Penanaman 79.000 Pohon di Jalan Tol Bisa Bantu Tingkatkan Keselamatan

16/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penanaman 79.000 Pohon di Jalan Tol Bisa Bantu Tingkatkan Keselamatan
Guna meningkatkan keselamatan lingkungan dan pengendara, sebanyak 40 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melakukan penghijauan dengan menanam 79000 pohon di jalan tol.

Upaya meningkatkan kualitas jalan tol tidak hanya dengan menjaga kondisi jalan serta infrastruktur pendukung tetap berkualitas, tapi juga memperhatikan lingkungan. Ini pula yang dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Di Hari Bakti Pekerjaan Umum ke 75 yang jatuh pada 3 Desember 2020 lalu KemenPUPR bersama dengan 40 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melakukan penanaman pohon di area jalan tol yang menjadi wilayah operasional masing-masing. Dalam keterangan resminya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan penghijauan pada Hari Bakti PU akan dilakukan secara masif dan berkelanjutan.

"Bapak Presiden menekankan pentingnya green economy bagi Indonesia melalui gerakan penghijauan massal di berbagai sektor dan wilayah. Untuk itu, pada area infrastruktur PUPR, kita akan tanami pohon dengan memanfaatkan musim penghujan, salah satunya pada jalan tol," ujar Menteri Basuki seperti dirilis BPJT, (6/12/2020) lalu.

Jasa Marga tanam 22 ribu pohon

Foto menunjukkan aktivitas Penanaman pohon di Jalan Tol Medan-Kualanamu

Jasa Marga tanam 22 ribu pohon di jalan tol untuk penghijauan

PT Jasa Turut (Persero) selaku salah satu BUJT turut dalam program penghijauan jalan tol Kemen PUPR tersebut. Bersama seluruh anak usahanya, Jasa Marga menanam 22.191 pohon di jalan tol yang dikelolanya hingga satu tahun kedepan. Adapun penanaman secara simbolis dilakukan serentak pada Sabtu, (5/12/2020) dengan pohon ditanam beraneka ragam.

“Pohon yang ditanam terdiri dari berbagai jenis, dipilih karena termasuk pohon pelindung yang memiliki daya resapan air cukup tinggi serta potensial untuk dibudidayakan. Diantaranya adalah seperti mahoni, sengon, kaliandra, trembesi, kersen, tabebuya, ketapang, jati, mangrove, flamboyan, bougenville dan masih banyak jenis lainnya,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, sebagaimana dirilis Jasa Marga, (5/12/2020).

>>> 5 Cara Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol

Manfaat Pohon di Jalan Tol

Lebih jauh Heru menjelaskan penanaman pohon yang diinisiasi Kementerian PUPR diyakini bermanfaat besar di kemudian hari. Terutama bakal meningkatkan keselamatan, baik keselamatan lingkungan, keselamatan pengendara, hingga keselamatan bisnis perusahaan.

Foto menunjukkan Jalan Tol Semarang-Solo

Puluhan ribu pohon bakal bikin jalan tol makin sejuk

Dari sisi lingkungan, pepohonan adalah media terbaik meningkatkan serapan air, mencegah erosi, menciptakan lebih banyak oksigen hingga memberikan kesejukan. Masih ditambah lagi, adanya pepohonan membuat pemandangan di sekitar jalan jalan tol menjadi lebih indah dan hijau.

Dari sisi pengendara adanya pepohonan menambah kenyamanan dan meningkatkan keselamatan. Pepohonan bakal mengurangi efek hempasan angin dari sisi jalan, menjadi penolak silau kendaraan lain. Sedangkan dari sisi bisnis, dengan berkurangnya dampak lingkungan dan meningkatnya keselamatan bakal lebih menjaga keberlangsungan bisnis di kemudian hari. Semakin aman dan nyaman jalan tol semakin dipercaya oleh para pengendara.

“Penanaman pohon akan mengurangi pencemaran udara, menyerap kebisingan, mencegah erosi, meningkatkan serapan air, pemecah angin untuk mengurangi efek hempasan angin pada pengendara, penghalang silau dari kendaraan yang berlawanan arah, penahan benturan untuk menghindari fatalitas jika terjadi kecelakaan hingga menjaga keseimbangan sistem ekologi,” jelas Heru.

Bukan Yang Pertama

Penanaman pohon di Hari Bakti Pekerjaan Umum ke 75 kali ini bukan yang pertama. Jasa Marga bersama dengan Djarum Foundation telah memulainya sejak beberapa tahun lalu dengan menanam puluhan ribu pohon Trembesi di jalur tol Trans Jawa. Sampai sekarang penanamannya masih berlangsung meskipun jarang diekspos ke publik.

>>> Manfaat Pohon Trembesi di Jalan Tol

Foto Pohon Trembesi besar

Pohon Trembesi menyerap lebih banyak karbondioksida dibanding pohon lain

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Manfaat Pohon Trembesi di Jalan Tol

21/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Puluhan ribu pohon Trembesi ditanam di banyak titik jalan Tol Trans Jawa beberapa tahun terakhir. Berikut manfaat pohon Trembesi bagi kesehatan dan lingkungan.

Lihat juga

Jasa Marga Tanam 10.000 Pohon Bambu di Jalan Tol Semarang-Solo

17/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Dukung program penghijauan dan beautifikasi Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) tanam 10.000 pohon bambu di sepanjang ruas Jalan Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah.

Lihat juga

Selain Rambu-rambu, Waspadai 5 Hal Berikut Saat Mengemudi di Jalan Tol

15/07/2020

Pengemudian

4 menit

Selain mematuhi rambu-rambu lalu lintas, ada hal lain yang wajib diwaspadai saat mengemudi di jalan tol. Salah satunya manuver pindah jalur yang dilakukan kendaraan lain.

Lihat juga

Tol Semarang-Solo dan Jagorawi Dinobatkan Sebagai Jalan Tol Terbaik

07/12/2020

Event - Promosi

3 menit

Dua jalan tol milik Jasa Marga, Tol Semarang-Solo dan Jagorawi meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian PUPR sebagai jalan tol terbaik di Indonesia

Lihat juga

Pentingnya Rambu-Rambu Batas Kecepatan untuk Mengurangi Kecelakaan di Jalan Tol

10/02/2019

Pengemudian

7 menit

Sebenarnya, untuk apa menggunakan rambu-rambu batas kecepatan pada jalan tol yang biasanya lancar? Tentu saja untuk menghindari pengemudi melaju ugal-ugalan. Bahkan, kendaraan yang melambat akan membuat resiko kecelakaan menjadi berkurang.

Lihat juga
 
back to top