Tak Ada Pengiriman ke Diler, Mobil Daihatsu Tetap Laris Ribuan Unit

23/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tak Ada Pengiriman ke Diler, Mobil Daihatsu Tetap Laris Ribuan Unit
Tidak ada yang bisa menghalangi ribuan orang untuk tetap membeli mobil Daihatsu di bulan Mei 2020, meski pabrik tak mengirim satu unit pun kendaraan ke diler.

Bulan Mei lalu menjadi masa paling kelabu bagi bisnis otomotif dalam negeri dalam 5 bulan terakhir. Pandemi COVID-19 memaksa Pemerintah di berbagai daerah mengeluarkan kebijakan pembatasan aktivitas. Bahkan untuk mudik lebaran sekalipun dilarang karena dikhawatirkan membawa virus ke kampung halaman. Akibatnya penjualan produk otomotif menurun tajam.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sepanjang Mei 2020 hanya ada sedikit pengiriman mobil dari pabrik ke diler. Bahkan Daihatsu yang merupakan merek besar sama sekali tidak mengirimkan unit ke diler. Daihatsu sudah tak laku?

>>> Mengintip Penjualan Mobil Murah di Tengah Pandemi

Foto Lalu lintas Jakarta saat PSBB Transisi

Pembatasan dilonggarkan, lalu lintas mulai padat

Penjualan Daihatsu

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memang tidak mengirimkan unit ke diler. Itu bukan berarti sudah tidak laku karena faktanya ribuan orang masih tetap membeli mobil Daihatsu.

Berdasarkan data Gaikindo, jumlah mobil yang dikirim ke konsumen (retail sales) pada bulan Mei 2020 mencapai 17.083 unit. Dari jumlah tersebut 21 persen-nya adalah Daihatsu dengan jumlah unit dikirim sebanyak 3.673 unit.

Tambahan hasil tersebut membuat akumulasi penjualan mobil Daihatsu bertambah. Dari Januari-Mei 2020 Daihatsu sudah mengirim sebanyak 48.019 unit kendaraan ke konsumen. Daihatsu meraih pangsa pasar 18.4 persen dari jumlah penjualan retail keseluruhan yang mencapai 260.716 unit.

Tidak hanya mencatatkan penjualan besar di tengah pandemi, Daihatsu juga sukses mempertahankan posisinya sebagai raja runner up karena hanya kalah dari saudaranya, Toyota. Untuk diketahui Daihatsu tidak pernah berganti posisi sejak awal tahun ini, bahkan sejak beberapa tahun terakhir.

>>> Lihat daftar harga mobil Daihatsu dan tentukan pilihanmu di sini!

Gambaran membeli mobil secara online

#DiRumahAja, berli mobil beralih secara online

Penjualan retail bulan Mei

Seperti disebut di depan, hanya ada sedikit pengiriman mobil dari pabrik ke diler sepanjang Mei, yaitu 3.551 unit. Namun pengiriman ke konsumen mencapai 17.083 unit. Toyota tetap memimpin dengan penjualan tertinggi sebanyak 6.727 unit. Disusul Daihatsu sebanyak 3.673 unit dan Suzuki sebanyak 2.205 unit.

Wuling menjadi satu-satunya merek non Jepang yang berhasil masuk 10 besar penjualan retail terbanyak. Sebanyak 296 unit mobil dikirim ke konsumen, unggul dari Nissan yang terjual sebanyak 109 unit. Berikut 10 merek paling laris dibeli konsumen pada bulan Mei, sebagaimana dirilis Gaikindo:

  1. Toyota : 6.727 unit
  2. Daihatsu : 3.673 unit
  3. Suzuki : 2.205 unit
  4. Honda : 1.291 unit
  5. Mitsubishi Fuso : 844 unit
  6. Isuzu : 741 unit
  7. Mitsubishi Motors : 313 unit
  8. Hino : 309 unit
  9. Wuling : 296 unit
  10. Nissan : 109 unit

>>> Berita lalu lintas menarik lainnya baca disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top