Antisipasi Tragedi Brexit 2016 Terulang, Ini Yang Harus Disiapkan Sebelum Mudik

02/05/2019
Mudik merupakan sebuah “ritual” wajib yang dilakukan sebagian besar umat Muslim Indonesia. Mereka akan memanfaatkan kesempatan ini untuk bertemu sanak keluarga di “kampung halaman”. Jika memutuskan mudik lagi tahun ini dengan mobil pribadi, persiapan mudik harus dilakukan secara matang, termasuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang terjadi selama perjalanan seperti kemacetan parah yang terjadi di jalan tol tahun 2016 silam.

Kemacetan horor mewarnai musim mudik tahun 2016 silam, gara-gara lalu lintas usai gerbang keluar tol di Brebes Timur, Jawa Tengah tidak mampu menampung kendaraan yang melintas, ribuan mobil terjebak di jalan tol selama lebih dari 24 jam. Kurangnya persiapan mudik menjadikan kejadian yang kemudian dikenal dengan Tragedi Brexit (Brebes Exit) ini membawa dampak buruk yang sangat besar dimana ribuan pemudik gagal lebaran bersama keluarga. Hingga banyak yang meninggal dunia karena kelelahan, kelaparan, dehidrasi, sakit yang gagal mendapat penanganan medis dan lainnya.

>>> Barang Bawaan Banyak, Begini Cara Mengatur Di Bagasi Yang Baik

Foto Kemacetan di Jalan Tol terjadi karena banyaknya kendaraan yang melintas

Tragedi Brexit 2016 memakan banyak korban jiwa

Nah, kalau Anda memutuskan untuk mudik pada lebaran tahun 2019 ini, sebaiknya lakukan persiapan dengan matang dan seksama termasuk antisipasi hal-hal buruk jika tragedi Brexit. Sudah bukan rahasia lagi bahwa puncak mudik terjadi pada H-3, H-2, H-1. Saat itu, jumlah pemudik sangat banyak sehingga menyebabkan jalanan macet.

Pertama: Putuskan mudik lebih awal

Untuk opsi ini Anda harus mengajukan cuti dari pekerjaan lebih awal, jika Anda adalah pekerja kantoran. Sedangkan untuk para pedagang atau pekerja lepas, maka tidak memerlukan izin, tapi jika mereka memiliki anak yang sudah bersekolah maka harus izin untuk mudik. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan diri lebih dini seperti menyiapkan kendaraan yang prima atau melakukan servis lebih awal.

Keuntungan mudik lebih awal adalah perjalanan lebih lancar dan Anda akan menikmati waktu di “kampung halaman” lebih lama dibandingkan jika mudik mepet waktu.

>>> Mau Beli Mobil Untuk Mudik? Ini Skala Prioritas Yang Harus Diperhatikan

Kedua: Menggunakan Moda Transportasi Lain

Tragedi Brexit 2016 terjadi karena banyaknya pemudik menggunakan mobil yang melintas di jalan tol secara bersamaan dan jalan raya di pintu keluar tidak mampu menampung. Antisipasi terjadi hal yang sama Anda bisa menggunakan moda transportasi lain.Sejauh pengamatan kami, kereta api tidak ada istilah macet karena jalur kereta pasti didahulukan dibandingkan jalur mobil. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pesawat terbang untuk bisa tiba di “kampung halaman”.

Kekurangan dari tips ini adalah harga tiket yang ditawarkan kereta dan pesawat terbang jauh lebih mahal dibandingkan Anda menggunakan mobil sendiri ke kampung halaman. Untuk mendapatkannya pun tidak mudah, Anda harus melakukan reservasi jauh sebelum musim mudik tiba.

Foto kesibukan di Stasiun Kereta Api

Persiapan juga harus dilakukan saat mudik menggunakan kereta api

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Ketiga: Mengantisipasi berbagai hal buruk

Mengantisipasi berbagai hal buruk yang terjadi karena terjebak macet horor, Anda harus menyiapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan. Terutama minuman dan makanan. Siapkan minuman sekiranya cukup untuk dua hari. Anda bisa membawa air mineral gelas/botol satu karton dalam mobil dan membawa makanan instan yang mengenyangkan seperti roti.

Namun perlu diperhatikan juga jangan terlalu banyak makan dan minum agar kebutuhan buang air kecil/besar bisa diminimalkan. Dalam kondisi terjebak macet kebutuhan panggilan alam tersebut sangat susah dipenuhi. Namun jika kepepet, jangan sekali-kali menahan buang air kecil berlama-lama karena efek buruknya jauh lebih besar. Sedikit membuang malu, menepilah lalu lakukan di pinggir kendaraan.

Memang, kondisi jalanan susah diprediksi. Tapi kalau sejak jauh hari sudah dipersiapkan, Anda akan lebih merasa nyaman di sepanjang perjalanan. Pastikan persiapan mudik tahun ini dilakukan dengan seksama memberikan kenyamanan selama berkendara. So, tetap utamakan keselamatan!

>>> Ikuti tips-tips mengemudi lainnya di Cintamobil.com!

Foto persiapan mudik membawa barang bawaan

Siapkan barang bawaan yang paling dibutuhkan saat mudik, jangan di angkut semua

>>> Tips & trik lainnya tentang mobil bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain