Ini Durasi Aman Paling Disarankan Saat Mengemudi Jarak Jauh!

05/01/2020

Pengemudian

3 menit

Ini Durasi Aman Paling Disarankan Saat Mengemudi Jarak Jauh!
Mengemudi jarak jauh memperbesar risiko bahaya di jalanan. Anda wajib memperhatikan durasi aman mengemudi agar tidak terjadi hal tak diinginkan di perjalanan.

Meski beragam sarana transportasi umum disediakan banyak orang memilih naik mobil pribadi untuk keperluan mobilitas sehari-hari, maupun saat bepergian jarak jauh. Terlebih lagi sarana infrastruktur jalan yang kini makin baik dengan beroperasinya jalan Tol Trans Jawa dan tol lain di berbagai daerah, dorongan untuk menggunakan kendaraan pribadi semakin besar. Bahkan tidak sedikit pengemudi memilih mengemudi jarak jauh secara non stop tanpa istirahat.

Kondisi ini kurang baik, mengemudi jarak jauh tanpa henti bisa membuat tubuh kelelahan hingga mengantuk. Bahkan lebih berbahaya lagi mengemudi di jalan bebas hambatan tanpa tantangan berarti bisa memicu kejenuhan hingga microsleep atau tidur sesaat tanpa sadar.

>>> Temukan mobil pilihan terbaik kami di sini

Foto menunjukkan Kendaraan berhenti di pinggir jalan

Mengemudi jarak jauh tanpa istirahat memperbesar risiko bahaya

Beristirahat setiap 3 jam

Menurut Training Director Jakarta Defesive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu, sangat disarankan bagi pengemudi untuk mengetahui batas kemampuan tubuh dalam mengoperasikan kendaraan. Paling tidak setiap 3 jam sekali pengemudi harus beristirahat.

“Mau itu jalanan lancar atau macet, sebaiknya setiap 3 jam kita melakukan istirahat. Karena lebih dari 3 jam, pengemudi akan merasa lelah dan jenuh, yang bisa membuat hilangnya konsentrasi,” tutur Justri, seperti dikutip dari Kompas, (29/12/2019).

Pilih tempat aman

Kalau kebetulan Anda yang mengemudi, Anda bisa istirahat dimana saja sepanjang itu aman dan tidak menimbulkan potensi bahaya atau mengganggu orang lain. Paling aman tentu di rest area yang memang disiapkan sebagai tempat istirahat. Jika tidak ada, Anda bisa memilih tempat lain misalnya SPBU, rumah makan, atau di tempat ibadah yang biasanya tersedia lokasi parkir luas.

>>> Begini Lengkapnya Fasilitas Rest Area KM 429A Tol Trans Jawa

Foto menunjukkan Rest Area 391A Jalan Tol Trans Jawa

Rest area, tempat paling nyaman untuk beristirahat

Anda bisa mengisi waktu istirahat ini buat memenuhi berbagai kebutuhan. Misalnya, makan, ngopi, belanja di minimarket, top up saldo uang elektronik, tarik tunai ATM, mengecek tekanan ban, dan urusan toilet. Kalau kondisi badan cukup lelah dan terasa mengantuk, sebaiknya Anda gunakan waktu istirahat untuk tidur meski hanya sesaat. Tidak ada solusi paling ampuh mengusir kantuk selain tidur.

Jangan beristirahat di tempat-tempat berbahaya seperti bahu jalan, di bawah objek-objek besar seperti papan reklame atau bawah pohon tua. Juga jangan berhenti di bawah underpass karena selain berbahaya juga akan mengganggu pengguna jalan yang lain.

>>> Review Dan Test Drive Toyota Agya 1.2 TRD-S AT 2017: Mobil Dalam Kota Dibawa Keluar Kota, Apa Jadinya?

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top