Mengintip Penjualan Mobil Murah di Tengah Pandemi

20/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mengintip Penjualan Mobil Murah di Tengah Pandemi
Dijual dengan harga paling terjangkau dibanding yang lain, LCGC berhasil menjadi favorit masyarakat Indonesia. Bagaimana penjualan mobil murah di saat ini?

Satu satu segmen yang berhasil menaklukkan hati orang Indonesia adalah Low Cost Green Car (LCGC). Dengan harganya yang terjangkau di bawah mobil keluarga MPV maupun SUV, segmen yang dikenal mobil murah itu menjadi pilihan paling favorit setelah MPV. Penjualannya terus mengalami peningkatan dari sejak kemunculannya tahun 2013. Lantas bagaimana penjualannya saat ini?

Penjualan mobil murah

Seperti diketahui awal 2020 ini jadi periode kelabu bagi industri otomotif dalam negeri. Beragam pembatasan aktivitas terkait pandemi virus Corona (COVID-19) membuat penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) sepanjang Januari-Mei 2020 sebanyak 248.310 unit kendaraan terkirim ke diler (wholesales). Angka tersebut lebih rendah 41,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang terjual sebanyak 423.817 unit. Khusus bulan Mei 2020 bahkan paling terpuruk, hanya 3.551 unit mobil terjual sepanjang satu bulan tersebut. Turun 95,8 persen dibanding Mei 2019 yang terjual sebanyak 84.367 unit.

Foto deretan mobil baru siap jual di diler

Penjualan mobil mengalami penurunan karena pandemi COVID-19

Masih dari sumber yang sama, segmen LCGC termasuk salah satu yang terimbas COVID-19. Mobil murah itu hanya terjual sebanyak 154 unit di bulan Mei 2020. Turun 99,1 persen dibanding Mei 2019 yang terjual 18.263 unit.

Sedangkan secara akumulasi sepanjang Januari-Mei 2020 baru terjual sebanyak 53.271 unit. Turun 40,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang terjual sebanyak 90.053 unit.

Model paling laris

Hasil akumulasi penjualan bulan Mei di atas terbilang sangat minim. Bahkan angkanya jauh lebih kecil dari model-model paling laris seperti Mitsubishi Triton (336 unit), Mitsubishi Xpander (268 unit), Suzuki XL7 (196 unit), dan Toyota Innova (186 unit). Lantas berapa bagian untuk masing-masing?

>>> Mitsubishi Triton Jadi Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang Mei 2020

Dari 7 model mobil murah yang terdaftar di GAIKINDO Toyota Calya paling laris dengan penjualan sebanyak 60 unit. Sedangkan untuk model paling sedikit terjual adalah Honda Brio Satya, yaitu 22 unit. Sisanya bervariasi, bahkan ada ada beberapa model yang sama sekali tidak dikirim ke diler alias tidak mencatatkan penjualan (wholesales).

Foto menunjukkan Toyota Calya tampak dari samping depan

Toyota Calya masih yang terlaris di tengah pandemi

Berikut data lengkap penjualan mobil murah pada bulan Mei 2020

  • Calya : 60 unit
  • Agya : 46 unit
  • Karimun Wagon R : 26 unit
  • Brio Satya : 22 unit
  • Ayla : 0
  • Sigra : 0
  • Datsun Go : 0
  • Datsun Go+ : 0

Di bulan Juni 2020 ini, aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah, seperti di ibu kota mulai dilonggarkan. Masyarakat mulai 'bebas' bisa beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor baik untuk kerja maupun untuk kepentingan yang lain. Tentu menarik dan layak ditunggu apakah kelonggaran ini juga bakal berdampak pada peningkatan penjualan mobil murah.

>>> 10 Pilihan Mobil Mini Murah Paling Bagus dari Cintamobil.com

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top