Orang Berduit Manfaatkan Momen Pandemi Corona untuk Beli Mobil Bekas

03/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Orang Berduit Manfaatkan Momen Pandemi Corona untuk Beli Mobil Bekas
Ada sebagian dari kalangan menengah ke atas yang justru memanfaatkan momen di musim corona untuk membeli mobil bekas lantaran harganya cenderung murah.

Bisnis jual-beli mobil bekas (mobkas) tengah merasakan imbas dari penyebaran virus corona. Semenjak adanya penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan seruan agar masyarakat tetap berada di rumah saja, praktis kegiatan jual-beli mobil pun ikut terhambat lantaran banyak dealer yang tutup. 

Akibatnya penjualan mobil bekas pada bulan April anjlok hingga 70%. Bila calon pembeli mobkas berkurang drastis namun tidak dengan suplainya. 

Suplai mobkas justru meningkat. Banyak orang yang justru ingin menjual ataupun menukar mobilnya lantaran membutuhkan uang cash untuk dipergunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Kalangan Menengah Atas Manfaatkan Momen Corona untuk Tukar Mobil

>>> 5 Pilihan Mobil SUV Murah dan Irit Bermesin Bandel Rp100 Jutaan

Namun tak jarang juga dari mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah mengurungkan niatnya untuk menjual mobil lantaran harganya tak sesuai dengan taksirannya. 

"Jadi istilahnya mobilnya dia tadinya  Innova dituker sama Calya, jadi itu kan dapat kembalian lah ya mungkin kira-kira Rp 100 juta kalau Innova ke Calya, kalau ke Avanza mungkin balik Rp 60-70 juta. Itu untuk menengah bawah. Tukar downgrade kalau kita bilang istilahnya," ungkap President Director Mobil88 Halomoan Fischer pada sebuah kesempatan video conference.

Innova bekas

Innova bekas di Toyota Trust 

Tapi tidak dengan orang yang memiliki kocek lebih tebal. Adanya suplai yang banyak disertai permintaan sedikit membuat harga mobil pun ikut menyesuaikan. 

>>> Sejarah Honda NSX: Sportscar Jepang Dengan Cita Rasa Italia

Fischer mengakui ada sedikit penurunan harga pada mobil bekas sekitar 10-15%. Hal itulah yang dimanfaatkan oleh mereka yang berduit untuk menukar mobilnya dengan tahun yang lebih baru lagi. 

"Yang mungkin tadinya misalnya Fortuner yang tahun 2018, tadinya mereka masih pikir-pikir, begitu sekarang murah, nawarnya sih rada afgan nih (sadis), nawarnya rada dalam. Makanya kita ngelihatnya bahwa mereka itu ngerasa ini peluang, bahwa beli mobil harganya miring," beber Fischer. 

Dealer mobil bekas

Aneka mobkas di Kembar Jaya Motor

"Kalau tadinya misalkan budgetnya untuk beli Fortuner 2016, eh dia coba-coba nawar syukur-syukur dengan budget yang sama dapat Fortuner 2018," kata Fischer lagi. 

>>> Simak terus berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Absen Berikan Promo Lebaran

Saat ini, pihaknya pun mulai gencar menawarkan mobkas lewat jalur online demi menyiasati berjualan di tengah pandemi corona. Padahal menurut Fischer calon konsumen mobil bekas lebih suka melihat kondisi mobil di dealer dibandingkan harus melihatnya di rumah.

Penjualan mobil bekas yang biasanya moncer jelang libur Lebaran pun tampaknya tak akan terjadi tahun ini. Fischer juga menyebut untuk kali pertama pihaknya tak memberikan promo diskon jelang Lebaran. 

"Kita melihat sulitnya gini kalo bicara mau bikin event ngumpulin orang udah pasti nggak boleh kalo maunya online susah juga sih karena marketnya nggak gede. Rasanya tahun ini skip dulu lah promo ," pungkasnya. 

>>> Promo mobil baru selalu ada yang menarik, cek daftar lengkapnya disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Virus Corona Bikin Mobil Bekas Sepi Peminat

01/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Penyebaran virus corona membuat beragam sektor harus merasakan imbasnya tak terkecuali perdagangan mobil bekas. Mobil bekas sepi peminat karena corona.

Lihat juga

Tips Sehat Berkendara Di Tengah Pandemi Virus Corona

30/04/2020

Pengemudian

4 menit

Goodyear Indonesia membagikan tips sehat berkendara buat Anda yang terpaksa keluar rumah di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) dan PSBB sedang berlangsung.

Lihat juga

4 Tips Penting Merawat Transmisi Matik Pada Saat #DirumahAja

29/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tidak menggunakan mobil bukan hanya ketika dibawa berjalan. Jangan lupa untuk merawat transmisi matik ketika sedang tidak digunakan selama masa karantina ini.

Lihat juga

Tips Merawat dan Menjaga Aki Mobil Toyota Avanza Anda

21/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Aki mobil memiliki pengaruh penting dalam pengendaraan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga aki mobil Toyota Avanza tetap prima.

Lihat juga

Kredit Mobil Paling Murah di Bank Mana? Ini Tips Mencarinya

24/04/2020

Jual beli

4 menit

Kesulitan mencari kredit mobil paling murah di bank mana? Berikut tips dari Cintamobil.com yang akan membantu Anda memilih penyedia kredit terbaik untuk Anda.

Lihat juga
 
back to top