Komparasi Rush vs Terios Terbaru, Mana Lebih Memikat?

22/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Rush vs Terios, model kembar Toyota dan Daihatsu selalu menarik untuk dikulik. Siapa yang lebih memikat dan layak dimiliki? Simak ulasan singkat berikut!

Beberapa model Toyota dan Daihatsu harus bersaing satu sama lain di pasar otomotif meski punya kemiripan yang cukup signifikan. Seperti Avanza vs Xenia, Agya vs Ayla, Calya vs Sigra, dan yang tak kalah seru adalah perseteruan antara model kembar Rush vs Terios yang bersaing di segmen Low SUV 7 penumpang.

Siapa lebih layak memikat? Itu relatif dan subjektif karena berurusan dengan soal selera. Yang pasti, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Kita akan bahas sisi harga dan produknya saja, buka dari sisi selera.

Dimensi dan Desain Toyota Rush vs Daihatsu Terios

Toyota Rush dan Daihatsu Terios dibikin menggunakan platform yang sama sebagaimana versi lama. Karena itu baik dimensi, desain, maupun mesinnya juga sama. Perbedaan tetap ada namun tidak signifikan

Dari sisi dimensi Rush vs Terios sama-sama tidak sampai 5 meter dan tidak kurang dari 4 meter. Panjang 4.435 mm, lebar 1.695, tinggi 1.705 mm serta jarak sumbu roda 2.685 mm. Ground clearance-nya 220 mm. Lebih tinggi dari ground clearance Suzuki XL7 200 mm atau Honda BR-V 201 mm.

  • Eksterior

Bersaudara tapi tak sepenuhnya sama. Mungkin inilah yang bisa dilihat dari tampilan desain kedua mobil ini. Desain eksteriornya bisa dibilang cukup kekinian dibanding model lama yang terlihat lebih mengotak. Di bagian depan facianya membentuk huruf X, persilangan antara grill dengan bumper.

Desain lampu utama tidak lagi besar seperti model lama, melainkan dibuat pipih. Lampu sein diletakkan di bawah lampu utama di bagian sisi dalam.

Perbedaan agak mencolok pada kedua mobil ini terdapat di bezel fog lamp. Meski sama-sama bentuk segitiga trapesium, bezel fog lamp Rush GR Sport lebih menarik berkat kombinasi body kit sewarna bodi dengan bezel warna hitam doff. Sedangkan pada Terios menggunakan bezel warna krom.

Untuk under guard Rush menggunakan warna hitam doff sedangkan Terios warna silver.

Di bagian samping ada side body moulding dengan emblem GR pada Toyota Rush. Sedangkan pada Daihatsu Terios tidak ada side body moulding  meski pada varian tertinggi.

Foto Toyota Rush GR Sport 2021 tampak samping depan

Toyota Rush GR Sport, sedikit ubahan bikin menarik

  • Interior

Masuk ke bagian dalam, overall tananannya sama. Keduanya sama-sama mengakomodasi 7-8 penumpang dengan konfigurasi 2-2-3 atau 2-3-3. Namun ruang kabin di baris kedua memang tidak selapang model MPV yang memang dikembangkan lebih baik untuk kenyamanan di dalam kabin.

Tatanan dashboard juga sama, ada kisi AC model lingkaran di bagian kiri dan kanan dengan ring warna silver. Kemudian di bagian tengah juga ada 2 terletak di bagian atas head unit dipisah tombol hazard. Di bagian bagian bawah head unit ada pengaturan AC auto climate model putar.

Yang berbeda di bagian ini pada Toyota Rush terdapat indikator seatbelt warning untuk semua penumpang. Sedangkan pada Daihatsu Terios tidak ada diganti card holder.

Perbedaan lainnya yaitu material dashboard Rush kombinasi hard plastic warna hitam dan bahan soft touch warna beige. Sedangkan pada Terios hard plastic semua meski warnanya kombinasi hitam dan beige.

Lalu arm rest depan untuk Rush dilapisi bahan soft touch dengan penyimpanan satu layer. Sedangkan pada arm rest Terios bahan hard plastic dengan penyimpanan dua layer.

Foto Daihatsu Terios R AT tampak samping depan

Tipe R AT, varian termahal Daihatsu Terios saat ini

Fitur Rush vs Terios

Adu fitur Toyota Rush vs Terios juga menarik. Untuk tipe tertinggi keduanya punya fitur keselamatan cukup lengkap jika dibandingkan dengan mobil SUV terbaru yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

Contohnya saja pada ada Toyota Rush diantaranya terdapat 6 SRS airbag, 7 seatbelt indicators, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal (EBS).

Sedangkan pada Daihatsu Terios sudah dilengkapi dengan  Dual SRS airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan Kamera 360.

Pada model tertinggi yaitu Toyota Rush GR Sport dilengkapi fitur Automatic Idling Stop System (IDS) yang membantu menghemat konsumsi BBM. Sedangkan Daihatsu Terios R AT dilengkapi fitur serupa dengan nama Eco-Iddle System. Tombolnya ada di sisi kanan pengemudi dekat tombol start stop.

Foto Dashboard Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Interior Toyota Rush dan Daihatsu Terios juga mirip

Mesin Terios vs Rush 

Untuk perbandingan mesin Rush vs Terios tidak berbeda sama sekali. Keduanya menggunakan mesin tipe 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 102,5 HP (104 PS) pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 137 Nm pada 4.200 rpm.

Sistem pembakarannya sama-sama Electronic Fuel Injection (EFI) dan bahan bakarnya juga disarankan bensin tanpa timbal. Keduanya juga tersedia transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

>>> Kembar Tapi Tak Sama, Terios vs Rush Irit Mana?

Harga Toyota Rush vs Daihatsu Terios 

Dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, harga Rush vs Terios juga berbeda.

Eco Idling System Daihatsu Terios

Toyota Rush dan Daihatsu Terios kini punya fitur penghemat BBM

Per September 2021, Rush dijual dengan harga Rp 270.800.000 untuk tipe 1.5 S M/T GR SPORT dan Rp 280.900.000 untuk tipe 1.5 S A/T GR SPORT. Sedangkan varian di bawahnya dijual dengan harga Rp 259.400.000 untuk tipe 1.5 G M/T dan Rp 269.600.000 untuk tipe 1.5 G A/T.

Untuk harga Terios termahal adalah Rp 255.600.000 untuk tipe R AT Custom dan termurah Rp 205.100.000 untuk tipe X MT atau tipe dasar.

Silahkan nilai sendiri dari duel Rush vs Terios di atas mana yang paling layak untuk dibeli, dengan berbagai pertimbangan tentunya. 

Pertanyaan Sering Diajukan

Lebih baik Toyota Rush atau Daihatsu Terios?
Relatif, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan
Apa fitur terbaru Toyota Rush dan Daihatsu Terios?
Saat ini ada 2 fitur terbaru untuk Toyota Rush tipe tertinggi dan Daihatsu Terios tipe tertinggi, yaitu Automatic Idling Stop System (IDS) dan head unit yang support Andorid Auto dan Apple CarPlay
Berapa selisih harga Toyota Rush dan Daihatsu Terios?
Untuk tipe tertinggi berselisih Rp 25.300.000. Harga Toyota Rush GR Sport AT Rp 280.900.000 dan harga Daihatsu Terios R AT Custom Rp 255.600.000
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top