Formula Pabrikan Mobil di Indonesia Hadapi New Normal

29/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Para pabrikan di Indonesia sudah menyiapkan beragam formula yang pas dan akan diterapkan pada fase New Normal. Ini dilakukan agar penjualan mobil kembali baik.

Istilah New Normal mungkin akrab terdengar di telinga masyarakat Indonesia belakangan ini. Ini merupakan fase dimana masyarakat harus memasuki keadaan Normal versi baru dalam rangka menekan angka penyebaran virus corona. 

Apa yang harus dilakukan? Pada fase kenormalan baru, seluruh lapisan masyarakat diminta untuk mematuhi sejumlah protokol kesehatan pencegahan virus Covid-19, seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, serta menjaga jarak satu sama lain. 

>>> 111 Ribu Kendaraan Tercatat Menuju Jakarta pada Libur Lebaran

Fokus ke Digital

Fase kenormalan baru juga harus diadaptasi oleh para pabrikan di Indonesia. Hal ini dilakukan agar penjualan mobil bisa kembali normal pada era baru ini. 

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi menyiapkan strategi digital untuk hadapi era baru

Setidaknya beberapa pabrikan telah mengambil ancang-ancang dalam menghadapi fase kenormalan baru ini ini. Salah satu fokusnya adalah menggencarkan penjualan mobil secara digital. 

"Kita masih bagaimana kita sustain bisnis kita kemudian juga prepare new normal, customer life, habit dimana bisnis harus beradaptasi tapi yang kita optimalkan adalah harus keep contact melalui online jadi digital channel kita optimalkan," ungkap Director Sales and Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro belum lama ini. 

>>> Nissan ‘Bocorkan’ Line-up Mobil Barunya, Ada 400Z

Tak hanya itu, disebutkan Irwan pihaknya juga tengah mencari formula yang tepat agar dealer-dealer bisa mematuhi protokol kesehatan yang digaungkan pemerintah sekaligus menjadi konsen bagi para konsumennya.

"Kita harus mendevelop dengan para dealer bagaimana ke depannya new normal tadi tidak lagi sebelumnya datang ke pameranke dealer jadi bagaimana sales yang contactless itu akan kita develop bagaimana juga memastikan dari sisi health, higienis, safety requirement, social distancing juga karena di new normal awareness customer akan meningkat ya," jelas Irwan. 

>>> Orang Berduit Manfaatkan Momen Pandemi Corona untuk Beli Mobil Bekas

Dealer-dealer Dipersiapkan

Jalur digital memang tampaknya harus ditempuh bagi para pabrikan supaya bisnis penjualan mobil bisa terus berjalan di tengah pandemi yang belum juga usai. 

Selain Mitsubishi, Honda pun sudah menyiapkan strategi penjualan secara digital yang ditawarkan secara online. 

Honda Brio

Brio menjadi tulang punggung Honda di tengah pandemi

Honda juga menggaet marketplace serta mengoptimalkan seluruh channel digitalnya agar tetap bisa melayani konsumennya. 

"Kalau new normal sudah datang, semua kebiasaan sudah berubah seperti tetep menggunakan masker tiap hari dan ada beberapa yang tidak mau menggunakan transportasi umum beralih ke mobil itu yang kita sedang pantau. Jadi sekarang marketing kami beralih ke digital," tutur Business Innovation & Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motor. 

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini  

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top