Sumber: Mercedes-Benz X-Class akan Dipangkas untuk Penghematan

17/07/2019
Truk pikap Mercedes-Benz X-Class diperkenalkan sebagai pilihan mewah yang nyaman dengan kemampuan truk. Tapi dengan masalah penjualan yang menurun, Mercedes tidak menjualnya di Amerika selaku pasar pikap terbesar, truk pikap Mercedes kemungkinan besar ‘dimatikan’.

Mengutip dari “sumber di pabrikan mobil”, Automotive News mengklaim Daimler berupaya mengurangi biaya dan mengoptimalkan keuntungan bisnis. Mengingat penjualan yang tidak terlalu tinggi dalam beberapa bulan belakangan, X-Class bisa menjadi salah satu korban pertama dari proses ini.

Mercedes-Benz X-Class berwarna biru 
Penghematan dilakukan setelah penjualan X-Class di Eropa mengalami penurunan

Dengan hanya 16.700 penjualan di Eropa, Australia, dan Afrika Selatan tahun lalu, penjualan model ini jauh di bawah harapan dan tidak menghasilkan pendapatan yang cukup untuk produsen asal Jerman ini. Tidak ada yang bisa mengkonfirmasi selain ketidakpastian seputar kerjasama Renault-Nissan dan Daimler juga bisa berperan dalam keputusan ini.

>>> Saat Sistem Infotainment Mercedes-Benz Hadir Dalam Pertandingan DOTA 2

Fakta bahwa X-Class tidak dijual di Amerika Serikat, pasar pikap terbesar di dunia, bisa jadi tidak terlalu membantu. Penjualan X-Class terpukul oleh fakta bahwa Mercedes-Benz beberapa kali melakukan recall, yang tentu saja menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan. Mercedes juga tidak membawa X-Class ke Indonesia.

Tanda-tanda X-Class tidak memiliki masa depan yang cerah adalah keputusan yang diumumkan oleh mantan CEO Daimler Dieter Zetsche pada Februari lalu. Saat itu, Zetsche mengatakan Daimler akan meninggalkan rencana untuk memproduksi pikap di pasar Amerika Selatan di pabrik Renault-Nissan di Argentina. Sedangkan X-Class dibangun secara eksklusif di pabrik Nissan di Barcelona.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

 interior Mercedes-Benz X-Class berwarna hitam
Harga yang mahal dan kurangnya fitur menjadi penyebab masalah penjualan X-Class

Dilansir dari Carscoop, masalah terbesar yang dimiliki X-Class adalah harga premium yang menurut beberapa pembeli terlalu mahal. Mengingat X-Class secara teknis merupakan Nissan Nivara yang diperbarui ulang dengan styling eksterior Mercedes-Benz dan interior yang lebih murah.

Selain itu, X-Class telah berjuang di pasar karena harga yang relatif lebih tinggi dan kurangnya peralatan di dalam mobil. Sebagai contoh, Ford Ranger dan Mitsubishi Triton memiliki teknologi yang belum tersedia di Mercedes, seperti radar cruise control, lane-keeping assistance, dan blind-zone warning, dan jauh lebih murah dibandingkan X-Class.

>>> Ingin membeli mobil? Dapatkan informasi mobil baru hanya di sini

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain