Suzuki Karimun Wagon R: Sejarah Kei Car Andalan Suzuki di Tiga Negara

25/01/2019

Pasar mobil
Suzuki Karimun Wagon R: Sejarah Kei Car Andalan Suzuki di Tiga Negara
Suzuki Karimun Wagon R memiliki sejarah yang menarik di Indonesia. Pasalnya, tidak semua generasi mobil ini sempat datang ke Indonesia. Dikenal sebagai salah satu city car legendaris di Indonesia, bagaimana perjalanan mobil mungil khas Suzuki yang sudah memasuki generasi keenam ini?

Hampir dua dekade Suzuki Wagon R masuk ke Indonesia. Dengan umur yang beranjak dewasa, kepopuleran mobil ini tak lekang oleh zaman. Di Jepang sendiri, Wagon R sudah memasuki generasi keenam, Sedangkan di Indonesia, yang disebut dengan Suzuki Karimun Wagon R baru diproduksi sejak September 2013 di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi.

generasi pertama Wagon R berwarna putih

Dengan desain kei car khas Jepang, generasi pertama Suzuki Wagon R

Suzuki awalnya diproduksi sebagai kei car sejak 1993. Mobil ini adalah salah satu mobil pertama yang menggunakan desain tall-wagon, yang membuat Wagon R berbeda dengan kei car Jepang lainnya. Dimensinya dibuat lebih tinggi dengan kap mesin pendek dan hatchback hampir vertikal. Memaksimalkan ruang kabin sementara tetap dalam batasan dimensi kei car. Tak lupa, mobil ini dilengkapi mesin 660cc yang menjadi ciri khas mobil mungil Jepang tersebut.

Tahun 1998 menjadi awal generasi kedua Wagon R di Jepang, dengan desain ulang Wagon R+ yang dibawa ke Eropa pada tahun 2000. Mendapatkan mesin yang lebih besar, konsumen di Eropa mengenal mobil ini dengan Opel Agila, versi Wagon R+ yang diperkenalkan pada musim panas 2000. Pada 1999 pula Maruti Suzuki Wagon R diperkenalkan di India dan Nepal.

generasi kedua Wagon R berwarna putih

Generasi kedua mendapatkan mesin yang lebih besar

>>> Wuling Almaz Resmi Diperkenalkan, Tapi…

Masuk ke Indonesia

Meskipun di Jepang sudah memasuki generasi kedua, Karimun Wagon R akhirnya diproduksi di Indonesia dengan mesin F10A 4-silinder 1.000 cc yang lebih besar. Meskipun sebenarnya sejarah mobil ini sudah ada sejak 1998, yang dikapalkan langsung dari Jepang dalam bentuk CBU (completely built up).

Suzuki Wagon R lima pintu berwarna gelap

Suzuki Wagon R lima pintu akhirnya masuk ke Indonesia pada 1998

Suzuki membuat Karimun Wagon R dengan mesin 1.000 cc yang juga diberikan pada model lainnya, seperti Katana, Carry, dan sang ‘Kakek’ Suzuki Jimny. Hal ini tentu saja memberikan hasil positif dimana pemilik Karimun tidak perlu susah-susah mencari suku cadang.

>>> Ingin membeli mobil Suzuki lainnya? Ketik di sini untuk informasi lebih lanjut

Jepang terus meningkatkan Wagon R dengan pembaruan pada generasi ketiga (2003) dan generasi keempat (2008). Suzuki juga memberikan versi yang lebih sporty dari Wagon R dengan nama Suzuki Wagon R Stingray. Selain memberikan fasia depan yang lebih agresif, Stingray juga mendapatkan versi turbocharged pada mesin 660cc untuk kekuatan dan kecepatan yang lebih kencang. Suzuki menyebutkan mobil ini bisa berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 15 detik.

versi sporty Wagon R Stingray berwarna hitam

Suzuki memperkenalkan versi sporty bernama Wagon R Stingray

Sedangkan di Indonesia, Suzuki menggantikan Wagon R dengan Karimun Estilo yang berbasis Wagon R dari Maruti Suzuki di India pada tahun 2006. Dengan desain bulat, Estilo mendapatkan mesin F10J 1.100 cc yang lebih besar. Meskipun sudah mendapatkan major change dengan mesin K10B 1.000 cc yang baru pada 2010, model ini tidak terkesan kurang diminati di diler mobil bekas.

Suzuki Karimun Estillo berwarna putih

Karimun Estilo yang menggantikan Suzuki Wagon R

>>> Harga Suzuki Karimun Wagon R 2017: City Car yang Kembali Hadir dengan Mempertahankan Desain Nyentrik

Versi LCGC di Indonesia

Generasi kelima akhirnya diluncurkan di Jepang pada September 2012. Dan untuk pertama kalinya, generasi ini hadir dengan sistem hibrida ringan terbaru bernama “ENE-CHARGE” serta sistem pendingin udara listrik hemat energi “ECO-COOL”. Menggunakan mesin R06A yang dikombinasikan dengan motor listrik dan bateri lithium-ion, ENE-CHARGE baru menyediakan pengereman generatif dan membantu mesin pembakaran internal.

versi LCGC Karimun Wagon R berwarna hijau

Generasi LCGC Wagon R akhirnya dibawa ke Indonesia

Tidak hanya di Jepang, Suzuki juga membawa versi yang lebih ramah lingkungan ke Indonesia. Dengan maraknya pemberitaan tentang kendaraan Low Cost Green Car (LCGC), Suzuki memperkenalkan Karimun Wagon R versi LCGC di Indonesia pada Juli 2013. Masih dengan basis Maruti Suzuki India, SIS mengumumkan Wagon R LCGC mengusung mesin K10B.

>>> Berita pasar mobil lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Generasi keenam di Jepang dan ketiga di India

Rentang Wagon R generasi keenam diluncurkan di Jepang pada 1 Februari 2017, meskipun beberapa situs sudah menampilkan gambaran mobil yang bocor pada Januari 2017. Mirip dengan model generasi pertama, kedua dan ketiga, iterasi baru sudah dilengkapi dengan ISG (Integrated Starter Generator) yang ditingkatkan serta peningkatan dalam kapasitas baterai hybrid yang digunakan.

Suzuki Wagon R generasi keenam berwarna biru

Generasi keenam Suzuki Wagon R di Jepang

Di India sendiri, Maruti Wagon R generasi pertama mendapatkan empat kali pembaruan. Sedangkan generasi kedua Wagon R diluncurkan pada 2010 dibangun di atas platform yang lebih baru. Diklaim menyediakan ruang kabin yang lebih lega, generasi kedua disebut mendapatkan fitur-fitur baru yang lebih lengkap.

generasi ketiga Maruti Suzuki Wagon R berwarna biru

Baru saja diperkenalkan, Maruti Suzuki Wagon R generasi ketiga di India

Dan tahun ini, Suzuki Karimun Wagon R sudah dewasa sekarang. Tidak hanya lebih besar dan lebih luas, tetapi generasi ketiga yang dipamerkan di India pada Rabu (23/1) lalu, tampilan baru lebih baik dalam hal desain. Ujung depan mendapatkan gril baru dengan lampu depan yang dirancang ulang, dipadukan dengan bumper depan baru. Dengan Suzuki Indonesia mengambil desain dari Suzuki Maruti, sepertinya hanya tinggal waktu saja kapan Suzuki membawa pembaruan ini ke Indonesia.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top