.com merasa mobil-mobil Nissan terbaru saat ini banyak yang desain eksteriornya lebih ke arah bentuk mengkotak yang macho namun tetap elegan dibanding desain ‘aman’ yang membulat. Tentu saja All New Nissan Serena 2019 yang baru saja menyapa publik Indonesia di bulan Februari 2019 ini bukanlah suatu pengecualian.

Kesan fascia depan yang lebih tegas juga disajikan V-Motion Grille yang kini menjadi identitas utama dari penampilan seluruh jajaran Nissan saat ini. Adapun lampu depan menganut konsep dual layer yang sporty, macho, sekaligus elegan. Kecanggihan dari headlight yang digunakan pada All New Nissan Serena 2019 terletak pada penggunaan teknologi Automatic LED Projector dengan Auto Leveling dan Signature Lamp untuk All New Nissan Serena Highway Star 2019 dan bohlam halogen biasa untuk All New Nissan Serena dengan tipe X-grade.

Review All New Nissan Serena 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampak tampilan samping All New Nissan Serena 2019 tipe Highway Star

Tampilan samping All New Nissan Serena 2019 tipe Highway Star

Desain mengkotak terus berlanjut ke bagian sampingnya. Tarikan garis dari lampu depannya terus mengalir ke bagian samping belakang rel power sliding doornya. Trik desainer Nissan ini bisa dibilang cerdas, karena berkat tarikan garis tersebut, seolah rel tersembunyikan. Catatan menarik ialah All New Nissan Serena hadir dengan dua format warna, dimana bagian pilar hingga atap diberi kelir warna hitam yang seakan memberikan efek floating roof, sehingga kesan elegan lebih terpancar pada sang Medium MPV ini.

Untuk memaksimalkan visibilitas, Nissan mendesain pilar A yang lelbih tipis, serta visibilitas mulai dari kaca depan landai hingga kaca samping semua dirancang dengan ukuran besar, sehingga tidak membuat efek klaustrofobia kepada pengemudi dan penumpang kabin. Pendekatan lebih futuristik disajikan Nissan dengan teknologi Intelligent Sliding Door, yang akan Cintamobil.com bahas dalam bagian terpisah di fitur All New Nissan Serena 2019.

Review All New Nissan Serena 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampak tampilan belakang All New Nissan Serena 2019 tipe HWS

Tampilan belakang All New Nissan Serena 2019 tipe Highway Star

Bila pada generasi sebelumnya desain taillight memanjang di pilar C hingga ke rel sliding door pintu samping, kini pada All New Nissan Serena 2019 desainnya jauh lebih kompak. Apabila dilihat dari bagian samping, desain taillight ini seolah menyatu dengan lekukan garis pada kaca. Kaca belakang layaknya Nissan Serena terdahulu yang memiliki desain besar, namun kini terdapat panel chrome yang seakan menandakan separasi antara bagian kaca dan pintu bagasi, dimana oleh desainer Nissan dirancang untuk kebutuhan dual back door

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Nissan Serena 2019

Review All New Nissan Serena 2019 : Dashboard & Setir

Penampilan dashboard All New Nissan Serena 2019 berkesan berani, futuristik, namun tetap mewah. Desain panel spidometer digital dengan layar 7 inci Advanced MID with integrated Around View Monitor & Moving Object Detector memanjang dari bagian tengah dasbor atas ke bagian kanan membuat kesan elegan. Belum lagi penggunaan setir sport steering wheel with flat bottom berdesain baru, yang dirancang demi meudahkan akses keluar masuk bagi pengemudi yang memiliki postur tubuh besar. Layout interior Medium MPV ini juga semakin menyenangkan dengan banyaknya ruang penyimpanan baik terbuka maupun tertutup.

Gambar menunjukkan desain bagian dashboard mobil All New Nissan Serena 2019

Layout Interior All New Nissan Serena 2019

Review All New Nissan Serena 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan bagian kursi mobil All New Nissan Serena 2019 yang memberikan rasa nyaman kepada semua penumpang

Nyaman Bagi Seluruh Penumpang Merupakan Citra All New Nissan Serena 2019

Duduk di kabin All New Nissan Serena 2019 ini saat perjalanan jauh pastinya enggak akan melelahkan. Karena  All New Nissan Serena 2019 menggunakan kursi leather dengan spinal support, yang didesain untuk mendukung dada dan panggul penumpang agar mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Seakan mewarisi kehebatan pendahulunya dalam akomodasi penumpang, All New Nissan Serena 2019 juga masih punya fitur bangku yang dapat diatur secara fleksibel. Selain bangku jok baris pertama yang memiliki armrest terpisah, pada jok baris kedua juga menggunakan format Captain Seat dengan Long Slide Function, dan untuk penumpang jok baris ketiga bisa lebih mudah keluar ke dalam kabin dengan memajukan jok baris kedua menggunakan foot pedal.

