Pabrik Zwickau Jerman Berambisi Menjadi Pabrik EV Terbesar di Eropa

30/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pabrik Zwickau Jerman Berambisi Menjadi Pabrik EV Terbesar di Eropa
Volkswagen Golf jadi mobil bermesin bensin terakhir yang dibangun di pabrik Zwickau di Jerman. Pabrik tersebut diatur hanya akan memproduksi mobil listrik.

Volkswagen Golf R Estate generasi ketujuh dengan mesin bensin 2.0 liter menjadi kendaraan bermesin konvensional terakhir yang dibangun di pabrik produksi VW Zwickau di Jerman. Setelah 116 tahun hadir, kini pabrik VW Zwickau hanya akan membangun mobil bertenaga listrik (EV).

>>> PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Hingga 12 Juli, Ini Alasannya!

Gambar menunjukan VW  ID.3

Tampilan eksterior VW ID.3

Pabrik Zwickau di Jerman pertama kali menjadi basis produksi VW di tahun 1990 untuk memproduksi Volkswagen Golf, Polo dan Passat. Selama 30 tahun menjadi rumah dari produksi VW, lebih dari 6 juta unit mobil berhasil dihasilkan. Namun jauh sebelum itu, Pabrik Zwickau sudah hadir sejak tahun 1904, digunakan oleh Audi dan Trabant.

Merayakan transisi ini, para pekerja melakukan pemotretan dengan Golf dan Volkswagen pertama yang dibangun di atas platform kendaraan listrik baru perusahaan ID.3. Tahun depan, produsen mobil asal Jerman itu memiliki rencana produksi 330.000 kendaraan listrik, karena itu Audi dan SEAT juga akan diproduksi di pabrik tersebut. Dengan perkembangan ini, Zwickau disiapkan untuk menjadi pusat manufaktur mobil listrik terbesar di Eropa.

>>> BMW Indonesia Gelar Kompetisi Ajang Balap Virtual

Gambar menunjukan interior Volkswagen ID.3

Tampilan interior VW ID.3 

Direktur Pelaksana Teknologi dan Logistik di Volkswagen Sachsen Reinhard de Vries mengatakan bahwa tren dalam hal mobilitas listrik akan meningkat secara progresif. Dia juga menegaskan bahwa mereka akan dapat memenuhi target dari Zwickau untuk membuat 330.000 kendaraan listrik di tahun 2021.

“Pabrik Zwickau kaya akan tradisi otomotif Jerman. Tim kami selalu memberikan kinerja yang sangat baik dan kendaraan yang dibangun dengan kualitas yang sangat baik. Kami telah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi lokasi pertama yang memulai produksi seri berskala besar dari berbagai mobil listrik perusahaan” kata Jens Rothe, Ketua Dewan Pekerjaan Umum di Volkswagen Sachsen.

Volkswagen ID.3 merupakan mobil listrik yang ditawarkan dengan jangkauan listrik yang sangat beragam. Volkswagen ID.3 ditawarkan dengan dua opsi baterai, menyediakan kisaran jangkauan antara 330 km dan 550 km dengan sekali pengisian daya.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top