Tarif Baru Tol Dalam Kota Berlaku Mulai 31 Januari 2020

29/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tarif Baru Tol Dalam Kota Berlaku Mulai 31 Januari 2020
Tarif baru Tol Dalam Kota (Dalkot) resmi berlaku mulai 31 Januari 2020 pukul 00.00 WIB. Pengendara diminta mempersiapkan uang elektronik dengan saldo mencukupi.

Pemerintah mengumumkan pemberlakuan tarif baru jalan Tol Dalam Kota untuk ruas Tol Cawang – Tomang–Pluit dan Cawang–Tanjung Priok–Ancol Timur–Jembatan Tiga/Pluit mulai tanggal 31 Januari 2020 pukul 00.00 WIB. Tarif keduanya kini disederhanakan dari sebelumnya 5 tarif untuk 5 golongan kendaraan menjadi 3 tarif untuk 5 golongan kendaraan.

Pemberlakukan tarif baru Tol Dalam Kota ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1231/KPTS/M/2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cawang – Tomang–Pluit dan Cawang–Tanjung Priok–Ancol Timur–Jembatan Tiga/Pluit.

>>>Tarif Baru Tol Cipali, Kendaraan Golongan V Turun Rp 84 Ribu

Besaran Tarif Baru

Untuk besaran tarifnya yaitu Rp 10.000 untuk kendaraan Golongan I, Rp 15.000 untuk Golongan II dan III, serta Rp 17.000 untuk Golongan IV dan V. Anda bisa lihat grafisnya pada gambar grafis berikut yang diunggah Jasa Marga Jabodetabek Jabar di akun Instagram @jsmr_jabodetabekjabar!

Gambar grafis Tarif Tol Dalam Kota

Gambar Grafis Tarif Tol Dalam Kota menerus ke Tol Bandara

Penyesuaian Tarif Tol Dalam Kota berlaku mulai 31 Januari 2020 pukul 00.00 WIB

Data tarif di atas sama seperti yang kami beritakan sebelumnya saat Jasa Marga belum mengumumkan tanggal pemberlakuan resmi. Untuk tarif yang naik hanya kendaraan kecil Golongan I dan II. Sedangkan kendaraan besar Golongan IV dan V, semua mengalami penurunan dari tarif sebelumnya. Diharapkan para yang ingin melintas di Tol Dalam Kota untuk mempersiapkan uang elektronik dan memastikan saldonya cukup.

Sesuai Aturan

Perlu diketahui penyesuaian tarif jalan tol bukan sesuatu yang baru. Hal ini sudah berlaku sejak disahkannya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 38 Tahun 2004. Disebutkan, tarif lama bisa dilakukan penyesuaian berdasarkan pengaruh kumulatif inflasi selama dua tahun. Penyesuaian ini penting karena manfaatnya bakal kembali kepada pengguna tol. Di kemudian hari saat masa konsesi baru tiba tarif tol tidak akan naik terlalu tinggi yang justru memberatkan pengendara.

Untuk tarif tol dalam kota ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit, penyesuaian terakhir dilakukan pada 8 Desember 2017 pukul 00.00 WIB. Artinya sudah lebih dari dua tahun tarif lama diberlakukan.

>>> Kena Denda Besar Karena E-Toll Hilang, Begini Proses Penanganannya!

Foto kondisi di Tol Cawang Pluit KM 0+500

Tol Cawang-Pluit selalu terpantau kamera CCTV

>>> Simak berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Finalisasi Ruas Terakhir, Jalan Tol Medan-Binjai Segera Beroperasi Penuh

26/01/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Hutama Karya memasuki tahap akhir pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai, untuk ruas terakhir. Ditargetkan pertengahan 2020 selesai dan tol tersambung penuh.

Lihat juga

Tarif Tol Dalam Kota Segera Naik, Ini Besarannya!

26/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemprov DKI segera memberlakukan penyesuaian tarif di beberapa ruas Tol Dalam Kota sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Lihat juga

Pemerintah Proyeksikan Tol Trans Jawa Tersambung Dengan Tol Bali

26/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Sukses dengan pembangunan jalan Tol Trans Jawa, pemerintah berencana menyambungkan tol terpanjang di Jawa tersebut dengan jalan Tol Bali. Kapan waktunya?

Lihat juga

Tingkatkan Pelayanan, Tol Balikpapan-Samarinda Sediakan 3 Rest Area

20/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Sebanyak 3 rest area disiapkan di jalan Tol Balikpapan-Samarinda dalam upaya memberi rasa nyaman kepada pengendara yang ingin beristirahat melepas kelelahan.

Lihat juga