Gambar menunjukkan fleksibilitas jok baris kedua All New Nissan Serena 2019

Fleksibilitas jok baris kedua All New Nissan Serena 2019 terbukti saat Cintamobil.com eksperimen dengan merebahkan penuh jok baris kedua

Berdasarkan eksperimen Cintamobil.com, jok baris kedua masih bisa dirombak menjadi kasur berjalan jika dibutuhkan. Kemampuan unik inilah yang kemudian menambah faktor fleksibilitas yang menjadi kunci utama All New Nissan Serena 2019.

Review All New Nissan Serena 2019 : Bagasi

Gambar menunjukkan keluasan ruang  bagasi All New Nissan Serena 2019

Ruang bagasi All New Nissan Serena 2019 mampu memuat 1 tas golf penuh dengan kondisi tidur

Ruang bagasi All New Nissan Serena 2019 mungkin "terlihat" biasa saja karena ruang yang cukup terbatas dalam kondisi semua jok digunakan. Tapi anggapan kami terpatahkan karena satu tas golf bisa muat penuh di dalam dalam kondisi tidur karena posisi interior yang lebar dan tinggi plus rata lantai, sehingga tidak sampai mengganggu kenyamanan semua penumpang. Jika dirasa ruang bagasi kurang cukup, tinggal dilipat jok baris ketiga dan tersaji ruang bagasi luas lebih luas dan cukup untuk menyimpan sepeda atau barang bawaan berukuran ekstra besar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Nissan Serena 2019

Review All New Nissan Serena 2019 : Dual Back Door

Penggunaan fitur dual back door menjadi salah satu strategi Nissan dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna All New Nissan Serena 2019. Tanpa harus effort membuka seluruh pintu bagasi apabila berada dalam ruang sempit, Anda tetap bisa mengakses ruang bagasi. Caranya dengan membuka bagian kaca dari pintu bagasi, yang mana tombol elektrik pembuka pintu bagasi kaca ini terdapat di balik logo Nissan. 

Gamabr menunjukkan Fitur Dual Back Door Pada All New Nissan Serena 2019 Yang Memudahkan pengguna

Fitur Dual Back Door pada All New Nissan Serena 2019 

Review All New Nissan Serena 2019 : Touchless Sliding Door

Selain fitur dual back door tadi yang sangat memudahkan, masih ada lagi fitur baru pada All New Nissan Serena 2019 yaitu Touchless sliding door. Untuk menggunakan fitur ini Anda hanya perlu mengayunkan kaki persis dibawah tuas pintu geser mobil All New Nissan Serena 2019 ini.

Gambar menunjukkan Tic Tac Door Pada All New Nissan Serena 2019

Touchless Sliding Door pada All New Nissan Serena 2019

Review All New Nissan Serena 2019 : Advance MID 7" TFT with AVM Integration

Gambar menunjukkan Tampak Panel instrumen digital All New Nissan Serena 2019

Tidak hanya berfungsi sebagai panel indikator rpm, namun juga dapat berfungsi menampilkan citra dari kamera parkir

Satu lagi hal yang menyenangkan pada All New Nissan Serena 2019 adalah tampilan pada panel MID di tengah dashboard. Terlihat lebih clean, futuristis namun tetap informatif. Tentunya, tersedia informasi seputar on board computer, takometer, pengaturan fitur di mobil, ECO Indicator, serta informasi lain yang di olah sangat menarik pada layar ini. Dan karena mobil ini sudah menggunakan intelligent around view monitor dengan moving object detector, maka penampilan citra kamera partir mobil ini ditampilkan di layar ini.

Gamabr menunjukkan Tampak Panel instrumen All New Nissan Serena 2019

Panel Instrumen Futuristis Di All New Nissan Serena 2019

Review All New Nissan Serena 2019 : Infotainment

Gambar menunjukkan Fitur Audio All New Nissan Serena 2019

Apple CarPlay tersedia di sistem Multimedia Display with Smartphone Connectivity yang digunakan All New Nissan Serena 2019

All New Nissan Serena 2019 memiliki sistem hiburan Multimedia Display with Smartphone Connectivity berpadukan layar 11 inci Roof Monitor. Menariknya adalah mobil ini juga dilengkapi 7 titik USB Port di semua baris jok, dengan dua USB Port bisa dikoneksikan ke sistem hiburan. Tapi yang lebih penting adalah sistem head unit mobil ini sudah dibekali Mirror Link dan Apple CarPlay, yang memudahkan Anda mengakses navigasi, file audio, dan bahkan telepon tanpa harus membuka ponsel saat berkendara

>>> Mencari Minivan Bergaya Gagah? Simak Tips Lengkap Membeli Mitsubishi Delica Bekas

OPERASI Nissan Serena 2019

All New Nissan Serena 2019 ini masih menggendong mesin yang sama dengan pendahulunya, yakni unit MR20 2.0 liter 4-silinder CVTC yang mampu menghasilkan tenaga 150 Ps dengan torsi 200 Nm. Mobil ini menyalurkan tenaga ke roda depan melalui transmisi Xtronic CVT. Dan untuk membuat mesin lebih efisien, terdapat peningkatan lewat penggunaan coating pada bagian piston dan ring piston, serta kompresi mesin lebih tinggi 1:12,5. Sistem transmisi Xtronic CVT pada All New Nissan Serena 2019 juga dibekali teknologi Adaptive Shift Control (ASC) yang bisa secara cerdas membaca gaya mengemudi, yang ditranslasikan menjadi performa yang dibutuhkan.

Gambar menunjukkan team Cintamobil.com saat Test Drive All New Nissan Serena 2019

Cintamobil berkesempatan mencicipi sejenak All New Nissan Serena 2019

Kami berkesempatan mencoba mobil ini dalam sesi Media Drive All New Nissan Serena 2019 di Jakarta, Senin (15/4) lalu. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk mencoba All New Nissan Serena 2019. Secara garis besar, karakter berkendara pada All New Nissan Serena 2019 terasa lebih effortless. Mengendalikan setir terasa sangat mudah karena berat setir mengikuti kecepatan mobil. Semakin pelan Anda berkendara, maka setir bisa lebih mudah dikemudikan. Hal ini sangat berimbas pada proses parkir yang terasa sangat mudah, yang bahkan bisa digerakkan hanya dengan gerakan ringan satu tangan. 

Secara tingkat kenyamanan, mobil ini cenderung memiliki bantingan suspensi yang lembut. Hanya saja karena ground clearance mobil ini yang cukup rendah, membuat perjalanan harus berhati-hati apabila melewati jalanan dengan kontur yang jelek. Dan perlu dicatat, karena mobil ini menggunakan transmisi CVT, maka jangan harap untuk performa yang agresif bisa disajikan Medium MPV ini. Khas transmisi mobil CVT, termasuk juga All New Nissan Serena 2019, ialah proses penyaluran tenaga cenderung tertahan, dan sulit untuk diajak berlari kencang dalam waktu singkat. Cara paling enak untuk memaksimalkan performa mobil ini adalah dengan menekan pedal gas perlahan dan biarkan mesin mengeluarkan performa maksimal secara lembut.

Untuk memberikan ketenangan saat berkendara, mobil ini sudah dilengkapi serangkaian fitur keselamatan mutakhir dan penting dimiliki untuk Medium MPV saat ini. Teknologi tersebut ialah ABS, EBD, BA, Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, dan Hill Start Assist. Dan apabila terjadi insiden, selain terdapat perlindungan melalui seatbelt di semua jok, terdapat pula 6 airbag yang meminimalisir resiko luka akibat insiden kecelakaan.

 

Gambar menunjukkan desain bagian Mesin All New Nissan Serena 2019

Jantung pacu All New Nissan Serena 2019 berkekuatan 150 PS dan torsi 199 Nm

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang promosi mobil-mobil lainnya, silahkan klik sini

spesifikasi Nissan Serena 2019

Berikut ini adalah spesifikasi All New Nissan Serena 2019.

Dimensi/ Ukuran All New Nissan Serena 2019

P x L x T

4.770 mm x 1.740 mm x 1.865 mm

Wheelbase

2.860 mm

Berat

sekitar 1.660 kilogram

Mesin All New Nissan Serena 2019

Jenis

MR20 4 Silinder Inline, 16 Katup dengan CVTC

Isi silinder

1.997 cc

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Daya maksimum

150 Ps @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

200 Nm @ 4.400 rpm

Rangka All New Nissan Serena 2019

Transmisi

XTRONIC CVT dengan Adaptive Shift Control, Front Wheel Drive

Suspensi depan

Independent Strut, Single Action, Coil Spring with Stabilizer

Suspensi belakang

Torsion Beam, Single Action, Coil Spring with Stabilizer

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Solid Disc

Ukuran ban

195/60 R16

kelebihan & kekurangan Nissan Serena 2019

Berikut kelebihan dan kekurangan All New Nissan Serena 2019

Kelebihan

Kekurangan

Fitur makin lengkap dan semakin mutakhir

Mesin masih serupa tipe lama

Desain body macho namun tetap elegan

Butuh adaptasi untuk menggunakan beberapa fitur di mobil ini

Interior menggunakan basis terbaru

Ground clearence kurang tinggi

daftar harga Nissan Serena 2019

Berikut ini adalah harga All New Nissan Serena 2019 terupdate.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN SERENA 2019 (on-the-road)

All New Nissan Serena X

Rp448.000.000

All New Nissan Serena HWS

Rp465.000.000

 

>>> Klik sini untuk simak harga dan promo mobil Nissan Serena terlengkap

Video Nissan Serena 2019

KESIMPULAN Nissan Serena 2019

Gambar mobil All New Nissan Serena 2019 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Lantas, dengan segala kelebihannya, layakkah ia untuk dimiliki?

So, is this car for you? Ya! Dengan segala kelebihannya dan improvement yang telah dilakukan oleh PT Nissan Motor Indonesia, membuat mobil All New Nissan Serena 2019 ini sangat layak untuk dimiliki. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil